ANALISIS PENGARUH MINAT BACA TERHADAP KEMAMPUAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA DI KELAS IV SD

Authors

  • Anggi Gustiani Putri Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Serang
  • Deni Wardana Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Serang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10052

Abstract

ABSTRACT Reading comprehension is one of the abilities that students must have and must also be developed to help increase student knowledge. This study aims to determine the reading comprehension skills of fourth grade elementary school students and the factors causing students' inability to read comprehension of a reading text. This study used a qualitative approach with descriptive qualitative research methods. Data collection techniques in this study were observation, tests and interviews. The results of this study indicate that the students' reading comprehension skills are still below average. One of the factors causing students' inability to read comprehension is due to students' lack of interest in reading. Students' reading interest has a very important role for students' reading comprehension skills. Creative strategies are needed by the teacher to foster students' interest in reading. Keywords: reading interest, reading comprehension, student ability ABSTRAK Membaca pemahaman merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki siswa dan juga harus dikembangkan untuk membantu meningkatkan pengetahuan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SD serta faktor penyebab ketidakmampuan siswa dalam membaca pemahaman pada sebuah teks bacaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis metode peneliatian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, tes dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan membaca pemahaman yang dimiliki siswa masih dibawah rata-rata. Salah satu faktor penyebab ketidakmampuan siswa dalam membaca pemahaman adalah karena kurangnya minat baca siswa. Minat baca siswa memiliki peran yang sangat penting bagi ketrampilan membaca pemahaman siswa. Diperlukan strategi-strategi yang kreatif oleh guru untuk menumbuhkan minat baca siswa. Kata Kunci: minat baca, membaca pemahaman, kemampuan siswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Khasanah, A., & Cahyani, I. (2016). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Strategi Question Answer Relationships (QAR) pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar, 4(2), 161-175.

Dewi, M. S. K., Astuti, N. M. I. P., & Lestari, N. A. P. (2023). Efektivitas Penggunaan Metode Quantum Reading Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 4 (1) 2023.

Sukma, H. H., & Sekarwidi, R. A. (2021). Strategi Kegiatan Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Varidika, 33 (1), 11-20.

Alpian, V. S., & Yatri, I. (2022). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4 (4), 5573-5581.

Fadila, Arafik, M., & Kartini, H. (2020). Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Metode SQ3R Siswa Kelas V SDN Wirotaman Kecamatan Ampelgading Kabupaten Malang. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 5 (2) 2020.

Ambarita, R. S., Wulan, N. S., & Wahyudin, D. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3 (5), 2336-2344.

Sari, M. Z., Gunawan, A., Fitriyani, Y., & Hilaliyah, N. (2020). Pengaruh Minat Baca Siswa Terhadap Hasil Belajar Pada Pelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 1 Ciporang. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 4 (2), 197-205.

Inayah, U. N., Fadhillah, D., Enawar, &Sumiyani. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV di SDN Cipondoh 5 Kota Tangerang. Prosiding Samasta: Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia.

Riani, N., Ngatman, & Suryandari, K. C. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa Kelas V SD Negeri 6 Jatisari Kecamatan Kedungreja Kabupaten Cilacap Tahun Ajaran 2020/2021. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9 (2) 2021.

Ovavia, C., & Sukma. (2021). Pembelajaran Keterampilan Membaca: Problematika dan Solusinya. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10 (3) 2021.

Niliawati, L., Hermawan, R., & Riyadi, A. R. (2018). Penerapan Metode CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3 (1), 23-24.

Inawati, & Sanjaya, M. D. (2018). Kemampuan Membaca Cepat dan Pemahaman Siswa Kelas V SD Negeri OKU. Jurnal Bindo Sastra, 2 (1), 173-182.

Afrianti, M. N., & Marlina. (2021). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman melalui Strategi Probing-Prompting bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jurnal Basicedu, 5 (1), 272-279.

Downloads

Published

2023-09-04

Most read articles by the same author(s)