PENGARUH MODEL BRAIN BASED LEARNING (BBL) BERBASIS EKSPERIMEN TERHADAP BERPIKIR KRITIS PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8733Keywords:
Kata Kunci: Brain Based Learning, berbasis eksperimen, berpikir kritisAbstract
Tujuan dari penelitian untuk mengetahui adanya pengaruh model Brain Based Learning berbasis eksperimen terhadap berpikir kritis siswa kelas V sekolah dasar dan untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan model pembelajaran Brain Based Learning . Peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Experiment. Hasil analisis data menunjukkan hasil uji normalitas berdasarkan uji Klomogrov-Smirnov > hasil dari pre-test 0.200 > 0.05 , post-test 0.200 > 0,05 kelas eksperimen, sedangkan pre-test 0,135 > 0,05 , post-test 0,087 > 0.05 kelas kontrol maka data dinyatakan normal. Berdasarkan hasil uji homogenitas menunjukkan nilai signifikasi 0,778 > 0,05 maka data bersifat homogen. Hasil uji hipotesis menunjukkan hasil analisis t-test diperoleh nilai sign-2 tailed sebesar 0,004 yang berarti nilai tersebut kurang dari 0,05 yang diartikan jika sign<0,05 maka H1 ditolak dan H0 diterima, selanjutnya diperkuat dengan rata- rata pos-test kelas eksperimen dan kontrol 85.63 > 78.13 dan diperkuat dengan angket respon siswa yang meunjukkan hasil baik dengan rata-rata 71.09 Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Brain Based Learning berpengaruh dalam meningkatkan hasil berpikir. Kata Kunci: Brain Based Learning, berbasis eksperimen, berpikir kritisDownloads
References
DAFTAR PUSTAKA
Buku :
Ahyar, D. B., Prihastari, E. B., Setyaningsih, R., Rispatiningsih, D. M., Zanthy, L. S., Fauzi, M., ... & Kurniasari, E. (2021). Model-Model Pembelajaran. Pradina Pustaka
Payadnya, I. (2018). Putu Ade Andre, and I. Gusti Agung Ngurah Trisna Jayantika.
Sugiyono. (2019). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF DAN R & D. Alfabeta
Jurnal :
Cahyani, I. D., Fathani, A. H., & Faradiba, S. S. (2023). Brain-based learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa smp Pendahuluan. 02(01), 113–122
Ibrahim, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Brain Based Learning Terhadap Aktivitas Belajar Siswa. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 1(2), 16–30. https://doi.org/10.15575/ath.v1i2.2525
Listiani, I. (2022). OPTIMALISASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI MENGGUNAKAN BRAIN BASED LEARNING. Journal of Geography Education, 3(2
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan tujuan pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29-39. http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/AW
Firdaus, A., Nisa, L. C., & Nadhifah, N. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Barisan dan Deret Berdasarkan Gaya Berpikir. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 68–77. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.17822
Triza, H. (2023). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika tentang Listrik Dinamis dengan Metode Eksperimen Sederhana di Kelas XII IPA 1 MAN 1 Solok Penulis Koresponden : 2(1), 39–47.
Hamdani M, Prayitno BA, & Karyanto P. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Metode Eksperimen The ImproveAbility To Think Critically Through The Experimental Method. Proceeding Biology Education Conference, 16(1), 139–145.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.