MENUJU PENDIDIKAN DASAR YANG LEBIH BAIK TANTANGAN PENYELENGGARAAN KEBIJAKAN DI KELAS DAN SOLUSI
MENUJU PENDIDIKAN DASAR YANG LEBIH BAIK TANTANGAN PENYELENGGARAAN KEBIJAKAN DI KELAS DAN SOLUSI
Keywords:
Challenge, Basic Education, SolutionAbstract
Adanya tantangan-tantangan yang dihadapi oleh guru sebagai penyelenggara kebijakan pendidikan di sekolah dalam hal pelaksanaan pembelajaran di kelasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tantangan-tantangan yang dihadapi oleh guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas beserta solusinya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Rancangan penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan wawancara. Hasil penelitian menyimpulkan tantangan-tantangan yang dihadapi oleh guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas sebagai penyelenggara kebijakan di sekolah beserta solusinya, yaitu: 1) Tidak adanya dukungan pengembangan keprofesionalan untuk guru, dengan solusi, guru yang mengikuti pelatihan berbagi ilmu kepada guru lain; 2) Karakter siswa yang sulit diubah ke arah lebih baik, dengan solusi minta bantuan masyarakat, konsultasi pada profesional; 3) Fasilitas sarana dan prasarana seperti media dan alat peraga yang kurang terpenuhi, dengan solusi mengoptimalkan sumber daya yang ada dan teknologi; 4) Pelaksanaan pendidikan inklusi tanpa mengasah kompetensi guru dalam menangani anak ABK dengan solusi, memberikan pelatihan tenaga pendidik; 5) Orang tua yang tidak mau diajak bekerja sama dengan solusi, minta bantuan pimpinan atau kepala sekolah bahkan konselor. Mengetahui hal tersebut diharapkan mampu mengatasi tantangan yang selama ini dihadapi oleh guru.Downloads
References
Agustina, Y. (2018). Implementasi Kebijakan Rintisan Sekolah Unggulan di Tingkat Pendidikan Dasar: Studi Kasus di SD Negeri Sawangan I Magelang Jawa Timur [UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta]. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33615/
Andiawan, I. P. G. S. (2022). Analisis Implementasi Kebijakan Pendidikan Budi Pekerti di SD Negeri 3 Kerambitan Selama Pembelajaran Online. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 12(1), 46–52. https://doi.org/10.36733/jsp.v12i1.3755
Badan Pusat Statistik. (2019). Statistik Pendidikan Indonesia 2019. In Badan Pusat Statistik. Badan Pusat Statistik. https://www.bps.go.id/searchengine/result.html
Fadhilah, N. (2021). Analisis Peran Kepemimpinan Sekolah Terhadap Implementasi Kebijakan Pendidikan Karakter di SD Islam Al Azhar 34 Makassar (Issue March). Universitas Muhammadiyah Makassar.
Ghunu, N. M. . (2022). The Challenges of Remote Area Elementary Schools in Thematic Curriculum Implementation. International Journal of Instructionstruction, 15(2), 19–36. https://www.e-iji.net/
Handayani, S. N. (2021). Implementasi Kebijakan Peningkatan Mutu Pendidikan di SD Muhammadiyah Program Khusus (MPK) Jogonalan. Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan, 9(3), 277–287. https://doi.org/10.21831/sakp.v9i3.17207
Harahap, A. (2021). Implementasi Kebijakan Kepala Dinas Pendidikan Dalam Peningkatan Pemahaman Terhadap Kitab Suci Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Kabupaten Labuhanbatu Selatan [Universitas Islam Negeri Sumatera Utara]. In Disertasi. http://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/1440
Hayom Sasami, R., & Sujarwo. (2018). Implementasi Kebijakan Lima Hari Sekolah Sebagai Sarana Pengembangan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 6(2), 112–120. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jppfa.v6i2.23628
Indaryati, D. (2018). Implementasi Kebijakan Pendidikan Karakter di SD Muhammadiyah Sapen dan SDN Serayu. Jurnal Spektrum Analisis Kebijakan, 7(4), 417–428. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/sakp.v7i4.13136
Kwon, H. (2017). Delivering Technological Literacy to a Class for Elementary School Pre-Service Teachers in South Korea. International Journal of Technology and Design Education, 27(3), 431–444. https://doi.org/10.1007/s10798-016-9360-5
Maimunah, U. (2018). Implementasi Kebijakan Standarisasi Pendidikan di Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Alternatif Kota Magelang. Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan, 7(6), 664–676. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/sakp.v7i6.13164
Moleong, L. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (38th ed., Issue March). Remaja Rosda Karya. https://scholar.google.com/citations?user=O-B3eJYAAAAJ&hl=en
Munajah, R., Marini, A., & Sumantri, M. S. (2021). Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusif di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1183–1190. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.886
