Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning dengan Pemberdayaan Jenis Pertanyaan Divergen dalam Menganalisis Teks Editorial Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMKN 3 Bandung

Authors

  • Sugiharti -

DOI:

https://doi.org/10.23969/wistara.v2i1.2291

Keywords:

problem based learning, pertanyaan divergen, teks editorial

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemberdayaan jenis pertanyaan divergen dalam penerapan model Problem Based Learning pada pembelajaran menganalisis teks editorial dan pengaruhnya terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Pendekatan penelitian ini adalah mixed method, dengan metode quasi eksperimen dan  desain  penelitian penyisip (embedded design). Instrumen utama yang digunakan adalah soal tes dan lembar observasi. Penelitian dilaksanakan di Kelas XII SMKN 3 Bandung. Yang menjadi kelas eksperimen adalah kelas XII AP-1 yang terdiri dari 40 peserta didik dan Kelas XII AP-4 yang terdiri dari 37 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model PBL dengan pemberdayaan jenis pertanyaan divergen dapat mengefektifkan kegiatan pembelajaran dengan sangat baik; menciptakan aktivitas peserta didik dalam proses pembelajaran dengan sangat baik; mengembangkan nalar peserta didik dengan merumuskan jenis pertanyaan divergen sebesar 87%; menunjukkan adanya perbedaan kemampuan menganalisis dan berpikir kritis yang signifikan dengan kelas kontrolnya; dan hasil uji-t menyatakan bahwa terdapat pengaruh model Problem Based Learning dengan pemberdayaan jenis pertanyaan divergen terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Oleh karena itu, sebaiknya guru mengimplementasikan hasil penelitian ini dalam kegiatan pembelajaran dan diharapkan ada peneliti yang melakukan penelitian terkait pemberdaryaan jenis pertanyaan divergen dalam pembelajaran.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Yunus. (2016). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.

Ariani, Farida, dkk. (2016). Modul Guru Pembelajar Bahasa Indonesia SMA Kelompok Kompetensi Pedagogik. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Bahriah, Evi Sapinatul. (2011). Indikator Berpikir Kritis dan Kreatif. https://evisapinatulbahriah.wordpr ess.com/2011/06/30/indikatorberpikir-kritis-dan-kreatif/ diakses 12 Januari 2018 Bungel, Moh. Fikri. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Palu pada Materi Prisma. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, Volume 2 Nomor 1 September 2014.

Dit. PSMA Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah. (2017). Implementasi Pengembangan Kecakapan Abad 21 dalam Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Fachrurazi. (2011). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Edisi Khusus No. 1, Agustus 2011. ISSN 1412-565X http://jurnal.upi.edu/file/8Fachrurazi.pdf diakses 10 Januari 2018.

Hidayati, Panca Pertiwi. (2015). Pembelajaran Menulis Esai Berorientasi Peta Berpikir Kritis. Bandung: Prisma Press Prodaktama.

Indrawan, Rully dan Poppy Yaniawati. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran untuk Manajemen, Pembangunan, dan Pendidik-an. Bandung: Refika Aditama. Irmanto. (2016). Kata Kerja Operasional (KKO) Revisi/Taksonomi Bloom. http://www.smpalghazali.sch.id/20 16/11/kata-kerja-operasional-kkorevisi.html15 Nov 2016 ... Irmanto i-chanel. Tim IT SMP Al-Ghazali.

Mahsun. (2014). Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Marzuki. (2012). Makalah Pendidikan Karakter dan Pengintegrasiannya dalam Pembelajaran. Kediri: Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kediri Jawa Timur.

Maulana, Nanang. (2015). Penggunaan Metode Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Eksposisi dan Berpikir Kritis Siswa SMA. ojs.ejournal.id/index.php/mendidik /article/download/9/10/ diakses 13 Januari 2018.

Nurizzati, Yeti. (2012). Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpiir kritis dan Kreatif Mahasiswa IPS. Jurnal Edueksos Vol. I No 2, Juli – Desember 2012 diakses 20 Desember 2017. Puspitasari, N. (2016). Kajian Teoritis 2.1 Kedudukan Pembelajaran Membeda-kan Fakta dan Opini pada Editorial Berdasarkan Kurikulum KTSP untuk Kelas XI SMA. repository.unpas.ac.id/12318/5/B AB%20II.pdf

Rosniar, dkk. (2012). Ideologi dan Hegemoni Media Cetak Melalui Editorial pada Harian Media Indonesia; Ideologi and Hegemony of Print Media Through Editorial of Harian Media Indonesia. pasca.unhas.ac.id/jurnal/files/c85c 9b2af070d30f086f985edc9ac440.p df diakses pada 22 Januari 2018 pukul 12.10.

Sabeni, Mohammad. (2008). Keterampilan Bertanya Dasar dan lanjut. http://www.ahmadzainuddin.com/n etbookislami/?id=sabeni diakses

Sanjaya, Wina. (2014). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Sugiono. (2015). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sunardi. (2016). Menganalisis Jenis Pertanyaan Kognitif Guru dan Siswa dalam Proses Pembelajarann Fisika pada Kelas X di SMA Negeri Kota Palu. jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php /MitraSains/article/download/7035 /5666 diakses 5 Desember 2017.

Tim Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2015). Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik SMA/MA/SMK/MK. Semester 2.Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Widyasari, Mitra dkk. (2013) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Compotition (CIRC) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Geografi SMA. http://jurnal-online. um.ac.id/data/artikel/artikel222E69 69B8BF2E8072E8E7CC0586DA9 9.pdf diakses 5 Desember 2017. Wibowo, Djoko Rahadi. (2017). Pendekatan Saintifik dalam Membangun Sikap Kritis Siswa pada Pembelajaran Akidah Akhlak (Studi di MIN Yogyakarta II). Jurnal pendidikan dan Pembelajaran Dasar Volume 4 Nomor 1 juni 2017. ejournal. radenintan.ac.id/index.php/terampi l/article/download/1809/ 1482, diakses 7 Januari 2018 pukul 15.30 WIB.

Published

2021-05-15