PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA LESAT (LUAS PERSEGI SATUAN) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SDN 01 TAMAN KOTA MADIUN

Authors

  • Amalia Nur Rochmah Universitas PGRI Madiun
  • Ibadullah Malawi Universitas PGRI Madiun
  • Dwi Susanto SDN 01 Taman

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14113

Keywords:

Problem Based Learning, Media LESAT (Luas Persegi Satuan), Hasil Belajar

Abstract

Faktor utama rendahnya hasil belajar Matematika disebabkan oleh media pembelajaran yang kurang inovatif dan menarik, sehingga kurangnya ketertarikan siswa mempelajari suatu materi. Berdasarakan hal tersebut, maka diadakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III. Subjek penelitian ini siswa kelas III yang berjumlah 27 siswa terdiri atas 18 laki-laki dan 9 perempuan. Objek penelitian adalah hasil belajar matematika materi luas persegi satuan. Dalam pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik non tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berbantukan media LESAT (luas persegi satuan) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III. Hal ini diketahui dari persentase hasil belajar siswa di atas KKM pada pra siklus sebesar 67% atau 18 siswa, siklus I sebesar 81% atau 22 siswa, dan siklus II sebesar 96% atau 26 siswa, Sedangkan persentase siswa di bawah KKM pada pra siklus sebesar 33% atau 9 siswa, siklus I 19% atau 5 siswa, siklus II 4% atau 1 siswa. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media LESAT (luas persegi satuan) dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa Kelas III SDN 01 Taman Kota Madiun.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Majid. (2012). Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT. Rosdakarya.

Delisle, R. (1997). How to use problem-based learning in the classroom. Alexandria: ASCD.

Hamalik, Oemar. (2007). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Haryati, S. (2017). Belajar & pembelajaran berbasis cooperative learning. Magelang: Graha Cendekia.

Jailani, J., Sugiman, S., & Apino, E. (2017). Implementing the problem-based learning in order to improve the students’ HOTS and characters. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 247-259.

Kurniasih I, Sani B. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena

Nurkholis. (2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(1), 24-44

Pahlawan, U., & Tambusaii, T. (2019). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar Rizki Ananda 1. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 1–8.

Ruhyana. (2016). Analisis Kesulitan siswa dalam pemecahan masalah matematika. Jurnal computech & Bisnis. Vol.10, 106-118

Sadiman Arif. (2011). Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers

Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Rahardjito. (2011). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Syudirman dkk. (2020). Model Pembelajaran Berbasis Nilai Dengan Pendekatan Saintifik. Pekalongan: PT Nasya Expanding Management.

Taman Firdaus. (2012). Pembelajaran Aktif: Aspek, Teori dan Implementasi. Yogyakarta: Elmatera

Warsono & Hariyanto. (2012).Pembelajaran Aktif: Teori dan Asesmen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Downloads

Published

2024-06-02

Most read articles by the same author(s)