PEMANFAATAN SARANA DAN PRASARANA SEBAGAI PENUNJANG MINAT DAN BAKAT MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER ROBOTIK

Authors

  • Reksa Adya Pribadi PGSD FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Chanesaa Hestiani Putri Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Hanifah Aulia Balqis PGSD FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Muhamad Ainun Najib PGSD FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11130

Keywords:

Kata Kunci: Sarana dan Prasarana, Minat Bakat, Robotik

Abstract

ABSTRACT Generation Z's proficiency in utilizing the internet can lead to the emergence of children's interests and talents in technological advancement. Technology as a support for the interests and talents of students needs to be utilized. If technology is utilized properly, the results will also be good and useful. Habituation to use tools related to technology from an early age can be realized and implemented in the form of activities. Activities at home that can support the habituation of the younger generation in technology are using gadget media when studying with children, playing cars that are driven by a remote controller, and others. Then activities at school that can support the habituation of technology include using projectors in learning activities, getting used to operating computers, and also developing interests and talents through extracurricular robotics. The research used a qualitative approach with a descriptive method, where the data collection used data in the form of words, and images. So that researchers examine data derived from the results of interviews, observations, and documentation of all matters relating to the utilization of facilities and infrastructure as supporting the development of interests and talents through extracurricular robotic activities at SD YPWKS IV Cilegon. With extracurricular robotics activities, students can develop their potential, interests and talents in technology. From the results of the research obtained by the researcher, it shows an increase in technological proficiency and systematic thinking of students, the sharpening of cooperation skills, creativity and imagination.   ABSTRAK Mahirnya generasi Z dalam memanfaatkan internet, dapat menyebabkan timbulnya minat dan bakat anak dalam kemajuan teknologi. Teknologi sebagai penunjang minat dan bakat para peserta didik perlu dimanfaatkan. Jika teknologi dimanfaatkan dengan baik dan semestinya, maka hasilnya juga akan baik dan bermanfaat. Pembiasaan menggunakan alat-alat yang berkaitan dengan teknologi sejak dini ini, dapat diwujudkan dan diimplementasikan dalam bentuk kegiatan. Kegiatan di rumah yang dapat mendukung pembiasaan generasi muda dalam berteknologi adalah menggunakan media gadget saat belajar bersama anak, bermain mobil-mobilan yang digerakkan dengan remote controller, dan lain-lain. Lalu kegiatan di sekolah yang dapat mendukung pembiasaan berteknologi antara lain menggunakan proyektor dalam kegiatan pembelajaran, pembiasaan mengoperasikan komputer, dan juga pengembangan minat dan bakat melalui ekstrakurikuler robotik. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, dimana pengumpulan datanya menggunakan data yang berupa kata-kata, dan gambar. Sehingga peneliti mengkaji data yang berasal dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi segala hal yang berkaitan dengan pemanfaatan sarana dan prasarana sebagai penunjang pengembangan minat dan bakat melalui kegiatan ekstrakurikuler robotik di SD YPWKS IV Cilegon. Dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler robotik, peserta didik dapat mengembangkan potensi, minat dan bakat dalam berteknologi. Dari hasil penelitian yang diperoleh peneliti, menunjukan adanya peningkatan kemahiran berteknologi serta pemikiran peserta didik yang sistematis, terasahnya keterampilan bekerja sama, kreativitas dan imajinasi.    

Downloads

Download data is not yet available.

References

Annisa, Zahra. 2018. “Hubungan Antara Kontrol Diri Dan Perilaku Konsumtif Pembelian Produk K-Pop Pada Mahasiswa Perempuan Penggemar K-Pop.” Skripsi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta (April):13–15.

Baehaqi, Kholil, and Arif Rohman Hakim. 2020. “Peran Ekstrakulikuler Keagamaan Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Di SMAN 1 Ciwaringin.” Jurnal Pendidikan Indonesia 1(01):27–39. doi: 10.36418/japendi.v1i1.9.

