PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MUATAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI RAJA PURNAWARMAN KELAS IV SD NEGERI 32 AMPENAN
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.19144Keywords:
Media Pembelajaran, Android, Pelajaran Bahasa IndonesiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Android pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia materi Raja Purnawarman kelas IV SD Negeri 32 Ampenan serta mendeskripsikan Tingkat validitas media pembelajaran berbasis Android pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia materi Raja Purnawarman kelas IV SD Negeri 32 Ampenan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 32 Ampenan sebanyak 18 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket kuesioner kepada ahli media, ahli materi, ahli Bahasa, dan peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari Menyusun data, mengkategorikan data, dan Menyusun pola. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa uji validitas ahli media mendapatkan persentase nilai 90% dengan kategori sangat layak, uji validitas ahli materi mendapatkan persentase nilai 90% dengan kategori sangat layak, uji validitas ahli Bahasa mendapatkan persentase nilai 97,5% dengan kategori sangat layak. Artinya pengembangan media pembelajaran berbasis Android layak digunakan dengan revisi sesuai saran.Downloads
References
Anggari, A. S., Afriki, Wulan, D. R., Puspitawati, N., Khasanah, L. M., & Hendriyeti, S. (2017). Pahlawanku : buku guru / Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Kemendikbud.
Apriliani, I. A., Husniati, & Sobri, M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up BookBerbasis Keanekaragaman Budaya Sasambo Pada MuatanPembelajaran IPS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 1523.
Elsa , P., & Hosein, E. R. (2022). Meta Analisis Pengaruh Multimedia Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3258.
Faiza, M. N., Yani, M. T., & Suprijono, A. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran IPS Berbasis Augmented Reallity untuk Menigkatkan Kompetensi Pengetahuan Siswa. Jurnal Basicedu, 8688.
Indriani, N. P., Dewi, N. K., & Erfan, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Power Point Interaktif Materi Bangun Datar Siswa Kelas III SD Negeri 1 Cakranegara. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 518.
Lestari, R. D., Disurya, R., & Tanzimah. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Smart Book Berbantuan Aplikasi Canva pada Materi Matematika Kelas 4 SD. INNOVATIVE: Journal Of Sociial Science Reserch, 4.
Miftah, M., & Rokhman, N. (2022). Kriteria Pemilihan dan Prinsip Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis TIK sesuai Kebutuhan Peserta Didik. Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 413.
Pradiani, N. W., Turmuzi, M., & Fauzi, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up BookMateri Bangun Ruang Pada Muatan Pembelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 1456.
Putri, H. P., & Nurafni. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Power Point Interaktif Terhadap Hasil Belajar IPS SIswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3539-3540.
Rahmawati, E., Harahap , N. B., Maswariyah, Agara, L. R., & Wandani, R. R. (2022). Pentingnya Media Pembelajaran untuk Memotivasi Siswa SDN Muarasitulen. Jurnal Pendidikan Tambusai, 14117.
Safitri, M., & Aziz , M. R. (2022). Addie Sebuah Model untuk Pengembangan Multimedia Learning. Jurnal Pendidikan Dasar, 54-56.
Wahyono, H. N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Ekonomi Interaktif Berbasis Android Sebagai Upaya Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa . Gulawehtah: Jurnal Studi Sosial, 75.
Windawati, R., & Koeswanti, H. D. (2021). Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 1029.
Wiranda, U., & Masniladevi. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Pecahan Terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3051.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.