PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK EDUKASI BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS V MI PIM MUJAHIDIN
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8414Keywords:
Learning Media, Comics, Learning ResultAbstract
Latar belakang penelitian ini adalah adanya beberapa siswa yang nilainya belum memenuhi atau mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditentukan oleh sekolah. Pentingnya pendidikan dalam meningkatkan pengetahuan anak bangsa, menuntut guru untuk menciptakan kondisi pembelajaran yang kreatif dan inovatif dengan mengembangkan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Media pembelajaran yang menarik dan dapat meningkatkan minat siswa dalam belajar salah satunya adalah komik. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D), sedangkan model yang digunakan dalam pengembangan ini adalah model ADDIE (Analysis, Desain, Development, Implement, Evaluation). Penelitian menggunakan instrumen berupa wawancara, angket kebutuhan siswa, angket validasi ahli media, ahli materi, ahli bahasa, lembar validasi praktisi, angket respon siswa, dan soal tesuntuk mengukur pengetahuan siswa. Hasil validasi menunjukan nilai rata-rata ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa adalah 93,3% ; 94% ; 94% yang menunjukan bahwa pengembangan media komik berbasis kearifan lokal memenuhi kriteria sangat layak. Berdasarkan nilai pretest dan posttest digunakan untuk mengukur peningkatan pengetahuan siswa tentang keberagaman sosial budaya masyarakat. Nilai pretest memperoleh rata-rata 59,90% dan nilai posttest memperoleh nilai 82,60%. Nilai pretest dan posttest jika dihitung menggunakan uji N-Gain diperoleh nilai sebesar 0,56 termasuk ke dalam nilai sedang. Hasil uji kepraktisan keseluruhan yang dilakukan oleh guru dan siswa terhadap media komik berbasis kearifan lokal memperoleh persentase 95,71% dan 89,81% dengan kriteria sangat praktis.Downloads
References
Aziz, Muhammad Fathurrijal. 2020.
“Pengembangan Media
Pembelajaran Komik Materi
Sejarah Untuk Meningkatkan
Prestasi Belajar Siswa Kelas VII
SMP Annur Bululawang.” UIN
Maulana Malik Ibrahim.
Batubara, Hamdan Husein. 2021.
Media Pembelajaran MI / SD.
Islami, Amalia Nur, Ika Ari Pratiwi, and
Erik Aditia Ismaya. 2022.
“Hubungan Kebiasaan Belajar
Dengan Hasil Belajar IPS Siswa
Kelas IV Di Desa Tunjungharjo
Kecamatan Tegowanu
Grobogan.” JISIP (Jurnal Ilmu
Sosial Dan Pendidikan) 6 (2):
–25.
https://doi.org/10.58258/jisip.v6i2
.3031.
Islamia, Nuha. 2019. “Pengembangan
Lembar Kerja Siswa Berbasis
Keterampilan Berpikir Kritis
Sebagai Bahan Ajar Mata
Pelajaran Biologi.” Skripsi Biologi.
Istiana, Iga. 2019. “Pengembangan
Media Berbasis Komik Pada
Pembelajaran Tema 7 Kelas IV
SD/MI.” Carbohydrate Polymers 6
(1): 5–10.
Lesmoyo, Yoga Adistya Sri, Nur
Fajrie, and Sri Surachmi. 2023.
“Pengaruh Peningkatan
Keaktifan Siswa Terhadap
Peningkatan Hasil Belajar IPA
Siswa SD Dalam Pembelajaran
Dengan Media Audiovisual” 4:
–83.
Ningsih, Eka rahayu. 2021.
“Pengembangan Komik
Multimedia Berbasis Kearifan
Lokal SD/MI.” UIN Raden Intan
Lampung 1 (69): 5–24.
Nur Aisah, Riska, Siti Masfuah, and
Wawan Shokib Rondli. 2022.
