KREATIVITAS SENI MOZAIK MENGGUNAKAN BAHAN LIMBAH PLASTIK UNTUK SISWA KELAS KELAS IV SD

Authors

  • Vanda Tri Hasta Universitas Muria Kudus
  • Deka Setiawan Universitas Muria Kudus
  • Nur Fajrie Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9993

Abstract

The purpose of this study was to find out the creativity process of fourth grade students in two-dimensional plastic waste mosaic art, to find out the results of fourth grade students' creativity in plastic waste two-dimensional mosaic works, and to find out the creative values that have been carried out by fourth grade students in creating two-dimensional mosaic art from plastic waste at SD Negeri 1 Getassrabi, Gebog sub-district, Kudus district. This research method uses qualitative methods. The data analysis technique used in this study is a qualitative narrative analysis technique. The primary data source for this research is the results of interviews with teachers and students. The secondary data sources for this research are books related to two-dimensional plastic waste mosaic art. Methods of data collection in this study include observation, interviews, and documentation. Based on the results of the research that has been done, the creativity of grade IV students is in the high category, with a sense of curiosity about new things and the ability to interpret the imagination that students have by pouring it into the art of mosaics. Students are able to harmonize colors and shapes in mosaic art with plastic waste materials.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adawiyyah, Siti Rabiah. 2014. Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya dengan Pendekatan Saintifik di Kelas IV A SD Negeri Jetisharho Yogyakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Seni Kerajinan Jurusan Pendidikan Seni Rupa Universitas Negeri Yogyakarta.

Aqib, Zainal. 2013. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung : Yrama Widya.

Arba, Syafaatunnisa. 2020. Kreativitas Berkarya Mozaik dengan Memanfaatkan Media Sampah Kulit Kerang (Studi Kasus pada Siswa Kelas IV SD Negeri Grinting 1 Kabupaten Brebes). Skripsi. Jurusan Seni Rupa Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang.

Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Edisi Kedua cetakan pertama. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Dini, Tria Ayu. 2020. Paradigma Pendidikan Seni untuk Kehidupan Anak. Jurnal Imajinasi, Volume XIV Nomor 1, Januari-Juni, 2020.

Giyartini, Rahman, dkk. 2021. Media Mozaik untuk Memfasilitasi Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun: Tinjauan Oiteratur Sistematis. Jurnal PAUD Agapedia, Volume V Nomor 2, Desember 2021.

Hidayat, Robby. 2011. Koreografi dan Kreativitas Pengetahuan dan Petunjuk Praktikum Koreografi. Yogyakarta: Kendil Media PustakaSeni Indonesia.

Hariyani, T. I., Fajrie, N., & Roysa, M. (2021). Kreativitas Seni Melalui Metode Collective Painting. Jurnal Prasasti Ilmu, 1(2).

Indraswari, Lolita. 2012. Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini melalui Kegiatan Mozaik di Taman Kanak-kanak Pembina Agam. Padang. Universitas Negeri Padang. Jurnal Pesona PAUD Volume 1 Nomor 1, 2012.

Iskandar. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif . Jakarta: Gaung Persada.

Jamaluddin, Ahdar dan Wardana. 2019. Belajar dan Pembelajaran. Parepare: Kaaffah Learning Center.

Kurniawati, Dwi Wahyuni. 2011. Pembelajaran Seni Rupa di SD: Studi Eksploratif Pemanfaatan Grajen Warna sebagai Media Pengembangan Kreativitas dalam Berkarya Seni Membentuk Bagi Siswa Kelas 5 SDN Jipon 2 Blora. Skripsi. Jurusan Seni Rupa Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang.

Kusuma, Indra. 2021. Pengaruh Penggunaan Media Mozaik terhadap Kreativitas Siswa pda Mata Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya di Kelas IV SD Negeri Seluma. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Tadaris IAIN Bengkulu.

Moleing, Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurluthfiana, F., Saputra, A. D., Aulia, N. A., Fajrie, N., & Ardiyanti, S. D. (2023, July). Kemampuan Kreativitas Anak Melalui Media Kerajinan Kain Flanel Pada Teori Kontruktivism. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya (Vol. 2, No. 1, pp. 399-408).

Pamadhi, Hajar dan Sukardi, Evan. 2012. Seni Keterampilan Anak. Yogyakarta: Universitas Terbuka.

Pekerti, Widia, dkk. 2012. Metode Pengembangan Seni. Jakarta: Universitas Terbuka.

Prawira, Nanang Ganda. 2012. Pendekatan dan Metode Pembelajaran Seni Rupa. Modul Kuliah Seni Rupa. Jakarta: Fakultas Pendidikan Seni dan Desain Universitas Pendidikan Indonesia.

Purhanudin, MS Viktor, Pendidikan Seni dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar, Jurnal Aaspada FKIP UNDARIS, Vol. 6, No. 2, 2019.

Raco, J.R. 2010. Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik, dan Keunggulannya. Jakarta: PT Grasindo.

Sudarti, Dwi Okti. 2020. Mengembangkan kreativitas Aptitude Anak dengan Strategi Habituasi dalam Keluarga. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora. Volume V Nomor 3, Maret 2020.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi, Dewa Ketut. 2004. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2023-09-02