PENGARUH PENALARAN MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI STATISTIKA SISWA KELAS VIII MTS NEGERI 2 LOMBOK BARAT TAHUN AJARAN 2023/2024
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.17739Keywords:
Penalaran Matematis, Kemandirian Belajar, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penalaran matematis dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar materi statistika siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Lombok Barat Tahun Ajaran 2023/2024 secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode ex-post facto. Sampel dalam penelitian ini yaitu 41 siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Lombok Barat yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan instrumen angket kemandirian belajar dan instrumen tes berupa soal uraian mengenai penalaran matematis dan hasil belajar siswa pada materi statistika. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif, analisis regresi, Uji t dan Uji F. Hasil analisis data menunjukkan bahwa : 1) Terdapat pengaruh signifikan penalaran matematis terhadap hasil belajar materi statistika siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Lombok Barat Tahun Ajaran 2023/2024, dengan 14 orang (34%) memperoleh nilai penalaran matematis tinggi dan 14 orang (34%) memperoleh nilai penalaran matematis rendah. 2) Terdapat pengaruh signifikan kemandirian belajar terhadap hasil belajar materi statistika siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Lombok Barat Tahun Ajaran 2023/2024, dengan 20 orang (49%) memperoleh nilai kemandirian belajar tinggi. 3) Terdapat pengaruh signifikan penalaran matematis dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar materi statistika siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Lombok Barat tahun ajaran 2023/2024.Downloads
References
Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan. (2022). Keputusan Kepala Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini Jenjang Pendidikan Dasar dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi.
Fajriyah, L., Nugraha, Y., Akbar, F., & Bernard, M. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis. Journal On Education, 1(2), 288–296.
Hikmah, N., Soepriyanto, H., Sukmawati, & Amrullah, A. (2023). Analisis Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar. Journal of Classroom Action Research, 5(2), 106–110.
Isnaeni, S., Fajriyah, L., Risky, E. S., Purwasih, R., & Hidayat, W. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP pada Materi Persamaan Garis Lurus. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1), 107–115.
Julaecha, S., & Baist, A. (2019). Hubungan kemandirian belajar dengan hasil belajar siswa SMK kelas XII pada pelajaran matematika. Jurnal Analisa, 5(2), 103–108.
Lestari, D., Nursit, I., & Fathani, A. H. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Pada Materi Statistika Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Peserta didik Kelas VIII SMP Islam Almaarif 01 Singosari. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran, 16(19), 117–131.
Ningsih, M. F., Sarjana, K., Azmi, S., & Baidowi, B. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(1), 11–18.
Qomariyah, S. (2017). Hubungan antara Kemampuan Penalaran dengan Komunikasi Matematis Terhadap Pretasi Belajar Matematika. JTAM | Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika, 1(1), 49–53.
Rahmawati, A. D. (2020). Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal TIMSS-like Domain Data dan Peluang. MATHEdunesa, 9(3), 495–503.
Ramadhani, R., & Bina, N. S. (2021). Statistika Penelitian Pendidikan: Analisis Perhitungan Matematis dan Aplikasi SPSS. Jakarta: Prenada Media Group.
Rismayanti, A., Prayitno, S., Turmuzi, M., & Hapipi, H. (2021). Pengaruh Kemampuan Penalaran dan Representasi Matematis terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas VIII di SMP. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(3), 448–454.
Setiawan Panie, R. P., Kurniati, N., & Kurniawan, E. (2023). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa SMPN 8 Mataram Kelas VII Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(2), 1065–1073.
Siallagan, F. Y. B., Sinaga, B., & Rajagukguk, W. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Dan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Penemuan Terbimbing. Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 68–74.
Suriasumantri, J. S. (2013). Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer (Pertama). Jakarta: Pustaka Harapan.
Widayanti, E., & Kolbi, I. A. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Mengerjakan Soal TIMMS untuk Kategori Penalaran. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 3(1), 76–85.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.