Murniviyanti, L., Marini, A., & Nafiah, M. (2022). Implementasi Kebijakan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Drama di Sekolah Dasar. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 20(2), 203–219. https://doi.org/https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v20i2.7761
Nainggolan, A. W. (2018). Implementasi Kebijakan Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan Pendidikan Agama Pada Sekolah Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Agama di SD Negeri 173198 Pansurna Tolu, Tapanuli Utara [Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara]. http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/3573
OECD. (2018). PISA 2018 Results (Volume I): What Students Know and Can Do. OECD Publishing. https://doi.org/https://doi.org/10.1787/5f07c754-en
Pearson. (2018). The Learning Curve: Education Quality Index. https://www.pearson.com/content/dam/corporate/global/pearson-dot-com/files/innovation/learning-curve/global-education-index-2018.pdf
Priyanto, D., & Dharin, A. (2021). Students Creativity Development Model and Its Implementation in Indonesian Islamic Elementary School. Pegem Egitim ve Ogretim Dergisi, 11(3), 81–87. https://doi.org/10.14527/pegegog.2021.00
Rahmi, A. (2019). Analisis Kebijakan Peraturan Bupati Solok Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Sekolah Umum Berbasis Pesantren Pada Satuan Pendidikan Dasar di Kabupaten Solok. Produ: Prokurasi Edukasi-Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 10–17. https://doi.org/https://doi.org/10.15548/p-prokurasi.v1i1.3323
Rizkitama, F. (2018). Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusi di SD Negeri Tamansari 1 Yogyakarta. Jurnal Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan, 7(3), 263–272. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/sakp.v7i3.13174
Rolos, M. C., Posumah, J. H., & Londa, V. Y. (2022). Implementasi Kebijakan Pemerintah Daerah Dalam Pelaksanaan Pendidikan Gratis Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Minahasa Tenggara. Jurnal Administrasi Publik (JAP), VIII(113), 1–11. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/JAP/article/download/38156/34866
Siddik, F., Silalahi, A. Y., Napitupulu, I. E. Y., Nst, Z. A. A., Bangun, P. N. A., Sagala, H. S. M., & Rossevelt, F. A. (2022). Implementasi Kebijakan Kartu Indonesia Pintar Pada Jenjang Sekolah Dasar (SD) Dalam Upaya Pemerataan Pendidikan di Dinas Pendidikan Kota Medan. Histeria: Jurnal Ilmiah Sosial Dan Humaniora, 1(1), 43–52. https://doi.org/https://doi.org/10.55904/histeria.v1i1.120
Sriah. (2018). Analisis Implementasi Kebijakan Program Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Kota Malang (Vol. 3) [Universitas Muhammadiyah Malang]. http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/44422
Sugiarto, A. B. (2020). Analisis Implementasi Kebijakan Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Mendukung Visi dan Misi Pendidikan di Sekolah Dasar Plus Al-Ishlah Bondowoso. Tsaqofah: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 13–26. https://doi.org/https://doi.org/10.58883/tsaqofah.v4i2.34
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (4th ed.). Alfabeta.
Supriatini, Muhdi, & Yuliejantiningsih, Y. (2019). Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar Negeri Bolo Kabupaten Demak. Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP), 8(3), 410–425. https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/98126564/287170322-libre.pdf?1675318024=&response-content-disposition=inline;+filename=Implementasi_Kebijakan_Pendidikan_Inklus.pdf&Expires=1681380353&Signature=S9koj8INfYWlOGKmD4tLd3w1Aqyu8sNVF6NCM6fg-Fy5dHNFz7r4JuN4
Utari, D. (2021). Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusif di Sekolah Dasar Juara Kota Yogyakarta. Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan, 9(2), 175–188. https://doi.org/10.21831/sakp.v9i2.17047
Vikalista, E., Ratih Rapisa, D., & Putri, A. A. (2021). Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusif Pada Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama di Kawasan Bantaran Sungai Martapura Provinsi Kalimantan Selatan. Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah, 6(3), 1–12. http://snllb.ulm.ac.id/prosiding/index.php/snllb-lit/article/view/552
Wati, E. (2019). Implementasi Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter di SD Negeri Serayu Kota Yogyakarta. Jurnal Kebijakan Pendidikan, 8(4), 279–287. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/sakp.v8i4.15870
Zakia, H., & Hadiyanto. (2020). Penerapan Sistem Informasi Manajemen untuk Menjalin Kerjasama Dengan Wali Murid. JMKSP: Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31851/jmksp.v5i1.3539
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.