PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MEMBANGUN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS I DI SD NEGERI KADUMERAK 1

Authors

  • Ujang Jamaludin Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Reksa Adya Pribadi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Halimatussa'adiyah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8625

Abstract

ABSTRACT One of the concerns of the teaching and learning education model in the classroom is how to create a classroom atmosphere that is conducive, fun, and motivates students to learn, one of which is by using the right learning media. The lack of use of learning media is an obstacle in the learning process with the 2013 curriculum. Based on these problems, the research aims to design and implement technology-based learning media to build students' learning motivation at SD Negeri Kadumerak 1. This article uses a method with a research and development approach with the ADDIE model design, development, and evaluation as the proposed model. We conducted an analysis before the learning media was designed, developed, and implemented as needed. The results obtained from our proposed model show a good evaluation with a good response from teachers to create a pleasant learning atmosphere in the classroom. Keywords: Teaching and Learning, Learning Motivation, Learning Media ABSTRAK Salah satu perhatian dari model pendidikan belajar mengajar di kelas adalah bagaimana menciptakan suasana kelas yang kondusif, menyenangkan, dan memotivasi peserta didik untuk belajar, salah satunya dengan menggunakan media pembelajaran yang tepat. Kekurangan penggunaan media pembelajaran menjadi kendala dalam proses pembelajaran dengan kurikulum 2013. Berdasarkan permasalahan tersebut, tujuan dilakukannya penelitian untuk merancang dan menerapkan media pembelajaran berbasis teknologi untuk membangun motivasi belajar peserta didik di SD Negeri Kadumerak 1. Artikel ini menggunakan metode dengan pendekatan penelitian dan pengembangan dengan desain, pengembangan, dan evaluasi model ADDIE sebagai model yang diusulkan. Sesuai kebutuhan, kami melakukan analisis sebelum media pembelajaran dirancang, dikembangkan, dan diimplementasikan. Hasil yang diperoleh dari model yang kami usulkan menunjukkan evaluasi yang baik dengan respon yang baik dari guru untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan di kelas. Kata Kunci: Belajar Mengajar, Media Pembelajaran, Motivasi Belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Zaki, ( 2020 ) Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa, Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 809-820

Azhar. Arsyad. ( 2016 ). Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Darnawati., & Jamiludin. (2019), Pemberdayaan Guru Melalui Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Dengan Aplikasi Articulate Storyline. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 8-16

Lisda Raihanti, Ujang Jamaludin, & M.Taufik ( 2020 ). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Powtoon Berbasis Kontekstual Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV : Attadib Journal Of Elementary Education. Vol. 4 (2)

Maulita, R., Suryana, E., & Abdurrahmansyah. (2022). Neurosains dalam Proses Belajar dan Memori . Jurnal Inovatif, 1-16

Mulyasa. ( 2014 ). Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Rosda

Nurtaniawati. (2017). Peran Guru Dan Media Pembelajaran Dalam Menstimulasi Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini. Jurnal Tunas Siliwangi, 1-20

Pratiwi, F. P., & Gunansyah, G. (2022). Pengembangan Media Kartu Bergambar untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 421-430

Reksa Adya Pribadi, Ana Nurhasanah, Muhammad Ari Syahrial. ( 2021 ) Penggunaan Media Pembelajaran Sebagai Upaya Menciptakan Pembelajaran Aktif Di Kelas : Didaktik Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang. Vol 7(2)

Satrianawati. ( 2018 ). Media dan Sumber Belajar. Yogyakarta : CV Budi Utama

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Development/R&D).Bandung: ALFABETA

Sukmadinata, Nana Syaodih. ( 2017 ). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Suwardi. Anitah. Akhyar. & Asrowi. ( 2017 ). “Relevansi Gambar Sebagai Media Dalam Buku Kajian Bertema Nilai – Nilai Pluralism Indonesia”. Jurnal Hukum Internasional, Pemerintahan dan Komunikasi, Vol 2, Edisi 6. Hal 1 – 6.

Syifa Aura, Jamaludin Ujang, Taufik Muhammad. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 Pada Materi Jenis Usaha Ekonomi dan Pengaruh Kegiatan Ekonomi di Sekolah Dasar.Volume 6 No. 2.

Teni. Nurrita. ( 2018 ). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jakarta : Misykat

Wina. Sanjaya. ( 2014 ). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenada Media Group

Downloads

Published

2023-07-11

Most read articles by the same author(s)