PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI SATUAN WAKTU PADA SISWA KELAS III SDN 01 TAMAN

Authors

  • Desta Nurrachmawati Said Universitas PGRI Madiun
  • Ibadullah Malawi Universitas PGRI Madiun
  • Dwi Susanto SDN 01 Taman

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14114

Keywords:

Satuan Waktu, Matematika, Problem Based Learning

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dilatarbelakangi dari permasalahan siswa yang mengganggap mata pelajaran matematika itu sulit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan memahami siswa dengan materi satuan waktu mata pelajaran matematika pada siswa kelas III B SDN 01 Taman Kota Madiun Tahun Pelajaran 2023/2024. Hasil awal yang didapatkan peneliti pada prasiklus dimana diambil dari data guru wali kelas menunjukkan 70% dari 28 siswa tidak mencapai ketuntasan kriteria ketuntasan minimum (KKM) yaitu 75. Dari hal tersebut penelitian ini dilaksanakan untuk dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas III B SDN 01 Taman Kota Madiun dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Model pembelajaran ini digunakan dengan berdasarkan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Jenis penilitan yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Dengan dua kali siklus, siklus I dan siklus I. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu teknik tes dan teknik non-tes. Berdasarkan dari hasil temuan pada penelitian ini, siklus I siswa kelas III B yang mengalami peningkatan ketuntasan 71% sedangkan pada siklus II siswa mengalami peningkatan ketuntasan menjadi 86%. Dari hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan pemahaman materi satuan waktu pada siswa kelas III B SDN 01 Taman Kota Madiun.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andhany, M. D. P., Huda, C., & Susanto, J. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Materi Satuan Waktu Tema 6 Melalui Model Problem Based Learning (PBL) dengan Media Zoom Meeting dan Audiovisual Pada Siswa Kelas III SDN Maoskidul 03 Tahun Pelajaran 2020/2021. KASTARA KARYA : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 1(2), 75–82.

Azzahra, D., Indriani, E. D., Nabila, K. S., & Komariah. (2023). Penerapan Model PBL Pada Materi Satuan Waktu Di Kelas III Untuk Mengetahui Hasil Belajar Siswa Di SDN 09 Cibiru. NNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2), 11721–11727. https://doi.org/10.47467/tarbiatuna.v4i1.4748

Basri, N. (2023). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN MATERI HAK DAN KEWAJIBAN DI SEKOLAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING SISWA KELAS III SD NEGERI 26 KOTA TERNATE. Jurnal PENDAS : Pendidikan Dasar, 5(1), 54–66. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf

Eprilia, W., Damayanti, D., & Hasmalena. (2023). Model PBL Berbasis Kearifan Lokal Kota Palembang untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi pada Materi Pecahan kelas 3 SD. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 1388–1401. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i2.5144

Fauziah, M. P., & Ninawati, M. (2022). Pengembangan Media Audio Visual (Video) Animasi Berbasis Doratoon Materi Hak dan Kewajiban Penggunaan Sumber Energi Mata Pelajaran PPKn di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6505–6513. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Prasetia, H. M. &, & Waspodo, T. S. (2019). PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP PEMAHAMAN SISWA MENGENAI HAK DAN KEWAJIBAN SISWA SEKOLAH DASAR SEBAGAI WARGA NEGARA. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 5(2).

Rajagukguk, N. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Materi Satuan Waktu Melalui Penerapan Metode Make a Match. Journal on Education, 04(01), 38–49. https://doi.org/10.31004/joe.v4i1.404

Salsabila, A. A., Anatasya, E., Cahyani, K., & Dewi, D. A. (2021). Penanaman Hak dan Kewajiban untuk Generasi Bangsa melalui Metode Pembelajaran Role Playing di Sekolah Dasar. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(3), 1–6. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i3.163

Saputri, A. N., Krisandi, A. D. S., & Sarwi, M. (2022). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Pada Materi Satuan Waktu Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Siswa Kelas III SD Negeri Cinyawang 02 Semester 2 Tahun Pelajaran 2020/2021. Educatif Journal of Education Research, 4(1), 59–64. https://doi.org/10.36654/educatif.v4i1.94

Susilowati, D. (2018). PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) SOLUSI ALTERNATIF PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN. Edunomika, 02(01), 36–46.

Downloads

Published

2024-06-02

Most read articles by the same author(s)