PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN LKPD DIGITAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MATERI GRAFIK PLDV

Authors

  • Pujita Zafitri Universitas Mataram
  • Arjudin Universitas Mataram
  • Gilang Primajati Universitas Mataram
  • Sripatmi Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23295

Keywords:

problem based learning; digital student worksheet (LKPD); problem solving abilities

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa, yang disebabkan oleh penggunaan model pembelajaran konvensional yang kurang efektif serta minimnya pemanfaatan media pembelajaran inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penerapan model Problem Based Learning berbantuan LKPD digital terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi grafik persamaan linear dua variabel di kelas VIII SMP Negeri 11 Mataram tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experimental Design dengan pendekatan kuantitatif serta desain posttest-only control. Sampel penelitian dipilih menggunakan teknik cluster random sampling, dengan kelas VIII A sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan berupa model PBL berbantuan LKPD digital, dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol yang diajar menggunakan model direct instruction. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest kelas eksperimen (78) lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol (73). Berdasarkan perhitungan uji-t menggunakan SPSS dengan tingkat signifikansi 5%, diperoleh nilai , yang ≤ 0,05, sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok. Selain itu, hasil uji effect size menunjukkan nilai 0,550, yang termasuk dalam kategori sedang, yang berarti bahwa model PBL berbantuan LKPD digital memiliki dampak positif yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., & Zamroni. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Ketrampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Asfar, T. I., & Nur, S. (2018). Model Pembelajaran Problem Posing: Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Sukabumi: CV Jejak.

Baidowi, Wahidaturrahmi, Kertiyani, N. M. I., & Wulandari, N. P. (2024). Statistika Dasar Teori dan Praktik. Lombok Tengah : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.

Diva, S. A., & Purwaningrum, J. P. (2022). Penyelesaian Soal Cerita pada Siswa Diskalkulia ditinjau dari Teori Bruner dengan Metode Drill. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1–16. doi: https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1081.

Hariyanti, S., Arjudin, A., & Baidowi, B. (2021). Efektivitas Media Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMA Negeri 10 Mataram. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 3(1), 19–29. doi:https://doi.org/10.29303/jm.v3i1.2275

Ikasari, D., & Firmansyah, F. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa di MTs. Lab Ikip Al-Washliyah Medan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 7(1), 55–65. doi:https://doi.org/10.32505/qalasadi.v7i1.5882

Marhaeni, N. H., Andriyani, & Rusmilah. (2021). Efektivitas LKPD berbasis Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA Negeri 1 Imogiri. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 7(2), 85–96. doi: https://doi.org/https://doi.org/10.37729/jpse.v7i2.7607

Octavia, S. A. (2020). Model Model Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Salamah, F., & Sudihartinih, E. (2024). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Matematika Pada Materi Grafik Persamaan Garis Lurus Berbasis Android Menggunakan Aplikasi Scratch. Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 2720–9385, 141–152. doi: https://doi.org/10.30596/jmes.v5i2.19639

Salsabila, N. H., & Setyaningrum, W. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Game: Statistics In Arctic. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 1(1), 13–25. doi: https://doi.org/10.29303/jm.v1i1.1248.

Sarman, A. A., Suastika, I. K., & Murniasih, T. R. (2023). Pengembangan E-LKPD untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Jurnal Tadris Matematika, 6(1), 49–66. doi: https://doi.org/10.21274/jtm.2023.6.1.49-66

Sehajun, P., & Tambunan, N. (2021). Analisis Kesulitan Matematika Siswa Kelas VIII SMP Santo Paulus pada Materi Persamaan Garis Lurus. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 7(1), 177–188.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sripatmi, S., Junaidi, J., Nourma, P. W., & Kurniawan, E. (2023). Efektifitas Buku Referensi Media Pembelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama (SMP). Mandalika Mathematics and Educations Journal, 5(1), 79–87. doi: https://doi.org/10.29303/jm.v5i1.5097.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulaiman, A., Subarinah, S., Kurniati, N., & Soepriyanto, H. (2023). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Bentuk Aljabar Pada Siswa Kelas VII SMPN 8 Mataram Tahun Ajaran 2022 / 2023. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 312–322. doi: https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1.1168.

Wardhani, S., Wirowo, Guntoro, S. T., & Sasongko, H. W. (2010). Pembelajaran Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Yogyakarta: Kementerian Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika.

Downloads

Published

2025-03-09

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>