PENGEMBANGAN MODUL IPA BERORIENTASI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBASIS OUT DOOR STUDY UNTUK KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Marimar Universitas PGRI Palembang
  • Ali Fakhrudin Universitas PGRI Palembang
  • Patricia H. M. Lubis Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9501

Keywords:

Modul, Model CTL, IPA

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengembangkan modul IPA berorientasi model contextual teaching and learning berbasis outdoor study untuk kelas IV sekolah dasar pada materi makhluk hidup yang valid, praktis. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D). Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Jermun. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis kevalidan, analisis kepraktisan, dan analisis keefektifan. Proses analisis validitas ini dilakukan oleh 3 ahli pakar yaitu ahli media, ahli materi dan ahli bahasa dengan rata-rata 80,2% dikategorikan sangat valid. Proses analisis kepraktisan dengan mengujicobakan kepada peserta didik pada tahap uji perorangan (one to one) menggunakan 3 peserta didik dan tahap uji kelompok kecil (small group) menggunakan 8 peserta didik, setelah diujicobakan mendapat skor rata-rata 81,775%. Sehingga dikategorikan sangat praktis. Proses analisis keefektifan diujicobakan oleh peserta didik melalui uji lapangan (field test) yaitu seluruh peserta didik di kelas, setelah diujicobakan mendapat Gain-score rata-rata 0,85 dikategorikan sangat efektif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Modul IPA berorientasi model contextual teaching and learning berbasis outdoor study untuk kelas IV sekolah dasar dikategorikan sangat valid, praktis dan efektif. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, N., Lubis, P. H.M., & Sulistiawati. (2023, Maret). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Siswa Kelas XI SMA. Justek : Jurnal Sains Dan Teknoloki, Vol 6, 105-113. https://doi.org/10.31764/justek.v6i1.12495

Haryani, P., Fakhrudin, A., & Lubis, P. H. M. (2022, Septembar). PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING MATERI GEOMETRI MATEMATIKA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, Vol 7 No 3.

Yolanda, D. T., Lubis, P., & Sugiarti, S. (2020, Januari Kamis). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA SMA. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, Vol 1 No 1(rendahnya pemahaman konsep Fisika siswa), 27-36. https://doi.org/10.31851/luminous.v1i1.3444

Sugiyono, P. D. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sujana, A. (2014). Pendidikan IPA teori dan praktik. Sumedang: Rizal Nur. Suryani, K., Utami, I. S.,

Khairudin, K., Ariska, A., & Rahmadani, A. F. (2020). Pengembangan Modul Digital Berbasis STEM menggunakan Aplikasi 3D FlipBOOK pada Mata Kuliah Sistem Operasi. Mimbar Ilmu, 25(3).

Wina Sanjaya. M.Pd. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Safitri, A. N., Subiki, S., & Wahyuni, S. (2018). Pengembangan Modul Ipa Berbasis Kearifan Lokal Kopi Pada Pokok Bahasan Usaha Dan Energi Di Smp. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(1), 22. https://doi.org/10.19184/jpf.v7i1.7221

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Downloads

Published

2023-08-22

Most read articles by the same author(s)