PENGEMBANGAN KOMIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TEKS BIOGRAFI DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT BACA PADA SISWA KELAS X SMKN 3 BANDUNG

  • Yani Maryani

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media komik pembelajaran, khususnya materi teks biografi untuk siswa kelas X SMKN 3 Bandung. Penelitian mengacu pada model pengembangan metode 4D (define, design, develop, dan disseminate). Pada tahap define diawali dengan analisis kebutuhan. Analisis kebutuhan dilakukan untuk mengukur kebutuhan terhadap pembelajaran. Pada tahap design dilakukan dengan menyiapkan prototipe perangkat pembelajaran. Tahap ini terdiri dari dua langkah yaitu pemilihan media dan perancangan produk.  Tahap develop dilakukan dengan dua langkah yaitu pengembangan produk berdasarkan perancangan pada tahap sebelumnya, dan uji kelayakan produk melalui hasil analisis dari validasi ahli. Tahap disseminate adalah tahap akhir dari pembuatan media komik. Tahap ini terbagi menjadi dua bagian, yaitu tahap pengemasan dan penyebarluasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) media yang dihasilkan berupa komik telah memenuhi kriteria dengan rerata skor 91,52% atau berkategori sangat valid sehingga dinyatakan bahwa media komik yang dikembangkan sangat layak digunakan oleh siswa kelas X SMKN 3 Bandung; (2) hasil perhitungan diperoleh bahwa media yang dikembangkan efektif dengan gain score 0,72 dan bobot keefektifan sebesar 30,25% dibandingkan dengan media konvensional; (3) media komik dapat meningkatkan minat baca siswa dengan gain score sebesar 0,45 dengan kategori sedang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Mar 6, 2020
How to Cite
MARYANI, Yani. PENGEMBANGAN KOMIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TEKS BIOGRAFI DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT BACA PADA SISWA KELAS X SMKN 3 BANDUNG. Wistara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 45-49, mar. 2020. ISSN 2615-7810. Available at: <http://journal.unpas.ac.id/index.php/wistara/article/view/2563>. Date accessed: 21 oct. 2020.