PENGEMBANGAN MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KEARIFAN LOKAL BUDAYA SASAK UNTUK SISWA SD KELAS 1

Authors

  • Saprianti Febyana Universitas Mataram
  • Muhammad Tahir Universitas Mataram
  • Iva Nurmawanti Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.15287

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kepraktisan modul ajar kurikulum merdeka pada mata pelajaran matematika berbasis kearifan lokal budaya Sasak untuk siswa kelas 1 Sekolah Dasar. Guru masih merasa kesulitan dalam menyusun modul terbuka. Dalam hal ini peneliti mengembangan modul ajar berbasis kearifan lokal yang materinya terkait dengan budaya Maulid Adat Bayan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket validasi ahli materi, angket validasi ahli media, dan angket respon guru. Jenis penelitian ini yaitu Research and Development (R&D) menggunakan model penelitian ADDIE ( Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation ). Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian berdasarkan penilaian validator materi mendapat skor 74 dengan persentase kelayakan 74% memenuhi kategori layak, berdasarkan penilaian validator media mendapat skor 78 dengan persentase 78% memenuhi kategori layak. Hasil respon guru terhadap modul ajar menempati kategori sangat praktis dengan skor rata-rata 84. Oleh karena itu, Modul ajar pada mata pelajaran amtemtika berbasis kearifan lokal budaya Sasak layak dan sangat praktis untuk digunakan oleh guru sebagai pedoman dalam mengajar di dalam kelas. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astini, Ni Wayan., & Ni Kadek Rini Purwati. 2020. Strategi Pembelajaran Matematika Berdasarkan Karakteristik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains. 9 (1), 1-8.

Devina, Tyas., & Nawang Sulistyani. 2021. Analisis Kebutuhan Pengembanagn E-Modul Matematika HOTS Berorientasi Kearifan Lokal Daerah di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar. 9 (2), 158-172

Fauzi, Asri., & Heri Setiawan. 2020. Etnomatematika: Konsep Geometri Pada Kerajinan Tradisional Sasak Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 20 (2), 118-128.

Fitriyah, Chumi Zahroul., & Rizki Putri Wardani. 2022. Analisis Kebutuhan Pengembangan LKPD Berbasis Kearifan Lokal Daerah Banyuwangi di Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar. 10 (1), 62-73.

Jannah, Faridahtul., & Thooriq Irtifa’ Fathuddi. 2023. Penerapan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka II UPT SD Negeri 323 Gresik. Jurnal Ilmu Pendidikan (SOKO GURU). 3 (1), 131-143.

Jusuf, Heni., & Ahmad Sobari. 2022. Pembelajaran Paradigma Baru Kurikulum Merdeka Pada Sekolah Dasar. Jurnal ABDIMAS (Pengabdian Kepada Masyarakat), 5 (2), 185-194.

Khotimah, Sita Husnul., & Muhammad As’ad. Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. 2020. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran. 4 (3), 491-498.

Maulida, Utami. 2022. Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Jurnal Tarbawi, 5 (2), 130-138.

Mukarromah, Jazirotu Zamzam., dkk. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flipbook Dalam Menunjang Proses Pembelajaran Siswa. Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama. 7 (3), 1-10.

Mukhlishina, Innany., dkk. 2023. Penerapan Modul Ajar Sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Siswa Kelas IV di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 4 (1), 126-133.

Ota, Maria, K., & Marselina Wali. 2019. Pembelajaran Matematika Berbasis Budaya Daerah Ngada Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa III Sekolah Dasar Inpres Turekisa. Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya, 13 (2), 14-26.

Salsabilla, Irmaliya Izzah., dkk. 2023. Analisis Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Jurnal Literasi dan Pembelajaran Indonesia. 3 (1), 33-41.

Sholeh, Muhammad. 2019. Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Budaya Lokal Keberagaman Budaya Bangsaku Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar. 4 (1), 138-150.

Wahyuni, Astri., dkk. 2013. Peran Etnomatematika Dalam Membangun Karakter Bangsa. Jurnal Lumbung Pustaka UNY, 9 (4), 114-118.

Downloads

Published

2024-06-25

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>