PENINGKATAN HASIL BELAJAR KELILING BANGUN DATAR SISWA KELAS 3 SDN 01 PANDEAN MELALUI PEMANFAATAN MEDIA FLIPBOOK

Authors

  • Ghada Ayundari Universitas PGRI Madiun
  • Ibadullah Malawi Universitas PGRI Madiun
  • Sukirno SDN 01 Pandean Kota Madiun

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7775

Keywords:

Peningkatan hasil belajar siswa, Keliling bangun datar, Media flipbook

Abstract

Penelitian ini mengenai peningkatan hasil belajar materi keliling bangun datar menggunakan flipbook siswa kelas 3 SDN 01 Pandean kota madiun. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan menerapkan penelitian tindakan kelas (PTK). Pengumpulan data dilakukan dengan observasi kelas, tes individu serta didukung oleh angket dan wawancara dengan siswa dan guru. Hasil data penelitian memperlihatkan penggunaan media flipbook berdampak secara signifikan dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi keliling bangun datar. Dalam siklus 1 terdapat 67 % siswa yang tuntas secara optimal. sedangkan pada siklus 2 terdapat 93% siswa yang mencapai target belajar dan hanya 7% siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar. Siswa memberikan tanggapan positif terkait dengan penggunaan flipbook dalam pembelajaran, yang dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar mengajar. Sehingga, disarankan agar guru dapat mempertimbangkan penggunaan media flipbook sebagai media pembelajaran dalam mengajarkan Materi menghitung keliling bangun datar. Selain itu, Penting untuk dilakukan pelatihan dan pengenalan kepada guru-guru Pemanfaatan media flipbook dalam proses pembelajaran Kata kunci: Peningkatan hasil belajar siswa, Keliling bangun datar, Media flipbook

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asfihani, K. (2019). Komik Strip Untuk Media Pembelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2), 58. https://doi.org/10.30659/pendas.6.2.58-67

Firmansyah, G., Hariyanto, D., & Kurniawan, R. (2019). Pengaruh Bahan Ajar Berbasis Qr Code Terhadap Motivasi Belajar Dan Keterampilan Dasar Bermain Tenis Meja. Prosiding Seminar Nasional IPTEK Olahraga, 2(1), 29–31. https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/semnassenalog/article/view/589

Ginanjar, A. Y. (2019). Pentingnya Penguasaan Konsep Matematika Dalam Pemecahan Masalah Matematika di SD. Jurnal Pendidikan UNIGA, 13(1), 121–129. www.jurnal.uniga.ac.id

Hawa, S., & Yosef, Y. (2019). Aplikasi Metode Scamper Dalam Pengembangan Desain Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 143–152. https://doi.org/10.22342/jpm.13.2.6749.143-152

Magdalena, I., Prabandani, R. O., Rini, E. S., Fitriani, M. A., & Putri, A. A. (2020). Analisis Pengembangan Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 170–187. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

Media, P., Flipbook, P., Guna, D., Proses, M., & Di, P. (2020). JDPP. 3800.

Oktaviana, N., Nayazik, A., Arga, H., & Rani, D. (2019). EFEKTIVITAS PENERAPAN E-MODUL BERBASIS KVISOFT FLIPBOOK Volume XX , Nomor XX , Maret 2018 motivasi guru dalam menerapkan media interaktif khususnya pada mata pelajaran matematika agar pembelajaran menjadi lebih efektif digunakan , sama halnya bagi siswa b. 2.

Permatasari, K. G. (2021). Problematika pembelajaran matematika di sekolah dasar/ madrasah ibtidaiyah. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 17(1), 68–84. http://www.jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/96

Rahayuningsih, S. S., Soesilo, T. D., & Kurniawan, M. (2019). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bermain Dengan Media Kotak Pintar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 11–18. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i1.p11-18

Rosyada, T. A., Sari, Y., & Cahyaningtyas, A. P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (Rme) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2), 116. https://doi.org/10.30659/pendas.6.2.116-23

Sari, L., Taufina, T., & Fachruddin, F. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan Menggunakan Model PJBL di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 813–820. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.434

Setyowati, N., & Mawardi. (2018). Sinergi Project Based Learning dan Pembelajaran Bermakna Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika The Synergy Of Project Based Learning And Meaningful Learning To Increase Mathematics Learning Outcomes. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 253–263.

