PENINGKATAN HASIL BELAJAR PERKALIAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KOTAK BERHITUNG

Authors

  • Yashinta Dianingrum Universitas PGRI Madiun
  • Hartini Universitas PGRI Madiun
  • Anis Sulistyarini SD Negeri 1 Nglaran

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7759

Keywords:

Keywords: Learning outcomes, Multiplicaon, Media counting box., Kata Kunci: Hasil belajar, Perkalian, Media kotak berhitung.

Abstract

Abstrack Grade III elementary school students are still weak in understanding multiplication material, students still think that multiplication is difficult so that interest in learning material is low. This is supported by student learning results on multiplication material that is still below KKM. By using counting box media on multiplication material, it is expected to improve the learning outcomes of grade III students of SD Negeri 1 Nglaran. This study aims to find out: (1) Learning outcomes of grade III students multiplication material, (2) Learning outcomes of grade III students multiplication material with the use of counting box media. This research is a classroom action research (PTK) conducted through a collaborative work process with class teachers, field supervisors and researchers, using 7 subjects, namely grade III students of SD Negeri 1 Nglaran for the 2022/2023 academic year. The object of this study is the result of student learning of multiplication material. The data collection technique used is a test. The results of this study show that: 1. The learning outcomes of grade III students of SD Negeri 1 Nglaran multiplication material in general are still lacking, 2. The learning outcomes of grade III students of SD Negeri 1 Nglaran with the use of counting box media are included in the good category. Thus, teachers must be able to choose the methods and media to be used so that learning objectives can be achieved and student learning outcomes increase. Abstrak Siswa kelas III SD masih lemah dalam memahami materi perkalian, siswa masih beranggapan bahwa perkalian itu sulit sehingga minat akan materi pembelajaran tersebut rendah. Hal ini didukung dengan hasil belajar siswa pada materi perkalian yang masih dibawah KKM. Dengan menggunakan media kotak berhitung pada materi perkalian diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 1 Nglaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hasil belajar siswa kelas III materi perkalian, (2) Hasil belajar siswa kelas III materi perkalian dengan penggunaan media kotak berhitung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan melalui proses kerja kolaborasi dengan guru kelas, dosen pembimbing lapangan dan peneliti, dengan menggunakan 7 subjek yakni siswa kelas III SD Negeri 1 Nglaran tahun pelajaran 2022/2023. Objek penelitian ini adalah hasil belajar siswa materi perkalian. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 1 Nglaran materi perkalian secara umum masih kurang, 2. Hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 1 Nglaran dengan penggunaan media kotak berhitung masuk dalam kategori baik. Dengan demikian guru harus mampu memilih metode dan media yang akan digunakan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dan hasil belajar siswa meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Agustin, V. N. 2013. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem based learning (PBL). Journal of Elementary Education, 2 (1).

Anjani, S., Dantes, N., & Artawan, G. (2019). Pengaruh Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca dan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD Gugus II Kuta Utara. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(2), 74-83. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_pendas/article/viewFile/2869/1472.

Fauzia, H. A. (2018). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 40-47.

Kamarianto, K., Noviana, E., & Alpusari, M. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV Sd Negri 001 Kecamatan Sinaboi. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 5(1), 1-12.

Kasiyun, S. (2015). Upaya meningkatkan minat baca sebagai sarana untuk mencerdaskan bangsa. Jurnal Pena Indonesia, 1(1), 79-95. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpi/article/view/140.

Kurnia, U., Rifai, H., & Nurhayati, N. 2015. Efektivitas Penggunaan Gambar pada Brosur dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Kelas Xi Sman 5 Padang. Pillar Of Physics Education, 6 (2).

Sari, S., Helsy, I., Aisyah, R., & Irwansyah, F. S. (2019). Modul Media Pembelajaran.

Suwarsih, S. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa tentang Perkalian dan Pembagian Bilangan Cacah melalui Alat Peraga. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 433-444.

Winarti, W., Maula, L. H., & Sutisnawati, A. (2021). Pengembangan aplikasi perkalian dalam meningkatkan pemahaman konsep dasar perkalian siswa SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2), 126-139.

Azizah, A. (2021). Pentingnya penelitian tindakan kelas bagi guru dalam pembelajaran. Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15-22.

Downloads

Published

2023-05-31