PENGARUH SELF-EFFICACY DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP NEGERI 1 MATARAM

Authors

  • Nadia Safitri Universitas Mataram
  • Nurul Hikmah Universitas Mataram
  • Junaidi Universitas Mataram
  • Arjudin Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10338

Keywords:

Self-Efficacy, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Prestasi Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri terhadap prestasi belajar siswa, pengaruh kemampuan berpikir kritis matematis terhadap prestasi belajar siswa, dan pengaruh efikasi diri dan kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kuantitatif dengan model penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 404 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 36 siswa yang diambil dengan teknik simple random sampling . Instrumen dalam penelitian ini yaitu menggunakan efikasi diri koesioner, tes kemampuan berpikir kritis matematis, dan hasil prestasi belajar siswa berupa soal pilihan ganda dan uraian singkat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh yang signifikan antara efikasi diri terhadap prestasi belajar siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP Negeri 1 Mataram dengan variabel koefisien sebesar 1,039 dan nilai kontribusi sebesar 44,4%; 2) terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis matematis terhadap prestasi belajar siswa pada materi bangun ruang sisi data kelas VIII SMP Negeri 1 Mataram dengan variabel koefisien sebesar 1,202 dan nilai kontribusi sebesar 43,4%; 3) terdapat pengaruh yang signifikan antara efikasi diridan kemampuan berpikir kritis matematis terhadap prestasi belajar siswa pada materi bangun ruang sisi data siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mataram dengan koefisien koefisien variabel kemampuan diri sebesar 0,694 dan berpikir kritis sebesar 0,785 serta nilai kontribusi sebesar 58%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Husnuddu’a, A. U., Sarjana, K., Kurniawan, E., & Soeprianto, H. (2022). Pengaruh Kecenderungan Berpikir Kritis Terhadap Kemampuan Generalisasi Matematis pada Materi Barisan dan Deret Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Narmada. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(4).

Ibrahim, A., Alang, A. H., Madi, Baharuddin, Ahmad, M. A., & Darmawati. (2018). Metodologi Penelitian. Makassar: Gunadarma Ilmu.

Kemendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nomor 58, Tahun 2014, tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs).

Lestari, G. P., Hayati, L., Kurniawan, E., & Amrullah. (2022). Pengaruh Kepercayaan Diri dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(3).

Mukhid, A. (2019). Self-Efficacy (Perspektif Teori Kognitif Sosial dan Implikasinya Terhadap Pendidikan). Tadris, 4(1).

Ningsih, S. R. A., Turmudzi, M., Wahidaturrhami, & Hayati, L. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dalam Menyelesaikan Soal Cerita di SMP Negeri 14 Mataram. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(3).

Pardimin, P. (2018). Self-Efficacy Matematika Dan Self-Efficacy Mengajar Matematika Guru Matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan, 24(1), 29–37. https://doi.org/10.17977/um048v24i1p29-37.

Permendiknas. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia, Nomor 22, Tahun 2006, tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Sugiyono. (2013). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Wahyuni, S., & Anugraheni. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV dalam Pembelajaran Tematik. Magistra: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 7(2), 73–82. https://doi.org/https://doi.org/10.35724/magistra.v7i2.2981.

Ziarati, I., Hayati, L., Salsabila, N. H., & Turmuzi, M. (2022). Deskripsi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Bentuk Aljabar Di Kelas VII Mts Al-Aziziyah Putra Tahun Ajaran 2021/2022. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(4), 1099–1116. https://doi.org/10.29303/griya.v2i4.246

Zilfit, H., Turmudzi, M., Wahidaturrahmi, & Baidowi. (2023). Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas X MA NW Putri Narmada Tahun Ajaran 2021/2022. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(1).

Downloads

Published

2023-09-30

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>