PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNNG (PBL) BERBANTUAN MEDIA WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN GRUDO 3 NGAWI

Authors

  • Ardista Octaviana Universitas PGRI Madiun
  • Diyan Marlina Universitas PGRI Madiun
  • Naniek Kusumawati Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.9047

Keywords:

Hasil belajar IPA, Problem Based Learning (PBL), Wordwall

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media wordwall. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Analisis data yang digunakan meliputi analisis data kuantitatif dan kualitatif. Dilaksanakan dalam 2 siklus yang tiap siklusnya terdiri dari satu pertemuan. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V di SDN Grudo 3 Ngawi sebanyak 30 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada presentase aktivitas guru siklus I 75% dalam kategori baik meningkat pada siklus II 93% dalam kategori sangat baik, pada aktivitas siswa siklus I 71% dalam kategori baik meningkat pada siklus II 91% dalam kategori sangat baik, dan presentase ketuntasan klasikal siswa pada siklus I 57% meningkat pada siklus II menjadi 87%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media wordwall dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa V SDN Grudo 3 Ngawi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggara Nenohai, J., dkk. (2022). Development of Gamification-Based Wordwall Game Platform on Reaction Rate Materials. Electron. J. Chen, 14(2). DOI: http://dx.doi.org/10.17807/orbital.v14i2.16206

Arsyad, M. N., & Fatmawati, D. (2018). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Terhadap Mahasiswa IKIP Budi Utomo Malang. Dalam 188 |Jurnal Agastya (Vol. 8).

Asih. (2016). Pembelajaran IPA Menumbuhkan Karakter siswa. Prosiding Seminar Nasional PGSD UST, 20, 249-259. https://doi.org/10.5281/zenodo.1039985

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Deni Okta Nadia, D. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 8(2), 1924-1933.

Desi Indarwati, Wahyudi, & Novisita Ratu. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Penerapan Problem Based Learning Untuk Siswa Kelas V SD. Satya Widya, 30(1), 17–27.

Fakhriyah, F. (2014). Penerapan Problem Based Learning Dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Dalam JPII (Vol. 3, Nomor 1). http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii

Hosnan. 2014. Pendekatan Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.

Khairunnisa. (2023). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Berbasis TPACK pada Pembelajaran IPA Materi Siklus Air Peserta Didik Kelas IV SDN Kaloy Kecamatan Tamiang Hulu Kabupaten Aceh. Seminar Nasional LPPM UMMAT, 2, 353-361

Listin Rosdiani, Badri Munawar, & Ratna Dewi. (2021). Pelatihan Membuat Game Edukasi Wordwall Untuk Guru Di Kelurahan Karaton. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 2(2), 247–255.

Muhammad Fuad Sya’ban. (2014). Kepedulian Lingkungan dengan Pembelajaran IPA Terintegrasi Kearifan Lokal.

Nadia, A. I., dkk. (2022). Penggunaan Aplikasi Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 12(1), 33-43

Nafi’ah, Tsamrotin, dkk. (2021). Model Card Sort Berbasis Wordwall untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar. Adaptivia, 321-328

Tursinawati. (2013). Analisis Kemunculan Sikap Ilmiah Siswa Dalam Pelaksanaan Percobaan Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Pionir, 68.

Downloads

Published

2023-07-18