Pengaruh Minat Baca dan Membaca Pemahaman Terhadap Kemampuan Menulis Cerita Pendek pada Siswa Kelas VII SMPN 2 Margaasih Kabupaten Bandung
DOI:
https://doi.org/10.23969/wistara.v3i2.3735Keywords:
minat baca, membaca pemahaman, menulis cerpenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) besarnya minat baca siswa kelas VII SMP Negeri 2 Margaasih; (2) tingkat membaca pemahaman siswa kelas VII SMP Negeri 2 Margaasih; (3) tingkat kemampuan menulis cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 2 Margaasih; (4) pengaruh minat baca terhadap kemampuan menulis cerpen siswa; (5) pengaruh membaca pemahaman terhadap kemampuan menulis cerpen siswa; dan (6) pengaruh minat baca siswa dan membaca pemahaman terhadap kemampuan menulis cerita pendek. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode campuran (mixed methods), yang merupakan gabungan dari penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMPN 2 Margaasih Kabupaten Bandung, dengan sampel siswa kelas VII A SMPN 2 Margaasih sebanyak 40 orang. Data dikumpulkan melalui instrumen penelitian berupa kuesioner dan instrumen tes. Kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data variabel X1 (minat baca), sedangkan instrumen tes digunakan untuk mengumpulkan data variabel X2 (membaca pemahaman) dan variabel Y (kemampuan menulis cerpen). Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda dengan persamaan: dan dianalisis menggunakan perangkat lunak program Microsoft Office Excel. Hasil penelitian menunjukkan: (1) minat baca siswa kelas VII SMPN 2 Margaasih berada di atas rata-rata; (2) kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VII SMPN 2 Margaasih sangat baik; (3) kemampuan menulis cerpen siswa kelas VII SMPN 2 Margaasih sangat baik, ditunjukkan dengan skor yang diperoleh siswa di mana sebanyak 77,5% siswa memperoleh nilai di atas 80; (4) minat baca berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas VII SMPN 2 Margaasih; (5) kemampuan membaca pemahaman berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas VII SMPN 2 Margaasih; (6) minat baca dan kemampuan membaca pemahaman berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan menulis cerpen dengan model persamaan linier: Y = 4,96 + 1,4X1 + 0,39X2. Hal ini menunjukkan bahwa minat baca memberikan pengaruh 14% terhadap kemampuan menulis cerpen dan kemampuan membaca pemahaman memberikan pengaruh sebesar 39% terhadap kemampuan menulis cerpen pada siswa kelas VII SMPN 2 Margaasih.Downloads
References
Ahuja, Pramila dan Ahuja, G. C. (2010). Membaca Secara Efektif dan Efisien. Bandung: PT Kiblat Buku Utama
Akhadiah, Sabarti. (2011). Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Alisuf, Sabri M. (1995). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya
Arikunto, Suharsimi.(1997). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdiknas.
Djamarah, Bakri S. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Franz, Kurt & Benhard Meier. (1983). Membina Minat Baca. Bandung: Remadja Karya
Hadi, Sutrisno. (2003). Metodologi Research. Yogyakarta: Andi.
Hardini, Isriani. dan Dewi Puspitasari. 2008. Strategi Pembelajaran Terpadu. Yogyakarta: Familia
Haryadi dan Zamzami. (1997). Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud
Hastuti, Sri. (1982). Tulis Menulis. Jakarta: PD. Lukman
http://digilib.unila.ac.id/1427/8 tersedia tanggal 2 September 2016
http://edukasi.kompas.com/read. Kemampuan Membaca Anak Indonesia Masih Rendah. Diakses 3 September 2016
http://eprints.uny.ac.id/8168/2/BAB%201-08201244032.pdf. Kemampuan Memba-ca Pemahaman Siswa Kelas VII SMP di Kota Yogyakarta. Diakses 3 September 2016
http://library.um.ac.id/images/stories/pustakawan/pdf. Kemampuan dan Minat Baca. Diakses 1 September 2016.
http://www.abdan-syakuro.com/2014/06/format-kriteria-penilaian-penulisan.html Diakses tanggal 2 September 2016
http://www.academia.edu/3836580/ Diakes tanggal 2 September 2016
http://www.academia.edu/3836580/ Keterampilan Membaca. Diakses 2 September 2016
http://www.pengertianku.net/2014/11/ Diakses tanggal 2 September 2016
https://core.ac.uk/download/pdf/ 12349797.pdf Diakses tanggal 3 September 2016.
Iskandarwassid dan Dadang Sunendar. (2008). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Rosda
Margono. (2003). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.
Mujiati, V. (2001). Hubungan Antara Minat Baca dengan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas V SD Se-Gugus III Kecamatan Jetis Kota Yogyakarta. Skripsi Sarjana pada FIP UNY Yogyakarta.
Nasution, S. (2000). Penelitian Ilmiah. Jakarta: Bumi Aksara.
Nurgiyantoro, Burhan. (2001). Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogjakarta: BPFE.
Nurgiyantoro, Burhan. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE
Nurgiyantoro, Burhan. (2012). Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.
Nurhadi. (2004). Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Membaca? Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Nurhadi. (2010). Dasar-dasar Teori Membaca. Malang: Universitas Negeri Malang
Rahim, Farida. (2005). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara
Rosidi. (1992). Sastra dan Pengembangan Bahasa. Bandung: Dipenogoro
Samsuri. (1983). Analisa Bahasa: Memahami Bahasa Secara Ilmiah. Jakarta: Erlangga
Santosa, Puji, dkk. (2010). Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sardiman, Arif. (1992). Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Sayuti, Suminto A. (2000). Berkenalan dengan Prosa Fiksi. Yogyakarta: Gama Media.
________________. (2009). Modul Menulis Fiksi. Yogyakarta: FBS UNY.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rhineka Cipta.
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta
Sumadyo, Samsu. (2011). Stategi dan Teknik Pembelajaran Bahasa. Jakarta: Depdikbud
Sumardjo, Jacob. (2007). Catatan Kecil Tentang Menulis Cerpen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Surakhmad, Winarno. (1994). Pengantar Penelitian Ilmiah: Dasar, Metode, dan Teknik. Bandung: Tarsito
Suryabrata, Sumadi. (1988). Psikologi Kepribadian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Suyatmi. (2000). Keterampilan Membaca Intensif. Jakarta: Erlangga.
Syah, Muhibbin. (2001). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers
Tampubolon, DP. (1990). Kemampuan Membaca: Teknik Membaca Efektif dan Efisien. Bandung: Angkasa
Tarigan, Henry Guntur. (2008). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
___________________. (2009). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
___________________. (2011). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Wahadaniah, Herman. (2011). Perpustakaan Sekolah sebagai Sarana Pengembangan Minat dan Kegemaran Membaca. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Wahyuni, Sri dan Abdul Syukur. (2012). Asesmen Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Refika Aditama
Zainurrahman. (2011). Menulis: Dari Teori Hingga Praktik. Bandung: Alfabeta.
Zuchdi, Darmiyati. (2008). Strategi Meningkatkan Kemampuan Membaca, Peningkatan Komprehensi. Yogyakarta: UNY Press
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Wistara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.