PENGARUH MODEL BRAIN BASED LEARNING (BBL) BERBASIS EKSPERIMEN TERHADAP BERPIKIR KRITIS PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Ilham Hadiwinata PGSD FKIP Universitas PGRI Madiun
  • Ivayuni Listiani Dosen PGSD FKIP Universitas PGRI Madiun
  • Naniek Kusumawati Dosen PGSD FKIP Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8733

Keywords:

Kata Kunci: Brain Based Learning, berbasis eksperimen, berpikir kritis

Abstract

Tujuan dari penelitian untuk mengetahui adanya pengaruh model Brain Based Learning berbasis eksperimen terhadap berpikir kritis siswa kelas V sekolah dasar dan untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan model pembelajaran Brain Based Learning . Peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Experiment. Hasil analisis data menunjukkan hasil uji normalitas berdasarkan uji Klomogrov-Smirnov > hasil dari pre-test 0.200 > 0.05 , post-test 0.200 > 0,05 kelas eksperimen, sedangkan pre-test 0,135 > 0,05 , post-test 0,087 > 0.05 kelas kontrol maka data dinyatakan normal. Berdasarkan hasil uji homogenitas menunjukkan nilai signifikasi 0,778 > 0,05 maka data bersifat homogen. Hasil uji hipotesis menunjukkan hasil analisis t-test diperoleh nilai sign-2 tailed sebesar 0,004 yang berarti nilai tersebut kurang dari 0,05 yang diartikan jika sign<0,05 maka H1 ditolak dan H0 diterima, selanjutnya diperkuat dengan rata- rata pos-test kelas eksperimen dan kontrol 85.63 > 78.13 dan diperkuat dengan angket respon siswa yang meunjukkan hasil baik dengan rata-rata 71.09 Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Brain Based Learning berpengaruh dalam meningkatkan hasil berpikir. Kata Kunci: Brain Based Learning, berbasis eksperimen, berpikir kritis

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Buku :

Ahyar, D. B., Prihastari, E. B., Setyaningsih, R., Rispatiningsih, D. M., Zanthy, L. S., Fauzi, M., ... & Kurniasari, E. (2021). Model-Model Pembelajaran. Pradina Pustaka

Payadnya, I. (2018). Putu Ade Andre, and I. Gusti Agung Ngurah Trisna Jayantika.

Sugiyono. (2019). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF DAN R & D. Alfabeta

Jurnal :

Cahyani, I. D., Fathani, A. H., & Faradiba, S. S. (2023). Brain-based learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa smp Pendahuluan. 02(01), 113–122

Ibrahim, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Brain Based Learning Terhadap Aktivitas Belajar Siswa. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 1(2), 16–30. https://doi.org/10.15575/ath.v1i2.2525

Listiani, I. (2022). OPTIMALISASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI MENGGUNAKAN BRAIN BASED LEARNING. Journal of Geography Education, 3(2

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan tujuan pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29-39. http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/AW

Firdaus, A., Nisa, L. C., & Nadhifah, N. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Barisan dan Deret Berdasarkan Gaya Berpikir. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 68–77. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.17822

Triza, H. (2023). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika tentang Listrik Dinamis dengan Metode Eksperimen Sederhana di Kelas XII IPA 1 MAN 1 Solok Penulis Koresponden : 2(1), 39–47.

Hamdani M, Prayitno BA, & Karyanto P. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Metode Eksperimen The ImproveAbility To Think Critically Through The Experimental Method. Proceeding Biology Education Conference, 16(1), 139–145.

Downloads

Published

2023-07-09

Most read articles by the same author(s)