PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DAN JIGSAW TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD

Authors

  • Mai Suryanti Universitas Terbuka
  • Fatia Fatimah Universitas Terbuka, Indonesia
  • Junaidi Universitas Terbuka, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.6250

Keywords:

Model Pembelajaran Kooperatif; Two Stay Two Stray; Jigsaw; Motivasi; Hasil Belajar

Abstract

Salah  satu faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa adalah penggunaan model pembelajaran yang tidak optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan motivasi dan hasil belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dan jigsaw pada kelas IV SD Siswah. Metode penelitian ini menggunakan Quasi Experiment dengan Post-Test Only Design. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket motivasi dan pertanyaan postest hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan dalam motivasi belajar siswa dapat dilihat dari nilai thitung lebih besar daripada ttabel (4,014 > 2,036933). Sedangkan ditinjau dari hasil belajar nilai t hitung sebesar 0,765 < 2,036933 (t tabel) maka dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh hasil belajar yang signifikan (nyata) antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran TSTS dan model pembelajaran jigsaw atau  siswa yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray memiliki hasil belajar matematika yang sama dengan siswa yang diterapkan model pembelajaran tipe jigsaw. Melalui pengujian Uji F diperoleh nilai sig. sebesar 0,002 <  0,05 yang artinya ke dua model pembelajaran (TSTS dan Jigsaw) memiliki kemampuan yang sama dalam  mempengaruhi motivasi belajar dan hasil belajar siswa secara simultan/ keseluruhan dan bersama sama.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriani, W., Syarifah, dan Abdurrahmansyah. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IVI Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Jurnal Bioilmi, Vol. 4, No. 1, 1-4.

Elisabet, D., Hartoyo, A., dan Jamiah, Y. (2020). The Effect of Cooperative Learning Two Stay Two Stray on Studens Learning Outcomes in Surface Area. International Journal of Learning and Introduction, Vol. 21, No. 21, 65-71.

Harahap, K. A., dan Surya, E. (2017). Application of Cooperative Learning Model With Type of Two Stay Two Stray to Improve Results of Mathematics Teaching. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), Vol. 33 No. 2, 156-165.

Lado, H., Muhsetyo, G., dan Sisworo. (2016). Penggunaan Media Bungkus Rokok unuk Memahamkan Konsep Barisan dan Deret Melalui Pendekatan RME. Jurnal Pembelajaran Matematika, Vol. 3, No. 1, 1-9.

Leniati, B. dan Indarini, E. (2021). Meta Analisis Komparasi Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan TSTS (Two Stay Two Stray) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Mimbar Ilmu, Vol. 26, No. 1, 149-157.

Sri, Luh, dkk. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Sekolah Dasar Gugus IV Jimbaran, Kuta Selatan. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 4.

NoIVananda, N., Sukarianingsih, D. dan Budiasih, E. (2021). How “Two Stay-Two Stray” and Jigsaw Learning Models Affect Students’ Achievement On Redox Reaction. The 4th International Conference on Mathematics and Science Education (ICoMSE), Vol. 1 No. 1, 1-5.

Nurdyansyah dan Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Surabaya: Nizamia Learning Center.

Permata, D., Slameto, dan Radia, E. H. (2018). Implementation of Cooperative Learning Model Type Jigsaw in Social Sience to Increase Studen’s Learning Outcome. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Vol. 51, No. 2, 61-67.

Purwaningsih, R. H. (2020). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Bangun Datar Segi Empat Melalui Kegiatan Pembelajaran Kooperatif. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika. Vol. 13, No. 2, 268-284.

Ratnaningsih, S dan Nastiti, G. (2018). Upaya Meningkatan Motivasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Gambar Pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru MI, Jurusan Pendidikan Guru MI, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Vol. 5, No. 2, 275-286.

Widyaningrum, M. D. dan Harjono, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), Vol. 02, No. 02, 57-60.

Downloads

Published

2022-12-22

Most read articles by the same author(s)