STRATEGI SEKOLAH DALAM MENINGKATAN GERAK LOKOMOTOR SISWA AKIBAT DAMPAK COVID 19 DI SD NEGERI KEBONSAWAHAN 01

Authors

  • Lusi PGSD FKIP, Universitas Muria Kudus
  • Deka Setiawan PGSD FKIP, Universitas Muria Kudus
  • Mohammad Syaffruddin Kuryanto PGSD FKIP, Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8799

Abstract

Strategi merupakan rencana yang di terapkan untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditentukan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kebijakan di terapkan di SD Negeri Kebonsawahan 01 Juwana dalam mengatasi rendahnya gerak dasar lokomotor pada siswa yang diakibatkan dampak pandemi Covid 19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi naratif, data yang dikumpulakn berasal dari observasi, wawancara, dokumetasi. Subjek pada penelitian yang dilakukan di lingkungan SD Negeri Kebonsawahan 01 Juwana kabupaten Pati dengan mengambil beberapa informan mulai dari guru, kepala sekolah dan dari siswa kelas 5. Keabsahan data pada penenlitian menggunakan triangulasi dengan tehnik analisis data yakni 1) Reduksi data, 2) Penyajian data , 3) kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa di SD Negeri Kebonsawahan 01 mengalami penurunan aktifitas geraknya yang di sebabkan dari dampak pandemi covid 19, hal ini pihak sekolah memberikan upaya untuk meningkatkan gerak lokomotor siswa. Startegi yang di terapkan pihak sekolah yaitu dengan kegiatan piket kelas, senam bersama, kegiatan ekstrakurikuler (olahraga, menari dan pramuka), memberikan suasana belajar yang menarik dan menyenangkan, kerjasama antara anggota pendidik, kerjasama dengan orang tua. Startegi yang di terapkan di sekolah SD Negeri Kebonsawahan 1 terbukti mampu meningkatkan gerak siswa secara signifikan. Kata kunci: strategi sekolah, gerak dasar,  lokomotor

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aziz, D.K & Musyayadah U, (2019). “Implemmentasi kecerdasan kinestetik pada kegiatan ektrakkurikuler bola voli”. Jurnal Pendidikan Dasar vol. 3, no. 2, http://journal.iaincurup.ac.id/index.php/JPD

Febriana, A, & Kusumaningtyas, L. E. 2018. Peningkatkan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Menganyam Pada Anak Kelompok B Usia 5-6 Tahun, Jurnal Audi Vol,2 No.2.

Fitriah, N. (2022). Kerja Sama Antar Guru di SMP Islam Terpadu Babussalam Kuala Kapuas.

Hannah, dkk. (2017). Improvement in Children’s Fine Motor Skills Following a

Computerized Typing Intervention. Human Movement Science. 56 hlm 29-36.

Haryanti, F. (2018). Pendekatan Eksistensial-Humanistik berbasis nilai budaya kesenian pencak silat dalam mereduksi perilaku agresif. Prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan danKonseling), 2(1), 104–112

Kiranida, O. (2019). Memaksimalkan Perkembangan Motorik Siswa Sekolah Dasar Melalui Pelajaran Penjaskes. Jurnal Tunas Bangsa, 6(2), 318-328. https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/969

Kuryanto, M.S, & Pratiwi, I.A (2019) “Hubungan Permainan Tradisional Betengan Terhadap Gerak Lokomotor Siswa”. Jurnal Prakarsa Paedagogia, Vol.1 No.2, h. 133-138.

Lufri, dkk. (2020). Metodologi Pembelajaran, Strategi, Pendekatan, Model, Metode Pembelajaran. Malang : CV. IRDH.

Maghfiroh, Siti Tsaliska. (2020) “Upaya Meningkatkan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Senam Irama”. Jurnal CARE, Vol.8, No.1.

Nirwana & Hakim, A. N (2021). "Implementasi Tari Kreasi untuk Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak".ALGAZALI International Journal of Educational Research. volume. 3.

Rahmi, R. (2018). Korelasi Kegiatan Ice Breaking dengan Motivasi Belajar Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran Tematik. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 8(2), 151-160.

Rahmi, S (2022). “Kerja Sama Orang Tua Dan Guru Dalam Membentuk Kepribadian Peserta Didik Di Sekolah”. Jurnal Azkia Vol. 16, No. 2.

Riza,A., & Farida, L. A., (2020). “Pembinaan Ekstrakulikuler Olahraga SDN Lempongsari Kecamatan Gajahmungkur Kota Semarang”. Indonesian Journal for Physical Education and Sport1(2), 299-305

Rofiqoh, A., Madiyawati, L., Rasidi., (2021). “Kemampuan Olahraga dan Aktivitas Ektrakurikuler Pasukan Baris Berbaris dengan Kecerdasan Kinestetik” Borobudur Educational Review, Vol. 1 No.1, https://doi.org/10.31603/bedr.4791

Saniyyah, L., Setiawan, D., & Ismaya, A. (2021). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perilaku Sosial Anak di Desa Jekulo Kudus. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2132–2140. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1161

Sukmawati, N & Endrawa, B (2022). “Upaya Meningkatkan Gerak Dasar Melalui Senam Irama Siswa Kelas V di Sekolah Dasar Negeri Gelumbang 29” jurnal kewarganegaraan, Universitan Bina Darma Palembang, Vol. 6 No.2

Sugiyono (2019), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Edisi ke-2 Bandung: Alfabeta

Spriadi, M & Hajaroh, S ,2019 “Strategi Guru Dalam Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Bagi Siswa”. Jurnal Penelitian Keislaman, Vol.15 No.1, h.54-65

Puspitas, E & Fauzi, T, (2019). “Upaya Meningkatkan Kemampuan Kinestetik-Jasmani Melalui Permainan Sepak Bola Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Segar Jaya Desa Segayam” Pernik: jurnal PUAD Vol.2 No.1, https://doi.org/10.31851/pernik.v2i2.4178

Yunaika, C & Ardisal, (2020). Efektivitas Senam Ceria Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Tunagrahita Ringan. Ranah Research: Journal of Multidicsiplinary Research and Development, 2(3), 46–52

Wati, N. M. N. et al. (2020) ‘Optimalisasi Penggunaan Alat Perlindungan Diri (APD) pada Masyarakat dalam Rangka Mencegah Penularan Virus COVID-19’,Jurnalempathy.Com, 1(1), pp. 1–8. doi: 10.37341/jurnalempathy.v1i1.1.

Zakkiyyah dkk, (2022). “Penerapan Ice Breaking Pada Proses Belajar Guna Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas Iv Sd Negeri Sugihan 03” Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa). Vol 2, No.1, h. 73-85. DOI: 10.46229/elia.v2i1

Downloads

Published

2023-07-09