PENGARUH PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ENGGORO (ENGKLEK GOTONG ROYONG) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.16933Keywords:
Media Enggoro, Hasil Belajar, Pendidikan PancasilaAbstract
Penggunaan media pembelajaran untuk mendukung proses pembelajaran masih minim. Kegiatan pembelajaran di SDN Mantingan masih minim penggunaan media dan pembelajaran masih berpusat pada guru sehingga hasil belajar siswa masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh penggunaan media Enggoro dalam pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen dengan jenis one grup pretest-posttest design. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling jenis sampel jenuh. Instrumen penelitian menggunakan instrumen tes untuk mengukur hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data memenuhi uji prasyarat dengan signifikansi normalitas sebesar 0,148. Uji hipotesis menggunakan paired sample t-test memperoleh t-hitung sebesar -15,163 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Maka artinya ada pengaruh yang signifikan antara media Enggoro dengan peningkatan hasil belajar siswa, sehingga ini menunjukkan bahwa media Enggoro dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Mantingan.Downloads
References
Agustira, S., & Rahmi, R. (2022) Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tingkat SD. MUBTADI: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 4(1), 72-80. https://doi.org/10.19105/mubtadi.v4i1.6267
Aisah, N.R., Masfuah, S., Rondli, W. S. (2022). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar PPKn Di SD. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8 (1): 71-85. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i1.339
Aktorida, N. T. D., Asep, A. S. E., & Hajani, T. J. (2022). Pengembangan Permainan Engklek Pada Pembelajaran Tema 7 Kelas V Sd Negeri 5 Lubuklinggau. LJSE: Linggau Journal Science Education, 2(3), 65–74. https://doi.org/10.55526/ljse.v2i3.325
Annur, M. N., Sumarwiyah, S., & Purbasari, I. (2020). Media Engklek Gunung untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Payaman. EduBase : Journal of Basic Education, 1(2), 30. https://doi.org/10.47453/edubase.v1i2.134
Arukah, D. W., Fathurohman, I., & Kuryanto, M. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Ledu. Jurnal Pendidikan Dasar, 1–9.
Damayanti, A. R., Kuryanto, M. S., & Fajrie, N. (2024). Efektivitas Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Bermuatan Permainan Tradisional untuk Kemandirian Kelas III SDN 1 Kepoh. 06(03), 15643–15652.
Evita, V., & Istianah, F. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Engsis (Engklek Metamorfosis) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV Di Sekolah Dasar. PGSD, 11, 1205–1216.
Fauziah, A., Rosnaningsih, A., & Azhar, S. (2017). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Poris Gaga 05 Kota Tangerang. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(2).
Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042
Ismah, & Dwitama, A. T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Dengan Konsep Permainan Engklek (MATLEK). PROSIDING Seminar Nasional Pendidikan Era Revolusi, 1, 155–166.
Khisma, F. A., Rondli, W. S., & Kuryanto, M. S. (2022). Pengaruh Permainan Tradisional Boi-Boinan Terhadap Peningkatan Interaksi Sosial Pada Siswa SDN 2 Hadipolo. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(2), 1349–1358.
Kuryanto, M. S., & Pratiwi, I. A. (2018). Hubungan Permainan Tradisional Betengan Terhadap Gerak Lokomotor Siswa. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 1(2). https://doi.org/10.24176/jpp.v1i2.2954
Nisa, S. K., Pratiwi, I. A., & Ismaya, E. A. (2020). Penerapan Model Group Investigation Berbantuan Media Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 11(2), 211–224.
Nofriyadi, R., Pratiwi, I. A., & Setiawan, D. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual. P2M STKIP Siliwangi, 9(2), 161–167. https://doi.org/10.22460/p2m.v9i2.2980
Munawaroh, H. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran dengan Permainan Tradisional Engklek Sebagai Sarana Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 86. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.19.
Pantas, H., & Surbakti, K. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick. Jurnal Ilmiah Curere, 4(1), 33–42.
Piharani, A. A., Aryantii, S. D., & Kuryanto, M. S. (2024). Pengaruh Peningkatan Hasil Belajar Model Teams Games Tournament (TGT) Dengan Menggunakan Media Rotar SD N KALIMULYO 01. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09, 2139–2147.
Puji Lestari, Ika Ari Pratiwi, & Imaniar Purbasari. (2023). Penerapan Model Teams Games Tournament (TGT) Berbantu Media Crossword Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tema 9 Kelas V SDN 1 Dorang. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 2161–2175. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i04.1559
Purnaningtyas, A. R. I. D. P., Fathurohman, I., & Kuryanto, M. S. (2020). Pemanfaatan Media Unos Dan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Untuk Peningkatan. Jurnal Pendidikan Dasar, 1–8.
Ridwan, S. D. (2017). Optimalisasi Hasil Belajar Ips Melalui Permainan TradisionaL. JIPSINDO, 4(1).
Rifqa Afisa, Z., Fajrie, N., & Pratiwi, I. A. (2023). Pengembangan Media Komik Edukasi Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas V Mi Pim Mujahidin. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(01), 3848–3861.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian & Pengembangan. Bandung: Alfabeta
Sriyahani, Y., Kuryanto, M. S., & Rondli, W. S. (2022). Pendidikan Karakter melalui Permainan Tradisional di Desa Sitimulyo. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10), 4416–4423. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.946
Sulfemi, W. B., & Supriyadi, D. (2018). Pengaruh Kemampuan Pedagogik Guru Dengan Hasil Belajar IPS. Program Studi Administrasi Pendidikan, 18(106), 1– 19.
Syafria, M. N., Pratiwi, I. A., & Kuryanto, M. S. (2023). Pengaruh Media Ular Tangga Keberagaman dalam Meningkatkan Hasil Belajar Muatan PPKn Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(5), 3111–3117. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.5863
Wiranti, D. A. & Mawarti, D. A. (2018). Keefektifan Permainan Engklek Dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan. 9(1). https://doi.org/10.24176/re.v9i1.2810
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.