ANALISIS DAMPAK PENGGUNAAN GADGET TERHADAP DISIPLIN SISWA SMPN 2 BAYAN KABUPATEN LOMBOK UTARA

Authors

  • Irfan Sopiandi Universitas Mataram
  • Edy Kurniawansyah PPKn FKIP Universitas Mataram
  • Mohammad Mustari PPKn FKIP Universitas Mataram
  • Sawaludin PPKn FKIP Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10019

Keywords:

Dampak Pengunaan, Gadget, Disiplin Siswa.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi Intensitas pemakaian gadget terhadap siswa memberikan dampak  yang signifikan terhadap siswa, mulai dari dampak positif maupun dampak negatif yang ditimbulkan. Dampak negatif yang ditumbulkan dari penggunaan gadget juga dapat mempengaruhi kedisiplinan siswa, mulai dari disiplin perbuatan dan disiplin waktu, seperti tepat waktu dalam belajar, datang ke sekolah tepat waktu, mengerjakan tugas sesuai dengan waktu yang di tetapkan siswa tidak malas mengerjakan tugas, tidak suka berbohong dan lain-lainya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah :  1). Bagaimana Penggunaan gadget terhadap disiplin Siswa SMPN 2 Bayan Kabupaten Lombok Utara, 2). Bagaimana Dampak Penggunaan Gedget terhadap disiplin Siswa SMPN 2 Bayan Kabupaten Lombok Utara. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini pendekatan yaitu  penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan wawancara, observasi, dokumentasi.  Teknik analisis data yang digunakan yaitu : Reduksi data, penyajian data, kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa SMPN 2 Bayan Kabupaten Lombok Utara menggunakan gadget lebih dari 8 jam dalam seharinya, penggunaan gadget biasanya digunakan untuk bermain game, nonton tiktok, bermain fb,wa dan jarang digunakan untuk hal yang lebih bermanfaat seperti mengerjakan tugas sekolah atau mencari informasi terkait dengan pembelajaran disekolah, siswa biasanya menggunakan gadget dari sepulang sekolah sampai waktu mereka tidur. Berbagai dampak yang ditimbulkan ketika anak/siswa terlalu sering dalam menggunakan gadget, seperti anak akan menjadi malas, membantah perintah orang tua ketika dirumah, fasif, pembangkang, tidak disiplin waktu, kesehatan yang terganggu dan lainnya. dampak negatif dari penggunaan gaget adalah anak/siswa anak/siswa suka bolos di jam pelajaran, melanggar aturan sekolah, tidak mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru dari sekolah, dan apabila sudah kecanduan dengan gadget anak/siswa lebih intens menggunakan gadget untuk bermain game,nonton tiktok, bukak fb,wa, dari pada menfaatkan gadget untuk belajar, mengerjakan tugas sekolah dan hal-hal lebih bermanfaat lainnya. jadi semakin tinggi penggunaan gadget terhadap siswa SMPN 2 Bayan Kabupaten Lombok Utara semakin rendah tingkat kedisiplinan siswa di sekolah.                        

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aryati, T. (2017). Kontrol Sosial Orang Tua kepada Anak Balita dalam Penggunaan Gadget di Desa Wukirsari Imogiri Bantul. E-Societas, 6(4).

Dini, U. (2017). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial. 1(1), 1–11. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26

Keswara, U. R., Syuhada, N., & Wahyudi, W. T. (2019). Perilaku penggunaan gadget dengan kualitas tidur pada remaja. Holistik Jurnal Kesehatan, 13(3), 233–239. https://doi.org/10.33024/hjk.v13i3.1599

Kurniawati, D. (2020). Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Prestasi Siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 78–84. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.78

Novitasari, Wahyu. 2016. Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Surabaya: UNS

Palar, J. E., Onibala, F., & Oroh, W. (2018). Hubungan peran keluarga dalam menghindari dampak negatif penggunaan gadget pada anak dengan perilaku anak dalam penggunaan gadget di Desa Kiawa 2 Barat Kecamatan Kawangkoan Utara. Jurnal Keperawatan, 6(2).

Rahmandani, F. dkk. (2018). Analisis Dampak Penggunaan Gadget (Smartphone) Terhadap Kepribadian Dan Karakter (Kekar) Peserta Didik Di Sma Negeri 9 Malang. Jurnal Civic Hukum, 3(1), 18. https://doi.org/10.22219/jch.v3i1.7726

Santoso, F. A. (2020). Dampak Penggunaan Gawai terhadap Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 49–54. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.87

Santoso, F. A. (2020). Dampak Penggunaan Gawai terhadap Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 49–54. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.87

Downloads

Published

2023-09-06

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>