“ANALISIS FAKTOR PENYEBAB
KESULITAN BELAJAR PPKn DI
SD.” Didaktik : Jurnal Ilmiah
PGSD STKIP Subang 8 (1): 671–
https://doi.org/10.36989/didaktik.
v8i1.339.
Nuralisa, Siti Fatimah, Mudmainah
Vitasari, and Adi Nestiadi. 2021.
“Pengembangan Media
Pembelajaran Kokami (Kotak
Kartu Misterius) Tema
Pelestarian Lingkungan Untuk
Meningkatkan Hasil Belajar
Kognitif.” Quantum: Jurnal
Inovasi Pendidikan Sains 12 (1):
https://doi.org/10.20527/quantum
.v12i1.10251.
Pratama, F A S, and A N Jannah.
“Analisis Kebutuhan
Pengembangan Media Komik
Berbasis Kearifan Lokal
Bangkalan.” Seminar Nasional
Hasil Riset Dan Pengabdian, no.
April: 98–106.
https://snhrp.unipasby.ac.id/prosi
ding/index.php/snhrp/article/view/
%0Ahttps://snhrp.unipasby.a
c.id/prosiding/index.php/snhrp/art
icle/download/300/250.
Rahmiati, Rahmiati. 2020.
“Peningkatan Aktivitas Dan Hasil
Belajar PPKN Pada Materi
Keberagaman Sosial Budaya
Masyarakat Melalui Penerapan
Model Kooperatif Tipe TGT Kelas
V Min 10 Aceh Besar.” Jurnal
Pendidikan Dan Pengabdian
Vokasi (JP2V) 1 (2): 149–56.
https://doi.org/10.32672/jp2v.v1i2
.2055.
Rosa, Lediana. 2022.
“Pengembangan Media
Pembelajaran Buku Cerita
Berbasis Komik Dalam
Membentuk Karakter
Kebangsaan Peserta Didik SDN
Dannuang,” 53–55.
Suganda, Angga Piki, Angga
Setiawan, and Moh Farid Ma’ruf.
“Pengembangan Media
Komik Untuk Meningkatkan Hasil
Belajar Siswa Kelas IV.” Jurnal
Pendidikan DEWANTARA: Media
Komunikasi, Kreasi Dan Inovasi
Ilmiah Pendidikan 8 (1): 8–15.
https://doi.org/10.55933/jpd.v8i1.
Sulistiyowati, Nur Fajrie, and Sri
Surachmi. 2023. “Efektivitas
Media Canva Terhadap Minat
Dan Hasil Belajar IPA Siswa
Kelas V SDN Bakaran Wetan 03
Pati.” Journal on Education 05
(02): 5883–91.
Suparmi, S. 2018. “Penggunaan
Media Komik Dalam
Pembelajaran IPA Di Sekolah.”
Journal of Natural Science and
Integration 1 (1): 62–68.
https://doi.org/10.24014/jnsi.v1i1.
Suwarti, Alfi Laila, and Erwin Putera
Permana. 2020. “Pengembangan
Media Komik Berbasis Kearifan
Lokal Untuk Menentukan Pesan
Dalam Dongeng Pada Siswa
Sekolah Dasar.” Profesi
Pendidikan Dasar 7 (2): 140–51.
https://doi.org/10.23917/ppd.v7i2
.11553.
Wardana, Andi. 2018.
“Pengembangan Komik Sebagai
Media Pembelajaran Untuk
Mengapresiasi Cerita Anak Pada
Peserta Didik Kelas III SD/MI.”
Zahara, Nabila Nur, Murtono Murtono,
and Ika Ari Pratiwi. 2021.
“Efektivitas Media E-Learning
Berbasis Edmodo Terhadap Hasil
Belajar Siswa Kelas V Sdn 02
Ngabul Jepara.” Jurnal Prasasti
Ilmu 1 (1): 0–5.
https://doi.org/10.24176/jpi.v1i1.6
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.