PERAN GURU DALAM MENGEMBANGAKAN KETERAMPILAN KOLABORASI PADA PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH

Authors

  • Wildan Farih Muhammad Rafdi farih Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Ujang Jamaludin PGSD FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Zerri Rahman Hakim PGSD FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.15671

Keywords:

peran guru, pemecahan masalah, kolaborasi

Abstract

Dalam era globalisasi dan perkembangan teknologi yang semakin pesat, peserta didik dituntut untuk memiliki keterampilan yang lebih komprehensif dan holistik untuk menghadapi tantangan masa depan. Penelitian ini ditulis bertujuan untuk megetahui bagaimana peran guru dalam merencanakan pembelajaran dengan model problem solving. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif, pengumpulan datanya menggunakan data yang berupa kata-kata, gambar, dan angka-angka. Dan juga penelitian ini menggunakan Triangulasi Teknik pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dimulai sejak bulan januari 2024 hingga bulan mei 2024 untuk mencatat hal-hal yang terjadi, wawancara kepada beberapa narasumber seperti Kepala SD Cendekia Islamic School, Guru Kelas IV dan guru kelas I, melakukan analisis yang berkaitan dengan masalah penelitian.  Hasil penelitian ini membahas mengenai peran guru dalam merencanakan pembelajaran dengan model problem solving. Bagi Guru diharapkan lebih matang lagi dalam mempersiapkan kegiatan pembelajaran agar pada saat pelaksanaannya dapat berjalan dengan baik sesuai yang diharapkan. Bagi kepala sekolah, diharapkan dapat membantu para guru dalam mengatasi permasalahan dalam proses pelaksanaan kegiatan. Bagi peneliti selanjutnya, penelitian ini masih dalam ruang lingkup yang terbatas, sehingga masih banyak aspek lain yang belum terungkap.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriono, D. (2013). PEMBELAJARAN KOLABORATIF: Suatu Landasan untuk Membangun Kebersamaan dan Keterampilan Kerjasama. Jurnal Diklus Pendidikan Luar Sekolah, 17 (1), 292-304.

Hartina, A. W., Wahyudi., & Permana, I. (2022). Dampak Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi dalam Pembelajaran Tematik. Journal of Education Action Research, 6 (3), 341-347.

Hikmah, N. H., & Siswono, T. Y. E. (2020). Profil Collaborative Problem Solving Siswa Kelas IX dalam memecahkan masalah Aljabar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 701-710.

Kunandar. 2011. Guru Profesional (Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Moleong, L. (2014). Metode Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Nilakusmawati, D. P. E., & Asih, N. M. (2012). Kajian Teoritis Beberapa Model Pembelajaran. Modul, Universitas Udayana.

Ngalimun. 2017. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Dua Satria Offet.

Nursyifa, A. (2018). Sosialisasi Peran Penting Keluarga Sebagai Upaya Pencegahan Dampak Negatif Teknologi Pada Anak dalam Era Digital. Proseding of Community Development Universitas Pamulang, 2: 1-5.

Rahmawati, A., Fadiawati, N., & Diawati, C. (2019). Analisis Keterampilan Berkolaborasi Siswa SMA pada Pembelajarn Berbasis Proyek Daur Ulang Minyak Jelantah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 8 (2), 430-443.

Sears, DA, & Reagin, JM (2013). Pemecahan masalah individu versus kolaboratif: Hasil yang berbeda bergantung pada kompleksitas tugas.ilmu instruksional,41, 1153-1172.

Downloads

Published

2024-06-22

Most read articles by the same author(s)