STRATEGI PENGEMBANGAN KETERAMPILAN LITERASI KEUANGAN PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN INTEGRATIF BERBASIS PROYEK DI SDIT WIDYA CENDEKIA KOTA SERANG

Authors

  • Reksa Adya Pribadi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • M. Taufik PGSD FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Keywords:

literasi, keuangan, pembelajaran

Abstract

Pengguna metode pembayaran buy now pay later merupakan sebuah fenomena baru yang pelakunya didominasi oleh remaja berusia 17 atau 18 tahun dan belum memiliki income tetapi sudah memiliki kebutuhan, sehingga berpotensi pada ketidakmampuan membayar utang di paylater atau dikenal dengan istilah ‘Gagal Bayar. Hal tersebut dianggap akibat dari minimnya kecerdasan finansial.  Kecerdasan finansial peserta didik dapat diberikan saat anak sudah mulai diberikan uang saku sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pengembangan keterampilan literasi keuangan peserta didik melalui pembelajaran integratif berbasis proyek di SDIT Widya Cendekia Kota Serang yang dtinjau dari tahapan perencanaan kegiatan literasi, pelaksanaan pembelajaran litrasi finansial dan keterampilan peserta didik dalam hal pengelolaan keuangan. Penelitin ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pendekatan kualitatif merupakan pendekatan yang sangat relevan untuk meneliti fenomena yang terjadi di lingkungan sekolah khususnya yang berkaitan dengan topik pengembangan keterampilan literasi finansial sehingga hasilnya dapat dijadkan sebagai inspirasi dan refrensi untuk melaksanakan kegiatan pengembangan keterampilan literasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 4 konsep dasar mengelola keuangan yang diperkenalkan pada peserta didik di SDIT Widya Cendekia dengan cara yang menyenangkan dan sesuai dunia mereka, konsep tersebut diantaranya adalah Earn (Mendapatkan), Save (Menabung), Spend (Belanja), dan Donate (Menyumbang). SDIT Widya Cendekia mensitimulus peserta didik dengan memberikan tanggung jawab mengelola pada berbagai kegiatan seperti kegiatan Market Day, Bersedekah Seribu Sehari (BERSERI), Tabungan harian dan beberapa kegiatan lainnya. sehingga hasilnya dapat dijadkan sebagai inspirasi dan refrensi untuk melaksanakan kegiatan pengembangan keterampilan literasi khususnya literasi finansial di sekolah-sekolah yang berada di Kota Serang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chen, H, dan Volpe, R.P. (1998) An Analysis of Personal Financial Literacy Among College Students 7 (2). 107-128. JAI Press.Inc

J.Moleong, Lexy.2014. Metode Penelitian Kualitatif , Edisi Revisi. PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Joseph, C. N. (2020). Pengaruh literasi keuangan dan faktor demografi terhadap perilaku pengelolaan keuangan pribadi pada dosen-dosen fakultas ekonomi UKIM. Jurnal Soso-Q, 8(1), 1-11.

Poddala, P., & Alimuddin, M. (2023). Meningkatkan literasi keuangan pada generasi milenial. Journal Of Career Development, 1(2).

Ulum, I., Harviana, R. R., Zubaidah, S., & Jati, A. W. (2019). Intellectual capital disclosure and prospective student interest: an Indonesian perspectives. Cogent Business & Management, 6(1),1707041.

Yushita, A. N. 2017. “Pentingnya Literasi Keuangan Bagi Pengelolaan Keuangan Pribadi.” VI:15.

Downloads

Published

2024-09-30