PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KOMIK BERORIENTASI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD

Authors

  • Mita Rosada Universitas PGRI Palembang
  • Ali Fakhrudin PGSD FKIP Universitas PGRI Palembang
  • Patricia H. M. Lubis Pendidikan Fisika, Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9405

Keywords:

Reseach and Development (R&D), Bahan Ajar, Komik

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan pengembangan bahan ajar berbasis komik berorientasi pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) pada materi perubahan wujud benda kelas V Sekolah Dasar yang valid dan praktis serta juga untuk mengetahui keefektifan terhadap minat belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam peneltian ini yaitu metode Reseach and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, angket atau kuesioner, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan pada penelitian ini adalah untuk menentukkan validitas, kepraktisan, serta keefektifan komik pada materi perubahan wujud benda. Hasil penelitian yaitu pengembangan bahan ajar berbasis komik berorientasi pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dinyatakan sangat layak, berdasarkan hasil kevalidan menurut ahli media sebesar 86,73%; ahli materi 84,43%; dan ahli bahasa sebesar 81,7%. Bahan ajar berbasis komik berorientasi pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) juga dinyatakan praktis berdasarkan hasil penelitian kepraktisan pada uji lapangan kecil (small group) 72,18%. Hasil uji lapangan kelompok besar (large group) diperoleh 0,74 mengalami peningkatan dan bahan ajar berbasis komik dikategorikan  efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, N., & Lubis, P. H. M. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Siswa Kelas XI SMA. 6(1), 105–114.

Ansel, M. F., & Arafat, S. (2021). Jurnal PGSD. Jurnal PGSD, 11(2), 128–134.

Budiarti, W. N., & Haryanto, H. (2016). Pengembangan Media Komik Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas Iv. Jurnal Prima Edukasia, 4(2), 233. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i2.6295

Dasi, N. L. K., & Putra, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran E-Komik Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Materi Perubahan Wujud Benda Muatan IPA Kelas V SD. Al-Irsyad, 4(3), 354. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf

Dita, K., Puji, A., Zuliani, R., & Tangerang, U. M. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Ipa Berbasis Media Komik Di Kelas Iii Sdn Doyong 2 Kota Tangerang. Jurnal Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 1(November), 189–197.

Ferania, M., Wardani, K. W., Satya Wacana, K., Keguruan, D. F., Pendidikan, I., Kristen, U., Wacana, S., & Abstract, S. (2022). Pengembangan Media KOMPAS (Komik IPA SD) Pada Materi Perubahan Wujud Benda Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(22), 489–499. https://doi.org/10.5281/zenodo.7350382

Haryani, P., Fakhrudin, A., & Lubis, P. H. (2022). PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING MATERI GEOMETRI MATEMATIKA KELAS IV SEKOLAH DASAR. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 7(3), 95-102.

Hikmah, N., Kuswidyanarko, A., & Lubis, P. H. (2022). Pengembangan Media Pop-Up Book pada Materi Siklus Air di Kelas V SD Negeri 04 Puding Besar. JPGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 15(2), 137-148.

SAPTIADI, H. (2017). PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK SAINS BERBASIS KONTEKSTUAL PADA PEMBELAJARAN SISTEM PERNAPASAN KELAS V SEKOLAH DASAR. Jurnal Penelitian Universitas Jambi..

Nanda, K. K., Tegeh, I. M., & Sudarma, I. K. (2017). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual Kelas V di SD Negeri 1 Baktiseraga. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 05(1), 88–99.

Novalis, D., Sumarno, Y., & Paruntung, J. P. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran Kontekstual Dalam Upaya Meningkatkan Minat Belajar Pak. Edukasi: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 10(2), 27–39. http://sttbi.ac.id/journal/index.php/edukasi

Nuraini, M. F., & Wedi, A. (2021). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MATERI. 4(1), 33–40. https://doi.org/10.17977/um038v4i12021p033

Rahim, R., Suhariyanti, S., & Rahman, M. A. (2022). The development of comic-based teaching material using contextual approach to students of amalyatul huda elementary school medan. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 12(1), 1. https://doi.org/10.25273/pe.v12i1.10416

Sari, W. W., & Ritonga, R. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Komik Muatan Matematika Materi Satuan Berat Di Sekolah Dasar. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 12(2), 217–227. https://doi.org/10.31932/ve.v12i2.1338

Sugiyono. (2021). METODE PENELITIAN PENDIDIKAN (Bandung). ALFABETA.

Downloads

Published

2023-08-04

Most read articles by the same author(s)