PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK EDUKASI BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS V MI PIM MUJAHIDIN

Authors

  • Zahra Rifqa Afisa Universitas Muria Kudus
  • Nur Fajrie Universitas Muria Kudus
  • Ika Ari Pratiwi

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8414

Keywords:

Learning Media, Comics, Learning Result

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya beberapa siswa yang nilainya belum memenuhi atau mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditentukan oleh sekolah. Pentingnya pendidikan dalam meningkatkan pengetahuan anak bangsa, menuntut guru untuk menciptakan kondisi pembelajaran yang kreatif dan inovatif dengan mengembangkan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Media pembelajaran yang menarik dan dapat meningkatkan minat siswa dalam belajar salah satunya adalah komik. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D), sedangkan model yang digunakan dalam pengembangan ini adalah model ADDIE (Analysis, Desain, Development, Implement, Evaluation). Penelitian menggunakan instrumen berupa wawancara, angket kebutuhan siswa, angket validasi ahli media, ahli materi, ahli bahasa, lembar validasi praktisi, angket respon siswa, dan soal tesuntuk mengukur pengetahuan siswa. Hasil validasi menunjukan nilai rata-rata ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa adalah 93,3% ; 94% ; 94% yang menunjukan bahwa pengembangan media komik berbasis kearifan lokal memenuhi kriteria sangat layak. Berdasarkan nilai pretest dan posttest digunakan untuk mengukur peningkatan pengetahuan siswa tentang keberagaman sosial budaya masyarakat. Nilai pretest memperoleh rata-rata 59,90% dan nilai posttest memperoleh nilai 82,60%. Nilai pretest dan posttest jika dihitung menggunakan uji N-Gain diperoleh nilai sebesar 0,56 termasuk ke dalam nilai sedang. Hasil uji kepraktisan keseluruhan yang dilakukan oleh guru dan siswa terhadap media komik berbasis kearifan lokal memperoleh persentase 95,71% dan 89,81% dengan kriteria sangat praktis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aziz, Muhammad Fathurrijal. 2020.

“Pengembangan Media

Pembelajaran Komik Materi

Sejarah Untuk Meningkatkan

Prestasi Belajar Siswa Kelas VII

SMP Annur Bululawang.” UIN

Maulana Malik Ibrahim.

Batubara, Hamdan Husein. 2021.

Media Pembelajaran MI / SD.

Islami, Amalia Nur, Ika Ari Pratiwi, and

Erik Aditia Ismaya. 2022.

“Hubungan Kebiasaan Belajar

Dengan Hasil Belajar IPS Siswa

Kelas IV Di Desa Tunjungharjo

Kecamatan Tegowanu

Grobogan.” JISIP (Jurnal Ilmu

Sosial Dan Pendidikan) 6 (2):

–25.

https://doi.org/10.58258/jisip.v6i2

.3031.

Islamia, Nuha. 2019. “Pengembangan

Lembar Kerja Siswa Berbasis

Keterampilan Berpikir Kritis

Sebagai Bahan Ajar Mata

Pelajaran Biologi.” Skripsi Biologi.

Istiana, Iga. 2019. “Pengembangan

Media Berbasis Komik Pada

Pembelajaran Tema 7 Kelas IV

SD/MI.” Carbohydrate Polymers 6

(1): 5–10.

Lesmoyo, Yoga Adistya Sri, Nur

Fajrie, and Sri Surachmi. 2023.

“Pengaruh Peningkatan

Keaktifan Siswa Terhadap

Peningkatan Hasil Belajar IPA

Siswa SD Dalam Pembelajaran

Dengan Media Audiovisual” 4:

–83.

Ningsih, Eka rahayu. 2021.

“Pengembangan Komik

Multimedia Berbasis Kearifan

Lokal SD/MI.” UIN Raden Intan

Lampung 1 (69): 5–24.

Nur Aisah, Riska, Siti Masfuah, and

Wawan Shokib Rondli. 2022.

