PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL TERHADAP KECERDASAN VERBAL-LINGUSTIK ANAK KELOMPOK B DI PAUD ASH-SHIDDIQI FATHURRAHMAN TAHUN 2023

Authors

  • Diah Hidayati Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram
  • Fahruddin Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram
  • Baik Nilawati Astini Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram
  • Muhammad Tahir Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10672

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio-visual dalam mengembangkan kecerdasan verbal linguistik anak kelompok B. Jenis penelitian yang digunakan ekperimen berbentuk one group pre-test post-test design dengan subjek penelitian 12 anak kelompok B. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan teknik analisis data berupa paired sample test dengan bantuan program SPSS versi 23. Berdasarkan hasil penelitian, sebelum perlakuan didapatkan nilai rata-rata pre-test 34,83 dan setelah perlakuan didapatkan peningkatan nilai rata-rata post-test menjadi 52,08. Hasil perhitungan menunjukkan thitung > ttabel yaitu 17, 365 > 2,201 maka Ha diterima, Ho ditolak pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan df 11. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan kecerdasan verbal linguistik sebelum dan setelah penggunaan media audio-visual. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh penggunaan media audio-visual terhadap kecerdasan verbal linguistik anak kelompok B di PAUD Ash-Siddiqi Fathurrahman Tahun 2023, sehingga media audio-visual dapat dijadikan sebagai media alternatif dalam mengembangkan kecerdasan verbal linguistik anak kelompok B.   Kata Kunci: Audio Visual, Kecerdasan Verbal-Linguistik, Media Pembelajaan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akrami, Za’idatul Uyun. (2016). Pengaruh Media Audio-Visual Dalam Mengembangkan Karakter Peduli Lingkungan Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Izzul Islam Maraqitta’limat Wanasaba. Univesitas Mataram.

Angga, Wahyuningsih. (2021). “Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Kecerdasan Linguistik Anak Usia Dini Di RA Al-Amanah Tanjung Senang Bandar Lampung.

Arif S, Sadiman. (2011). Media Pendidikan Pengertian, Pemahaman, Dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada. h.16.

Arif, Sadiman, (2010). Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Arikunto, Suharsimi. (2014). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendektan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Astini, Baik Nilawati, dkk. (2020). Pemanfaatan Film Animasi dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun. Indonesian Journal of Elementary and Childhood Education 1. 4: 146-154.

Dardjowodjojo, Soejono. (2010) Psiko Linguistik. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Daryanto. (2011). Media Pembelajaran. Bandung: PT.Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Erlinda Lubis. (2016). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Peningkatan Kosakata Anak Usia 4-5 Tahun. Bandung: Alpabeta. h.7-8.

Giri Wiranto. (2016). Media Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani. Yogyakarta. h.2.

Henrry Guntur Tarigan. (2008). Membaca Sebagai Salah Satu Keterampilan

Berbahasa. Bandung: Angkasa. h.3.

Jamil Suprihatiningrum. (2016). Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. hal 319-320.

Komang Anggrayeni. (2015). Penerapan Media Bercerita Berbantuan Media Audio Visual. Jurnal PG PAUD Universitas Pendidikan Ganesa Jurusan Pendidkan Guru Anak Usia Dini, 3.

Maimunah Maimunah. (2016). Metode Penggunaan Media Pembelajaran. Al- Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban. 5.1. h.10.

Nurani Sugiono, Yuliani. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.

Penda, Wardana. (2018). Pengaruh Media Audio Visual terhadap Kecerdasan Linguistik Anak Usia Dini. Skripsi Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung Bandar Lampung. h. 32.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014. Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Purwono, Joni. (2014). Penggunaan Media Audio-Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal (Online) Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran Vol.2. No.2. h. 127–144.

Putri, Nur Adni Fadhilah. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Audio Visual Dalam Mengembangkan Kemampuan Menyimak Anak Usia 5-6 Tahun (Studi Eksperimen di TK Muatiara Hati). Universitas Mataram.

Sadiman, Arief S, Raharjo, dkk. (2014) Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatanya. Jakarta: Rajawali Press. h. 86.

Sadiman, Arief S. (2011). Media Pendidikan Pengertian, Pemahaman, Dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Setyosari, Punaji. (2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Sugiyono. (2014) . Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Deveopment, 225-407

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta, 81-482

Sugiyono. (2019) . Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA, 102

Sutirman. (2013). Media dan Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu. h.13.

Syafril. 2019. Statistik Pendidikan. Jakarta: Kencana

Downloads

Published

2023-11-04

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>