KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL HOTS MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DITINJAU DARI KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS VIII SMPN 2 LINGSAR TAHUN AJARAN 2023/2024
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.20868Keywords:
Kemampuan numerasi, HOTS, Sistem Persamaan Linear Dua VariabelAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkategorikan kemampuan numerasi dan mendeskripsikan kemampuan menyelesaikan soal HOTS ditinjau dari kemampuan numerasi siswa. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 Lingsar berjumlah 279 orang. Sampel penelitian adalah dua kelas dari sembilan kelas VIII yakni kelas VIII-6 dan VIII-8 yang diberikan tes kemampuan numerasi. Subjek penelitian diambil dari sampel yang terdiri dari 6 orang siswa yang diberikan tes soal HOTS. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes dan wawancara dengan instrument penelitian yang digunakan adalah naskah soal kemampuan numerasi, naskah soal HOTS, dan pedoman wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif statistik deskriptif, uji korelasi dan uji t serta analisis miles dan huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan numerasi siswa dikategorikan ke dalam tiga kategori yakni tinggi, sedang, dan rendah. siswa berkategori kemampuan numerasi tinggi, siswa berkategori kemampuan numerasi sedang, siswa berkategori kemampuan numereasi rendah dengan dominan kemampuan numerasi siswa berada pada kategori rendah. Terdapat hubungan kemampuan numerasi dengan kemampuan menyelesaikan soal HOTS siswa yang tergolong sangat kuat dan signifikan. Siswa dengan kemampuan numerasi tinggi mampu menguasai dan memenuhi indikator semua level HOTS. Siswa dengan kemampuan numerasi sedang dan rendah hanya mampu menguasai dan memenuhi indikator soal HOTS level menganalisis (C4) dan belum menguasai serta memenuhi indikator soal HOTS level mengevaluasi (C5) dan mencipta (C6).Downloads
References
Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assesing. New York: Addison Wesley Longman.
Andriani, R., Turmuzi, M., Wahidaturrahmi, & Prayitno, S. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Menyelesaikan Masalah Open Ended Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(2), 476–484.
Azwar, S. (2018). Penyusunan Skala Psikologi (2nd ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Erfan, M., & Ratu, T. (2018). Pencapaian HOTS (Higher Order Thinking Skills) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas SAMAWA. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 4(2), 208–212.
Hajar, M. N., & Rahman, A. (2020). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal HOTS Tipe PISA Ditinjau dari Prestasi Belajar Matematika Sekolah. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika (JIPM), 1(2), 85–96.
Hertiandito, T. (2016). Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP Pada Pembelajaran Knisley dengan Tinjauan Gaya Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 195-206.
Hindayani, Z., Sridana, N., Kurniati, N., & Hayati, L. (2024). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau Dari Kemampuan Literasi Numerasi Kelas VIII MTs. NW Bagik Polak Tahun Ajaran 2023/2024. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 5238–5247.
Murniati, S. W., Arjudin, & Hakim, M. (2024). Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Kelas V SDN 1 Darek dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Matematika. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(1), 28–33.
Nasyiwa, A., Hikmah, N., Wahidaturrahmi, & Sripatmi. (2022). Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika High Order Thinking Skills Berdasarkan Langkah Polya Pada Materi Pola Bilangan. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(2), 449–460.
Nur Mala, A., & Setyaningsih, N. (2023). Analisis Berpikir Probalistik dalam Menyelesaikan Soal HOTS Ditinjau dari Kemampuan Numerasi. Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1827–1839.
OECD. (2019b). PISA 2018 Assesment Analytical Framework. Paris: OECD Publishing.
Prayitno, S. (2019). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Mataram: Duta Pustaka.
Ratri, A. K., & Setyaningsih, N. (2020). Analisis Literasi Matematika terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Berorientasi High Order Thinking Skills. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika 7(1), 202-213.
Santoso, R. M., & Setyaningsih, N. (2020). Literasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal Hots Bentuk Aljabar Berdasarkan Kemampuan Matematika. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 9(1), 121-132.
Setyaningsih, L., & Ekayanti, A. (2019). Keterampilan Berfikir Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau dari Kemampuan Number Sense. Jurnal Didaktik Matematika, 6(1), 28–39.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D) (24th ed.). Bandung: Alfabeta.
Surahman, Suriyani, & Novianti, M. (2024). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Melalui Soal Hots Di Sma Al-Munadir Kuala Mandor B. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 5(1), 144–149.
Tyas, F., & Pangesti, P. (2018). Menumbuhkan Literasi Numerasi Pada Pembelajaran Matematika dengan Soal HOTS. Indonesian Digital Journal Of Mathematics and Education, 5(9), 566–575.
Wahyudin, Satriani, S., & Asfar, F. (2021). Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal High Order Thinking Skills Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Logis. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 521–535.
Widodo, T., & Kadarwati, S. (2013). Higher Order Thinking Berbasis Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Berorientasi Pembentukan Karakter Siswa. Cakrawala Pendidikan, 32(1), 161–171.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.