PENERAPAN COACHING MODEL ALUR TIRTA OLEH KEPALA SEKOLAH DALAM MENSUPERVISI GURU DI SEKOLAH
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7556Keywords:
Coaching,Supervisi, TIRTAAbstract
Coaching adalah kegiatan yang dilakukan oleh coach yang tujuannya adalah untuk meningkatkan kinerja para coachee. Peran ini merupakan salah satu peran yang harus dimiliki kepala sekolah. Coaching dilakukan setelah kepala sekolah melakukan supervisi terhadap guru kelas tersebut.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan coaching model alur TIRTA oleh kepala sekolah dalam mensupervisi guru di sekolah. Metode penelitian ini adalah studi kepustakaan dengan pendekatan kualitatif, subjek penelitiannya adalah kepala sekolah dan guru. Kita tahu dari penelitian bahwa supervisi dilakukan setidaknya dua kali selama satu tahun ajaran. Coaching model TIRTA terdiri dari Tujuan (T), Identifikasi (I) Rencana Aksi (R),Tanggung Jawab (TA).Downloads
References
Buku :
Departemen Pendidikan Nasional. (2007). Pendidikan dan Pelatihan: Supervisi Akademik dalam Peningkatan Profesionalisme Guru. Jakarta: Kemendikbud.
Kemendikbud. (2021). Coaching Dalam Supervisi Guru dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Kemendikbud
Mukhtar, I. (2009). Orientasi Baru Supervisi Pendidikan: Jakarta.
Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No.16
Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
Salim, G. (2014). Effective Coaching. PT. Buana Ilmu Populer
Jurnal :
Damanik, R. (2019). Hubungan Kompetensi Guru Dengan Kinerja Guru. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 8(2). https://doi.org/10.37755/jsap.v8i2.170
Majid, A. (2018). Penerapan Coaching untuk meningkatkan kompetensi kepala sekolah dalam supervisi akademik pada SMP Binaan Dinas Pendidikan kota Banjarmasin. Lentera: Jurnal Pendidikan, 13(1), 1–10. https://doi.org/10.33654/jpl.v13i1.336
Oktavia Indah Permata Sary, & Wahyu Wulandari. (2022). Peran Kepala Sekolah dalam Coaching Model Tirta pada Pelaksanaan Supervisi Guru. Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 2(1), 96–101. https://doi.org/10.57251/ped.v2i1.373
Rindarti, E., Madrasah, P., Kemenag, K., & Pusat, J. (2021). Implementasi Coaching Untuk Meningkatkan. 2(November), 401–415. https://doi.org/10.5281/zenodo.5680948
Sari, M., & Asmendri. (2018). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Penelitian Kepustakaan (Library Research) Dalam Penelitian Pendidikan IPA, 2(1), 15.
Sosial, K., Pendidikan, G., Kristen, A., Belajar, M., Ferry, S., Sumual, J. N., Tinggi, S., Indonesia, T. T., & Transfromasi Indonesia, T. (2021). LENTERA NUSANTARA (Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen) Diterbitkan oleh: Sekolah Tinggi Teologi Kanaan Nusantara Franty Faldy Palempung. 1(1), 48–60. https://jurnal.sttkn.ac.id/index.php/JL/index
Whitmore, J. (2010). Coaching for Performance Fifth Edition: The Principles and Practice of Coaching and Leadership UPDATED 25TH ANNIVERSARY EDITION. Nicholas Brealey.
Widyatrini, W. (n.d.). METODE BERMAIN PERAN DALAM KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V Wahyu Widyatrini. 1–5.
Winata, K. A. (2021). Implementasi Kompetensi Guru PAI yang Efektif untuk Meningkatkan Kemampuan Peserta Didik terhadap Baca Tulis Alquran (Studi Penelitian di SMP Negeri 16 Kota Bandung). Journal of Education and Teaching, 2(2), 204–212.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.