PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS LIVEWORKSHEET UNTUK MELATIHKAN KREATIVITAS PADA SISWA KELAS V SDN 2 PUCANGOMBO

Authors

  • Damara Sigit Universitas PGRI Madiun
  • Octarina Hidayatus Sholikhah PGSD FKIP Universitas PGRI Madiun
  • Naniek Kusumawati PGSD FKIP Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9272

Keywords:

LKPD, LKPDLiveworksheet, Kreativitas

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model Four-D (4-D). Subjek pada penelitian kali ini yaitu siswa kelas V SDN 2 Pucangombo, Kecamatan Tegalombo, Kabuaten Pacitan. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk menyediakan media pembelajaran alternatif sebagai pengganti media pembelajaran konvensional, dan untuk melatihkan kreativitas dalam kegiatan pembelajaran pada siswa kelas V SDN 2 Pucangombo, Kecamatan Tegalombo, Kabupaten Pacitan. Terdapat 4 tahapan yang dilakukan dalam penelitian pengembangan ini, yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), dan yang terakhir yaitu tahap penyebaran (disseminate). Hasil dari validasi ahli materi mendapatkan persentase sebesar 98% dan dapat dikategorikan kedalam kategori sangat valid, hasil dari validasi ahli media mendapatkan persentase sebesar 94% dan dapat dikategorikan kedalam kategori sangat valid, hasil dari validasi ahli bahasa mendapat persentase sebesar 92% dan dapat dikategorikan kedalam kategori sangat valid. Respon peserta didik setelah dilakukan uji coba dan diberikan angket mendapatkan persentase sebesar 97% dan dapat dikategorikan kedalam kategori sangat valid, serta respon dari guru mendapatkan persentase sebesar 92% dan dapat dikategorikan kedalam kategori sangat valid. Berdasarkan hasil penilaian kevalidan yang diberikan oleh ahli validasi serta respon yang diberikan oleh pendidik serta guru dapat ditarik kesimpulan bahwa LKPD berbasis Liveworksheet valid dan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran pada siswa kelas V SDN 2 Pucangombo.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arianti, A. (2019). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Didaktika : Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.181.

Junaidi, Jurnal, :, Pendidikan, M., & Pelatihan, D. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar (Junaidi). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 3(1), 45–56.

Khikmiyah, F. (2021). Implementasi Web Live Worksheet Berbasis Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1–12. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v6i1.1193.

Putri Haryati, P. R., Rachmadyanti, P., & Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Mp. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Liveworksheet Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas V. JPGSD, 10(7), 1473–1483.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2015

Sutria, Y., & Lubis, R. H. (2021). Zoom Meeting Cloud Application As A Distance Learning Alternative (Pjj) In The Covid-19 Pandemic. Jurnal Pendidikan Fisika, 10(2), 129.https://doi.org/10.24114/jpf.v10i2.13990

Widyaningrum, H. K., Hasanudin, C., Fitrianingsih, A., Novianti, D. E., Saddhono, K., & Supratmi, N. (2020). The Use of Edmodo Apps in Flipped Classroom Learning. How is the Students’ Creative Thinking Ability? Ingénierie Des Systèmes d Information, 25(1), 69–74. https://doi.org/10.18280/isi.250109.

Downloads

Published

2023-08-03

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>