PENERAPAN MEDIA PAPAN TEMPEL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI LUAS BANGUN DATAR SISWA KELAS III SDN 01 TAMAN KOTA MADIUN

Authors

  • Eka Puspita Sari Universitas PGRI Madiun
  • Ibadullah Malawi Universitas PGRI Madiun
  • Dwi Susanto Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14097

Keywords:

Hasil Belajar, Luas Bangun Datar, Media Papan Tempel

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas III C SDN 01 Taman Kota Madiun terhadap materi pembelajaran luas bangun datar melalui penggunaan media pembelajaran papan tempel. Penelitian ini dilakukan pada tahun ajaran 2023 / 2024 dengan subjek penelitian berjumlah 28 peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaborasi. Penelitian Tindakan Kelas merupakan salah satu penelitian yang dilakukan oleh peneliti yang bekerjasama dengan guru kelas serta dosen penguji yang dilakukan di kelas atau di sekolahan dengan penekanan pada penyempurnaan serta peningkatan proses dan praktis pembelajaran. Penelitian yang dilaksanakan ini menggunakan beberapa tahapan yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observasi), dan refleksi (reflecting). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Dari 28 peserta didik, terdapat 10 diantaranya yang belum mencapai nilai ketuntasan KKM. Melalui penggunaan media papan temple, peserta didik mampu focus terhadap pembelajaran. Hal ini telah disajikan berupa data dalam bentuk diagram batang dengan benar dan mencapai ketetapan tujuan pembelajaran 100%. Presentase awal ketuntasan pada siklus I yaitu 70%, lalu mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 100%. Penggunaan media papan tempel pada materi pembelajaran luas bangun datar sangat berupaya efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan kelebihan dan kekurangan dalam penggunaan media papan tempel. Adapun kelebihannya yaitu dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik serta aktif dalam pembelajaran dan pembelajaran tidak monoton. Sedangkan kekurangannya yaitu kondisi kelas yang kurang kondusif, sehingga menjadikan perhatian guru terganggu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, D. I., Mastur, Z., Sutarto, H. (2015). Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Learning Bernuansa Etnomatematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII. Unnes: Journal of Mathematics Education, 4.

Arends, Richard I. (2008). Learning to Teach. New York: McGraw Hill Companies, Inc.

Astuti, A., Leonard. (2012). Peran Kemampuan Komunikasi Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Institute for Research and Community Services (LPPM) Universitas Indraprasta PGRI: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2), 102-110.

Castro Garces A. Y., Martinez G. L. (2016). The Role of Collaborative Action Research in Teachers’ Professional Development. Profile Issues in Teachers’ Professional Development, 18(1), 39-54.

Fadlillah. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Kamarullah. (2017). Pendidikan Matematika di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21-32.

Khasinah, Siti. (2013). Classroom Action Research. Jurnal Pionir, 4(1).

Kurniawan, M. C. D. (2019). Pengembangan Media Papan “Prediksi Penuh Bukti” Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 3(1), 1-24.

Malrc, P. (2011). From Digitall Naltives to Digitall Wisdom. New York: Purwoko, Balngkit.

Marwani. (2019). Peningkatan Pemahaman Materi Bangun Datar dengan Menggunakan Media Kertas Origami Pada Siswa Kelas VI MI Datok Sulaiman Putra. PiJIES: Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 2(1), 55-66.

Paizaluddin M., Ermalinda M. (2016). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) Panduan Teoritis dan Praktis. Bandung: Alfabeta.

Puspitaningrum, P. M. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Game Kelas IV SD Negeri Carikan. SENASSDRA: Jurnal Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora, 2(2), 208-215.

Ruqoyyah, dkk. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep dan Resiliensi Matematika dengan VBA Microsoft Exel. Purwakarti: CV Tree Alea Jacta Pendagogi.

Sumirat, I., Trimurtini., & Wahyuningsih, T. (2016). Pengaruh Praktik Jarimatika Terhadap Keterampilan Berhitung Perkalian Pada Siswa Kelas II SD. Jurnal Kreatif: Jurnal Kependidikan Dasar, 7(1), 63-72

Tirtarahardja, U. 2005. Pengantar Pendidikan. Cetakan II. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Ulya, H., Rahayu, R. (2017). Pembelajaran Treffinger Berbantuan Permainan Tradisional Congklak Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikalsi Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(1), 48.

Upu, H., Djadir, Asyari S. (2017). The Fifth Graders’ Mathematization Process in Solving Contextual Problems. World Transactions on Engineering and Technology Education, 15(2),195-199.

Wahyuningtyas, R., Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya Media dalam Pembelajaran Guna Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 23–27.

Downloads

Published

2024-06-09

Most read articles by the same author(s)