BPS. (2021). Proporsi Remaja Dan Dewasa Usia 15-59 Tahun Dengan Keterampilan Teknologi Informasi Dan Komputer (TIK) Menurut Daerah Tempat Tinggal (Persen), 2019-2021. Retrieved from bps.go.id: https://www.bps.go.id/indicator/28/1449/1/proporsi-remaja-dan-dewasa-usia-15-59-tahun-dengan-keterampilan-teknologi-informasi-dan-komputer-tik-menurut-daerah-tempat-tinggal.html

Fajri, Izzah Aminah. 2023. “Implementasi Perencanaan Program Ekstrakurikuler Di SMP IT Az Zahra Lampung Selatan.” UIN Raden Intan Lampung.

Fatmawati, Nur, Andi Mappincara, and Sitti Habibah. 2019. “Pemanfaatan Dan Pemeliharaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan.” Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran 3(2):115–21.

Husni, Nyayu Latifah, Ade Silvia Handayani, Ekawati Prihatini, Masayu Anisah, Politeknik Negeri Sriwijaya, and Politeknik Negeri Sriwijaya. 2019. “Peningkatan Minat Anak Di Bidang Robotika.” Snaptekmas 1(1):116–26.

Indonesia. (n.d.). Undang-Undang No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Indonesia. (n.d.). Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional Tentang Sarana Serta Prasarana Pendidikan.

Meria, Aziza. 2018. “Ekstrakurikuler Dalam Mengembangkan Diri Peserta Didik Di Lembaga Pendidikan.” Turast : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian 6(2). doi: 10.15548/turast.v6i2.70.

Mirzazoni, Arnita, and Cahayahati. 2022. “Sosialisasi Dan Pelatihan Dasar-Dasar Pemograman Robot Beroda Untuk Siswa SMAN 1 Batusangkar.” Jurnal Impelentasi Riset 2(1):1–8.

Munastiwi, Erni. 2019. “Manajemen Ekstrakurikuler Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).” MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 3(2):369–80. doi: 10.14421/manageria.2018.32-09.

Murbowo, Korni Mufarola dan Anggiat Rio. 2019. “Manfaat Pembelajaran Robotika Untuk Belajar Siswa.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang 12 Januari 2019 407–17.

Nafi’ah, Siti Anisatun, and Muhammad Islakhudin. 2020. “Pengaruh Rasio Siswa Terhadap Perkembangan Kognitif Peserta Didik Di Mi Ma’Arif Ngampeldento Salaman Kab.Magelang Jawa Tengah.” ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal 8(1):139. doi: 10.21043/elementary.v8i1.6839.

Noor, I. A. 2021. “Penggunaan Metode Presentasi Untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMPN 1 Sungai Loban.” Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam 1(1):397–409.

Setyarsih, Woro, and Lydia Rohmawat. 2020. “Edukasi Robotika Siswa SDN Kecamatan Gayungan Surabaya Dan Pengembangan Softskillnya.” Abdi 6(1):65–74.

Sidiq, Umar, and Miftachul Choiri. 2019. Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. Vol. 53.

Sole, Ferdinandus Bele, and Desak Made Anggraeni. 2018. “Inovasi Pembelajaran Elektronik Dan Tantangan Guru Abad 21.” Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika 2(1):10. doi: 10.36312/e-saintika.v2i1.79.

Susanti, Atika and Darmansyah, Ady. 2023. Analisis Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Bernalar Kritis di SD Negeri 44 Kota Bengkulu. EduBase: Journal of Basic Education, 4(2), 201-212.

Suwarsono, Rossy Miselina, and Abdul Muhid. 2020. “Pengaruh Kegiatan Robotika Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Usia SD.” Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara 6(1):136–46. doi: 10.29407/jpdn.v6i1.14555.

Wanto, Anjar, Dedi Suhendro, and Agus Perdana Windarto. 2018. “Pelatihan Dan Bimbingan Dalam Pemanfaatan Internet Yang Baik Dan Aman Bagi Pelajar SMK Anak Bangsa Desa Bandar Siantar Kabupaten Simalungun.” E-DIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 9(2):149–57.

Wibowo, Y. R. 2021. “Peran Pendidik Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas IV SD IT Baitul Muslim Way Jepara Pada Masa Pamdemi COVID-19.” UIN Raden Intan Lampung.

Wulandari, C. 2018. “Implementasi Program Pembinaan Minat, Bakat, Dan Kreativitas Siswa Di SLB Negeri 1 Bantul.” Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan 273–86.

Downloads

Published

2023-12-07