ANALISIS PEMAKAIAN PREPOSISI DALAM PENULISAN KALIMAT DI KELAS TINGGI

Authors

  • Novita Nurlaila Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Serang
  • Deni Wardana PGSD Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Serang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10032

Keywords:

Preposisi, kesalahan, kata, menulis

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya kesalahan yang terjadi pada pemakaian kata depan atau preposisi pada suatu kalimat. Tujuan dari penelitian  ini adalah (1) untuk mendeskripsikan faktor kesalahan pemakaian kata preposisi, (2) bisa menjadi sumber rujukan guru untuk mengevaluasi pembelajaran dalam menulis kata preposisi, (3) bisa sebagai rujukan peneliti selanjutnya ketika akan melakukan penelitian tentang cara yang lebih efektif dalam pemakaian kata preposisi. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data pada penelitian ini adalah kalimat dalam teks isian siswa yang memuat kata preposisi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan analisis isi yang menggunakan dokumen evaluasi hasil isian siswa. Berdasarkan hasil penelitian, siswa melakukan kesalahan pada pemakaian bentuk kata preposisi pada tes isian. Kesalahan tersebut kemungkinan terjadi karena kurangnya pemahaman siswa dalam pemakaian kata di, ke dan dari, sehingga masih ada kesalahan pada pemakaian kata preposisi. Selain itu kurangnya penekanan guru dalam menjelaskan penulisan yang tepat dalam pemakaian kata preposisi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sutrisna, D. (2017). Analisis kesalahan morfologi bahasa Indonesia dalam surat kabar radar Majalengka edisi 16 dan 25 april 2016. Diglosia: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia, 1(1).

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974-980.

Abdullah, J. (2015). Analisis Kesalahan Pemakaian Preposisi pada Karangan Narasi Siswa Kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 8 Ciputat Tahun Pelajaran 2014/2015.

Chaer, Abdul. (2015). Sintaksis Bahasa Indonesia (Pendekatan Proses). Jakarta: Rineka Cipta.

SARI, C. P. P. (2018). Analisis Kesalahan Penulisan Kata Depan, Awalan, dan Ejaan dalam Karangan Tentang Berbagai Topik Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Kauffman, Kecamatan Kauffman. Simki. Unpkediri. Ac. Id.

Setyawati, N., & Rohmadi, M. (2010). Analisis kesalahan berbahasa Indonesia: teori dan praktik. Yuma Pustaka.

Downloads

Published

2023-09-06

Most read articles by the same author(s)