PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN PELAJARAN PPKN SISWA KELAS III SDN 01 TAMAN KOTA MADIUN

Authors

  • Dewi Pamungkasari Universitas PGRI Madiun
  • Ibadullah Malawi Universitas PGRI Madiun
  • Dwi Susanto SDN 01 Taman

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14110

Keywords:

Model Pembelajaran Make A Match, Hasil Belajar, Muatan Pelajaran PPKN

Abstract

ABSTRAK   Penelitian ini bertujuan menerapkan model pembelajaran make a match untuk meningkatkan hasil belajar PKN siswa kelas III A SDN 01 Taman Kota Madiun. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III A SDN 01 Taman yang berjumlah 28 siswa yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Metode pengumpulan data menggunakan teknik tes dan observasi. Kriteria keberhasilan tindakan ini ditentukan apabila hasil belajar siswa mencapai ≥ 75% dari keseluruhan siswa dengan hasil belajar tuntas. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pada kegiatan pra siklus siswa yang tuntas hanya sebesar 46% atau sebanyak 13 siswa dari jumlah keseluruhan siswa kelas III A. Pada kegiatan siklus I mengalami peningkatan yakni menjadi 64% siswa yang tuntas atau sebanyak 18 siswa. Pada kegiatan siklus II mengalami peningkatan yang cukup baik sebanyak 86% atau 24 siswa dinyatakan tuntas dan mendapatkan nilai yang baik. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan penerapan model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III A SDN 01 Taman Kota Madiun pada muatan pelajaran PPKN materi hak dan kewajiban siswa di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah, Lindah, N., & Nurlaela, L. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Muatan Pelajaran PPKn Tema 4 Kewajiban Dan Hakku Subtema 1 Kewajiban Dan Hakku Di Rumah di SD 1 Klumpit Kabupaten Kudus. E-Journal Boga, 4(1), 143–152.

Akbar, A. (2017). Membudayakan Literasi dengan Program 6M di Sekolah Dasar. JPSD, 3(1), 42–52.

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Deschuri, C., Kurnia, D., & Gusrayani, D. (2016). Penerapan Model Kooperatif Teknik Make A Match dengan Media Kartu KLOP untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Kenampakan Alam dan Buatan. Jurnal Penal Ilmiah, 1(1), 361–370.

Khaulani, F., Noviana, E., & Witri, G. (2019). Penerapan Metode Brainstorming Dengan Bantuan Media Gambar Grafis untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN Siswa Kelas V SD Negeri 009 Pulau Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 3, 18–25.

Minsih, & Galih, A. (2018). Peran Guru Dalam Pengelolaan Kelas. JURNAL EKSPERIMENTAL : Media Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 10(2), 20–27. https://doi.org/10.58645/eksperimental.v10i2.219

Sari, M. A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Muatan Pelajaran PPKn Tema 4 Kewajiban Dan Hakku Subtema 1 Kewajiban Dan Hakku Di Rumah di SD 1 Klumpit Kabupaten Kudus. Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Humaniora, 2(3), 361–366.

Downloads

Published

2024-06-02

Most read articles by the same author(s)