PENERAPAN MEDIA PAPAN JAM DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI SATUAN WAKTU SISWA KELAS III SDN 01 TAMAN KOTA MADIUN

Authors

  • Deva Putri Alisa Universitas PGRI Madiun
  • Ibadullah Malawi Universitas PGRI Madiun
  • Dwi Susanto SDN 01 Taman Kota Madiun

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14098

Keywords:

Media Papan jam, Model PBL, Hasil Belajar

Abstract

Melalui penggunaan metodologi pembelajaran Problem Based Learning, penelitian ini berupaya meningkatkan pemahaman gagasan informasi waktu jam dengan papan jam. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah jenis penelitian ini. Dua siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan kegiatan, observasi, dan refleksi digunakan untuk menyusun proses peningkatan kualitas pembelajaran dalam penelitian ini. Subjek dan lingkungan penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 01 Taman Kota Madiun tahun ajaran 2024–2025 yang berjumlah 28 orang, yang terdiri dari 18 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa mulai dari prasiklus dan berlanjut hingga siklus I dan II, terdapat peningkatan pada setiap siklusnya. Peningkatan rata-rata dan persentase dari siklus I, awal pra siklus, hingga siklus II menunjukkan adanya peningkatan hasil prestasi belajar siswa. Nilai rata-rata kelas naik menjadi 80,16 pada siklus II, setelah semula naik menjadi 74,18 pada siklus I dan hanya 69,78 pada pra siklus. Selain nilai rata-rata kelas, tingkat kelulusan juga menjadi indikator lain meningkatnya keberhasilan belajar siswa. Persentase ketuntasan hanya 50% pada prasiklus atau 14 siswa; meningkat menjadi 63,28% pada siklus I atau 18 siswa; dan meningkat menjadi 75%, atau 23 siswa, pada siklus kedua, dan meningkat sebesar 82,14% dibandingkan siklus pertama.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriyani, & Shalikhah, N. D. (2021). Development of Waginem ( Morning and Evening Time ) Mathematics Teaching Aids for Time Materials. Prosiding 14th Urecol Seri Pendidikan, 103–110.

Alawiyah, F. (2013). Peran Guru Dalam Kurikulum 2013. Pusat Pengkajian, Pengolahan Data Dan Informasi (P3DI) Sekretariat Jenderal DPR RI Naskah, 65–74.

Amir, A. (2014). Pembelajaran Matematika SD dengan Menggunakan Media Manipulatif. Forum Paedagogik, 06(01), 72–89.

Dwi yasa, A. (2017). PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH SETELAH DIAJARKAN DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 4(1), 9–15.

Firmansyah, D. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 03(1), 34–44. https://doi.org/10.24114/jtp.v11i1.11199

Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Istikhomah, N. (2018). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG OPERASI PERKALIAN DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) DI KELAS II MI SUNAN AMPEL PORONG SIDOARJO. 1–26.

Nurhuda, N. I., Hendrawan, B., & Sunanih. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Visual, Auditori Dan Kinestetik (VAK) Berbantuan Media Jam Sudut Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas III. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 17(1), 14–20. https://doi.org/10.36456/bp.vol17.no1.a3086

Popiyanto, Y., & Yuanta, F. (2018). Pengaruh Web Centric Course Berbasis Information Technology Terhadap Pengaruh Web Centric Course Berbasis Information Technology Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Inovasi, xx(2), 25–31. Retrieved from https://fbs.uwks.ac.id

Downloads

Published

2024-06-09

Most read articles by the same author(s)