“ANALISIS FAKTOR PENYEBAB

KESULITAN BELAJAR PPKn DI

SD.” Didaktik : Jurnal Ilmiah

PGSD STKIP Subang 8 (1): 671–

https://doi.org/10.36989/didaktik.

v8i1.339.

Nuralisa, Siti Fatimah, Mudmainah

Vitasari, and Adi Nestiadi. 2021.

“Pengembangan Media

Pembelajaran Kokami (Kotak

Kartu Misterius) Tema

Pelestarian Lingkungan Untuk

Meningkatkan Hasil Belajar

Kognitif.” Quantum: Jurnal

Inovasi Pendidikan Sains 12 (1):

https://doi.org/10.20527/quantum

.v12i1.10251.

Pratama, F A S, and A N Jannah.

“Analisis Kebutuhan

Pengembangan Media Komik

Berbasis Kearifan Lokal

Bangkalan.” Seminar Nasional

Hasil Riset Dan Pengabdian, no.

April: 98–106.

https://snhrp.unipasby.ac.id/prosi

ding/index.php/snhrp/article/view/

%0Ahttps://snhrp.unipasby.a

c.id/prosiding/index.php/snhrp/art

icle/download/300/250.

Rahmiati, Rahmiati. 2020.

“Peningkatan Aktivitas Dan Hasil

Belajar PPKN Pada Materi

Keberagaman Sosial Budaya

Masyarakat Melalui Penerapan

Model Kooperatif Tipe TGT Kelas

V Min 10 Aceh Besar.” Jurnal

Pendidikan Dan Pengabdian

Vokasi (JP2V) 1 (2): 149–56.

https://doi.org/10.32672/jp2v.v1i2

.2055.

Rosa, Lediana. 2022.

“Pengembangan Media

Pembelajaran Buku Cerita

Berbasis Komik Dalam

Membentuk Karakter

Kebangsaan Peserta Didik SDN

Dannuang,” 53–55.

Suganda, Angga Piki, Angga

Setiawan, and Moh Farid Ma’ruf.

“Pengembangan Media

Komik Untuk Meningkatkan Hasil

Belajar Siswa Kelas IV.” Jurnal

Pendidikan DEWANTARA: Media

Komunikasi, Kreasi Dan Inovasi

Ilmiah Pendidikan 8 (1): 8–15.

https://doi.org/10.55933/jpd.v8i1.

Sulistiyowati, Nur Fajrie, and Sri

Surachmi. 2023. “Efektivitas

Media Canva Terhadap Minat

Dan Hasil Belajar IPA Siswa

Kelas V SDN Bakaran Wetan 03

Pati.” Journal on Education 05

(02): 5883–91.

Suparmi, S. 2018. “Penggunaan

Media Komik Dalam

Pembelajaran IPA Di Sekolah.”

Journal of Natural Science and

Integration 1 (1): 62–68.

https://doi.org/10.24014/jnsi.v1i1.

Suwarti, Alfi Laila, and Erwin Putera

Permana. 2020. “Pengembangan

Media Komik Berbasis Kearifan

Lokal Untuk Menentukan Pesan

Dalam Dongeng Pada Siswa

Sekolah Dasar.” Profesi

Pendidikan Dasar 7 (2): 140–51.

https://doi.org/10.23917/ppd.v7i2

.11553.

Wardana, Andi. 2018.

“Pengembangan Komik Sebagai

Media Pembelajaran Untuk

Mengapresiasi Cerita Anak Pada

Peserta Didik Kelas III SD/MI.”

Zahara, Nabila Nur, Murtono Murtono,

and Ika Ari Pratiwi. 2021.

“Efektivitas Media E-Learning

Berbasis Edmodo Terhadap Hasil

Belajar Siswa Kelas V Sdn 02

Ngabul Jepara.” Jurnal Prasasti

Ilmu 1 (1): 0–5.

https://doi.org/10.24176/jpi.v1i1.6

Downloads

Published

2023-06-20

Most read articles by the same author(s)