KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH ARITMATIKA SOSIAL DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 NARMADA TAHUN PELAJARAN 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9978Keywords:
Keywords: Motivasi Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Aritmatika SosialAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah aritmatika sosial ditinjau dari motivasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 4 Narmada tahun pelajaran 2022/2023. Jenis Penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 30 orang siswa kelas VII-B SMP Negeri 4 Narmada. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket motivasi belajar, soal tes kemampuan pemecahan masalah dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner, tes dan wawancara. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini yaitu Siswa dengan kategori motivasi belajar tinggi ada 13 orang, sedang 17 orang dan rendah tidak ada. Sedangkan siswa dengan kategori kemampuan pemecahan masalah tinggi ada 6 orang, sedang 19 orang dan rendah 5 orang. Dari 13 orang siswa yang motivasi belajarnya tinggi, ada 5 orang yang kemampuan pemecahan masalahnya tinggi, sedangkan 2 orang lainnya sedang dan 1 orang lainnya rendah. Dan dari 17 orang siswa yang motivasi belajarnya sedang, ada 12 orang yang kemampuan pemecahan masalahnya sedang, sedangkan 1 orang lainnya tinggi dan 4 orang lainnya rendah.Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.