KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH ARITMATIKA SOSIAL DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 NARMADA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Authors

  • Yupiatul Azizah azizah Universitas Mataram
  • Sripatmi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Mataram
  • Junaidi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Mataram
  • Harry Soepriyanto Pendidikan Matematika FKIP Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9978

Keywords:

Keywords: Motivasi Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Aritmatika Sosial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah aritmatika sosial ditinjau dari motivasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 4 Narmada tahun pelajaran 2022/2023. Jenis Penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 30 orang siswa kelas VII-B SMP Negeri 4 Narmada. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket motivasi belajar, soal tes kemampuan pemecahan masalah dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner, tes dan wawancara. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini yaitu Siswa dengan kategori motivasi belajar tinggi ada 13 orang, sedang 17 orang dan rendah tidak ada. Sedangkan siswa dengan kategori kemampuan pemecahan masalah tinggi ada 6 orang, sedang 19 orang dan rendah 5 orang. Dari 13 orang siswa yang motivasi belajarnya tinggi, ada 5 orang yang kemampuan pemecahan masalahnya tinggi, sedangkan 2 orang lainnya sedang dan 1 orang lainnya rendah. Dan dari 17 orang siswa yang motivasi belajarnya sedang, ada 12 orang yang kemampuan pemecahan masalahnya sedang, sedangkan 1 orang lainnya tinggi dan 4 orang lainnya rendah.   

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-08-24

Most read articles by the same author(s)