Sumartiwi, N. M., & Ujianti, P. R. (2022). Media Pembelajaran Asfihani, K. (2019). Komik Strip Untuk Media Pembelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2), 58. https://doi.org/10.30659/pendas.6.2.58-67

Firmansyah, G., Hariyanto, D., & Kurniawan, R. (2019). Pengaruh Bahan Ajar Berbasis Qr Code Terhadap Motivasi Belajar Dan Keterampilan Dasar Bermain Tenis Meja. Prosiding Seminar Nasional IPTEK Olahraga, 2(1), 29–31. https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/semnassenalog/article/view/589

Ginanjar, A. Y. (2019). Pentingnya Penguasaan Konsep Matematika Dalam Pemecahan Masalah Matematika di SD. Jurnal Pendidikan UNIGA, 13(1), 121–129. www.jurnal.uniga.ac.id

Hawa, S., & Yosef, Y. (2019). Aplikasi Metode Scamper Dalam Pengembangan Desain Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 143–152. https://doi.org/10.22342/jpm.13.2.6749.143-152

Magdalena, I., Prabandani, R. O., Rini, E. S., Fitriani, M. A., & Putri, A. A. (2020). Analisis Pengembangan Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 170–187. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

Media, P., Flipbook, P., Guna, D., Proses, M., & Di, P. (2020). JDPP. 3800.

Oktaviana, N., Nayazik, A., Arga, H., & Rani, D. (2019). EFEKTIVITAS PENERAPAN E-MODUL BERBASIS KVISOFT FLIPBOOK Volume XX , Nomor XX , Maret 2018 motivasi guru dalam menerapkan media interaktif khususnya pada mata pelajaran matematika agar pembelajaran menjadi lebih efektif digunakan , sama halnya bagi siswa b. 2.

Permatasari, K. G. (2021). Problematika pembelajaran matematika di sekolah dasar/ madrasah ibtidaiyah. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 17(1), 68–84. http://www.jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/96

Rahayuningsih, S. S., Soesilo, T. D., & Kurniawan, M. (2019). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bermain Dengan Media Kotak Pintar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 11–18. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i1.p11-18

Rosyada, T. A., Sari, Y., & Cahyaningtyas, A. P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (Rme) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2), 116. https://doi.org/10.30659/pendas.6.2.116-23

Sari, L., Taufina, T., & Fachruddin, F. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan Menggunakan Model PJBL di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 813–820. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.434

Setyowati, N., & Mawardi. (2018). Sinergi Project Based Learning dan Pembelajaran Bermakna Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika The Synergy Of Project Based Learning And Meaningful Learning To Increase Mathematics Learning Outcomes. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 253–263.

Sumartiwi, N. M., & Ujianti, P. R. (2022). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva Pada Materi Keliling dan Luas Lingkaran. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(2), 220–230. https://doi.org/10.23887/jp2.v5i2.47626

Yuliana Sari`, E., & Esti Windari, G. (2019). Analisis Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika Kelas Iv Di Sdn Ii Geger Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2017/2018. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, IV, 111–124. https://doi.org/10.23969/jp.v4i1.1022

Zulfatin Nihayah, A., Fakhriyah, F., & Arsyad Fardani, M. (2020). Penerapan Model Contextual Teaching and Learning Berbantuan Media Pop-Up Book Untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa Sd. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, V(Vol 5 Nomor 2 Desember 2020). https://doi.org/10.23969/jp.v5i2.3424

Downloads

Published

2023-05-26

Most read articles by the same author(s)