PENERAPAN METODE DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS 3 SDN 01 TAMAN KOTA MADIUN

Authors

  • Ika Rizky Rahmaningtyas Universitas PGRI Madiun
  • Ibadullah Malawi Universitas PGRI Madiun
  • Dwi Susanto SDN 01 Taman Kota Madiun

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14106

Keywords:

discovery learning, berpikir kreatif, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan model Discovery Learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas III SDN 01 Taman Kota Madiu . Penelitian ini dilaksanakan di SDN 01 Taman Kota Madiun. Jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berlangsung dalam 2 siklus. Satu siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian siswa kelas III  berjumlah 28 siswa. Pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Kondisi awal persentase kemampuan berpikir kreatif 25,5% skor rata-rata 10,8. Ketuntasan hasil belajar 38% rata-rata 60 nilai tertinggi 71,5 dan terendah 40. Siklus I, kemampuan berpikir kreatif siswa 70%, skor rata-rata 25,20. Persentase hasil belajar 65,5%, rata-rata 76,28, nilai tertinggi 89 dan terendah 63. Siklus II, persentase kemampuan berpikir kreatif 83% , rata-rata 30,5. Hasil belajar 94,5%, rata-rata 86,73, nilai tertinggi 95 dan terendah 72. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model Discovery Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas III SDN 01 Taman Kota Madiun

Downloads

Download data is not yet available.

References

(Shanthi & Maghfiroh, 2020)Budi Permana, A., & Pujiastuti, P. (2017). Pengembangan Buku Ajar Tematik Integratif Berbasis Discovery Learning Dalam Peningkatan Motivasi Belajar Dan Karakter Tanggung Jawab. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1), 46–55. https://doi.org/10.21831/jpk.v7i1.15499

Cintia, N. I., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Siswa. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(1), 67–75. https://doi.org/10.21009/pip.321.8

Marisya, A., & Sukma, E. (2020). Konsep Model Discovery Learning pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Menurut Pandangan Para Ahli. Jurnal Pendidikan Tambusa, 4(3), 2191.

Mitra, Y., & Taufik, T. (2023). Penerapan Model Discovery Learning (Dl) Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas Iv Sekolah Dasar (Studi Literatur). E-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar, 10(2), 173. https://doi.org/10.24036/e-jipsd.v10i2.10428

Shanthi, R. V., & Maghfiroh, N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Pembelajaran Tematik Di MI Ma’arif Pulutan. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan Keislaman, 11(1), 37. https://doi.org/10.31942/mgs.v11i1.3459

Suriadi, N. N. (2023). Implementasi model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar bahasa indonesia. Indonesian Journal of Educational Development, 3(4), 484–494. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/ijed/article/view/2346%0Ahttps://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/ijed/article/download/2346/1831

Wahyunita, W., Juhari, A. A., & Armella, R. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tematik Melalui Model Discovery Learning. SIPPG: Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 47–58.

Downloads

Published

2024-06-09

Most read articles by the same author(s)