Eksplorasi Penerapan Deep Learning Berbasis Media Virtual terhadap Pencapaian Pembelajaran Fase F di Jurusan TKJ
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.36812Keywords:
Deep_learning, media_virtual, Pendidikan_VokasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan deep learning berbasis media virtual dalam pembelajaran konfigurasi jaringan di Fase F Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan analisis tugas siswa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis tematik untuk menggali pengalaman, persepsi, dan tantangan yang dihadapi siswa dalam menggunakan teknologi ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media virtual berbasis deep learning memberikan dampak positif yang signifikan terhadap keterampilan praktis dan pemahaman materi siswa dalam konfigurasi jaringan. 80% siswa melaporkan peningkatan kepercayaan diri dan kemampuan dalam mengonfigurasi jaringan setelah mengikuti pembelajaran menggunakan teknologi ini. Meskipun demikian, beberapa siswa menghadapi kesulitan teknis awal dalam penggunaan platform dan merasa terisolasi akibat berkurangnya interaksi sosial. Penelitian ini menyarankan agar penggunaan media virtual didampingi dengan pelatihan awal yang intensif serta pendampingan sosial yang lebih kuat untuk meningkatkan keterlibatan sosial dan memaksimalkan penguasaan keterampilan praktis siswa. Deep learning berbasis media virtual berpotensi besar untuk meningkatkan kualitas pendidikan di bidang Teknik Komputer dan Jaringan, mempersiapkan siswa untuk menghadapi tantangan dunia kerja yang semakin berbasis teknologi, serta memberikan model pembelajaran digital yang berkelanjutan.
Kata Kunci: Deep_learning, media_virtual, Pendidikan_Vokasi
Downloads
References
Cao, Y., & Sun, Y. (2024). The Research on the Application of Deep Learning in Education. Ieti Transactions on Data Analysis and Forecasting (Itdaf), 2(3), 4–11. https://doi.org/10.3991/itdaf.v2i3.51413
Errabo, D. D., Paguio, A. J., & Enriquez, P. A. (2024). Epistemic Fluency in Virtual Laboratories as Flipped Classroom’s Innovative Learning Delivery. Journal of Research in Innovative Teaching & Learning, 17(2), 256–281. https://doi.org/10.1108/jrit-03-2024-0052
Ghofirin, M., & Primasari, N. S. (2021). Readiness to Face Society 5.0 Era, What Interpersonal Skill Does an Accounting Student Have ?: An Evidence From Indonesia. Procedia Business and Financial Technology, 1. https://doi.org/10.47494/pbft.2021.1.9
Likita, E. R., Abdurrahman, A., Hasnunidah, N., & Jalmo, T. (2024). STEM-Based Instrument Integration: Enhancing Systems and Science Skills in Teaching. International Journal of Education Culture and Society, 2(3), 187–196. https://doi.org/10.58578/ijecs.v2i3.3461
Munawaroh, S., Mustofa, A., Raksajaya, I., & Yuningrat, N. (n.d.). Reskilling and Upskilling in the Digital Economy : Adaptive HRM Strategy in the Era of Industrial Revolution 5 . 0. 40–50.
Norlaila, N., Ansori, H., & Juhairiah, J. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Phet Simulation Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pecahan. Jurmadikta, 4(2), 54–66. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v4i2.2770
Redel-Macías, M. D., Pinzi, S., Martínez-Jiménez, P., Dorado, G., & Dorado, M. P. (2016). Virtual Laboratory on Biomass for Energy Generation. Journal of Cleaner Production, 112, 3842–3851. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2015.07.075
Zhang, X. (2024). Using Reinforcement Learning Algorithms to Optimize Practical Skills Development in Higher Vocational and Technical Education. Journal of Electrical Systems, 20(6s), 2146–2155. https://doi.org/10.52783/jes.3129
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















