PERILAKU SOSIAL SISWA KELAS IV DI SD N 3 PADURENAN AKIBAT PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK

Authors

  • Delfianur Yahya PGSD FKIP Universitas Muria Kudus
  • M. Syafruddin Kuryanto PGSD FKIP Universitas Muria Kudus
  • Deka Setiawan PGSD FKIP Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.12945

Keywords:

TikTok, Social Behavior, SD N 3 Padurenan

Abstract

The purpose of this research is to analyze the social behavior of fourth-grade students at SD N 3 Padurenan due to the use of the TikTok social media platform. This study is qualitative in nature. The data in this research consists of primary and secondary data. The research was conducted at SD N 3 Padurenan with the main sources of data being the fourth-grade students and teachers. Data collection techniques used include observation, interviews, and documentation. Data analysis techniques employed include data reduction, data presentation, drawing conclusions, verification, and final conclusions. The results of this research indicate that TikTok has a significant impact on the social behavior of fourth-grade students at SD N 3 Padurenan. Interaction with this platform can influence students' patterns of social interaction, both positively and negatively, especially in relation to peer influence.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andangjati, Maria Winayang, Tritjahjo Danny Soesilo, and Yustinus Windrawanto. 2021. “Hubungan Antara Interaksi Sosial Teman Sebaya Dengan Penerimaan Sosial Siswa Kelas XI.” Mimbar Ilmu.

Ansori, Yoyo Zakaria. 2021. “Strategi Pendidik Dalam Menumbuhkan Karakter Jujur Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Aprilian, Devri, Yessy Elita, and Vira Afriyati. 2020. “Hubungan Antara Penggunaan Aplikasi Tiktok Dengan Perilaku Narsisme Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 8 Kota Bengkulu.” Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling 2(3): 220–28.

Arisandy, M, Nurhasanah Nurhasanah, and Abdul Kadir Jaelani. 2022. “Pengaruh Metode Inquiry Training Terhadap Sikap Sosial Siswa SD Pada Mata Pelajaran IPS.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan.

Didik, Peserta. 2018. “Pengaruh Gadget Terhadap Sikap Disiplin Dan Minat Belajar Peserta Didik.” Research and Development Journal Of Education.

Francoko, Momon Eko, and Harmanto. 2016. “Strategi Sekolah Dalam Membentuk Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Di Sman Se-Kota Mojokerto.” Kajian Moral dan Kewarganegaraan.

Kasim, Eman Wahyudi, and Muhajir Muhajir. 2022. “Pengaruh Pelaksanaan Model Problem Based Instruction (PBI) Terhadap Antusias Belajar Siswa Di SDI Lakiyung Kecamatan Somba Opu Ka

Nurfadhillah, Septy et al. 2022. “Analisis Faktor Penyebab Siswa Lambat Dan Cepat Belajar Kelas IV Di SDN Kp. Bulak III Pamulang.” Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar.

Nisrima, Siti. 2016. “Pembinaan Perilaku Sosial Remaja Penghuni Yayasan Islam Media Kasih Kota Banda Aceh.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Kewarganegaraan 1: 192–204.

Nurfirdaus, Nunu, and Risnawati. 2019. “Studi Tentang Pembentukan Kebiasaan Dan Perilaku Sosial Siswa (Studi Kasus Di SDN 1 Windujanten).” Jurnal Lensa Pendas 4(1): 36–46.

Nurfirdaus, Nunu, and Atang Sutisna. 2021. “Lingkungan Sekolah Dalam Membentuk Perilaku Sosial Siswa.” NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran.

Sari, Wann Nurdiana. 2022. “Analisis Komunikasi Dalam Pembelajaran Kelas III Berbasis NHT Melalui Transcript Based Lesson Analysis (TBLA).” Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi 22(2): 943.

Sutria, Dewi. 2019. “Implementasi Metode Batu Pijar Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Aktifitas Dan Hasil Belajar Siswa Sd Negeri 47 Kota Jambi.” Jurnal Pesona Dasar 7(2): 1–9.

Swihadayani, Nina. 2023. “Karakteristik Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar.” Jurnal Sosial Teknologi.

Yalfi, Erma. 2016. “Hubungan Keaktifan Bertanya Siswa Dengan Hasil Belajar Di Sekolah Dasar Negeri 05 Pecangaan Wetan Kabupaten Jepara.” Skripsi Universitas Negeri Semarang.

Downloads

Published

2024-03-10