PERSEPSI SISWA TERHADAP IMPLEMENTASI MATA PELAJARAN KODING DAN KECERDASAN ARTIFISIAL (KKA) DI SMKS MUHAMMADIYAH 4 GLENMORE

Authors

  • Fani Yustiadi Universitas Muhammadiyah Malang
  • Mujianto, Erna Yayuk Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.34555

Keywords:

student perception, coding, artificial intelligence

Abstract

Perkembangan teknologi digital yang pesat mendorong dunia pendidikan untuk menyesuaikan kurikulum dengan kebutuhan keterampilan abad ke-21, termasuk kemampuan berpikir komputasional, koding, dan kecerdasan artifisial (AI). Mulai tahun pelajaran 2025/2026, pemerintah Indonesia mengimplementasikan mata pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial (KKA) di satuan pendidikan menengah, termasuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi dan pengalaman siswa terhadap implementasi mata pelajaran KKA di SMKS Muhammadiyah 4 Glenmore, serta memahami makna pembelajaran tersebut dari perspektif siswa. Metode yang digunakan adalah mixed method dengan model sequential explanatory, diawali dengan pengumpulan data kuantitatif melalui angket terhadap 61 siswa, kemudian dilanjutkan dengan wawancara semi-terstruktur pada 10 siswa terpilih untuk pendalaman kualitatif. Analisis data kuantitatif dilakukan secara deskriptif, sedangkan data kualitatif dianalisis menggunakan model interaktif Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap pembelajaran KKA tergolong positif dengan rata-rata skor 3,12–3,23 dan persentase respon positif mencapai 93%. Siswa menilai pembelajaran KKA menarik, relevan dengan karier masa depan, serta mendorong rasa ingin tahu dan motivasi belajar terhadap teknologi. Secara kualitatif, siswa memaknai KKA sebagai pengalaman belajar baru yang menantang dan bermakna, meskipun masih menghadapi keterbatasan fasilitas dan waktu praktik. Temuan ini menegaskan bahwa implementasi KKA berpotensi membangun kompetensi digital, karakter teknologi, dan kesiapan karier siswa vokasi menuju era transformasi digital

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bambang Riyanto Trilaksono, & Febry Pandu Wijaya. (2023). Pengembangan Sistem Otonomi dengan Menggunakan Kecerdasan Artifisial untuk Trem Otonom. In Prosiding Use Cases Artificial Intelligence Indonesia: Embracing Collaboration for Research and Industrial Innovation in Artificial Intelligence. Penerbit BRIN. https://doi.org/10.55981/brin.668.c549

Dawadi, S., Shrestha, S., & Giri, R. A. (2021). Mixed-Methods Research: A Discussion on its Types, Challenges, and Criticisms. Journal of Practical Studies in Education, 2(2), 25–36. https://doi.org/10.46809/jpse.v2i2.20

Ekowati, D. W., Ismail, A. D., Yayuk, E., Suwandayani, B. I., Rosyadi, A. A. P., & Nadlifah, M. (2024). Investigating the adversity quotient: Assessing elementary school students’ proficiency in solving two-dimensional problems. Research and Development in Education (RaDEn), 4(2), 1098–1110. https://doi.org/10.22219/raden.v4i2.33490

Gunawan Ekoran, Diesti Aspariga, & Zulfitria Zaidir. (2025). Analisis Kesiapan Guru dalam Mengimplementasikan Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial pada Kurikulum Nasional di Sekolah Menengah. Journal Innovation In Education, 3(3), 11–16. https://doi.org/10.59841/inoved.v3i3.3049

Jannah, M. B., & Anggraini, D. (2023). Alih Kode dan Campur Kode pada Tuturan Guru dan Siswa dalam Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas X SMA Negeri 1 2X11 Kayutanam. Educaniora: Journal of Education and Humanities, 1(1), 65–73. https://doi.org/10.59687/educaniora.v1i2.10

Kinas, A. A., & Nilawati, F. (2024). Tantangan Guru Dalam Menghadapi Era Digital 5.0 (Studi pada SDN 5/81 Kampuno Kec. Barebbo Kab. Bone). Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 14(2), 109–117. https://doi.org/10.30863/ajmpi.v14i2.7213

Latifah, L. (2021). Alih Kode Dan Campur Kode Dalam Presentasi Mahasiswa Dengan Menggunakan Media Zoom Clouds Meeting Di Ikip Siliwangi. Semantik, 10(1), 65–76. https://doi.org/10.22460/semantik.v10i1.p65-76

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative-Data-Analysis (3rd ed.). SAGE Publications.

Oktaviani Putri Dita, Radittya Mahasputra Antara, & Agung Winarno. (2024). Tanggung Jawab Etis Penggunaan Artificial Intelligence Di Tanah Pendidikan: Formulasi Paradigma Baru Untuk Teknologi Otonom. Jurnal Manajemen Kewirausahaan Dan Teknologi, 1(4), 58–83. https://doi.org/10.61132/jumaket.v1i4.388

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082

Ramayanti, A., Qomaruzzaman, B., & Yuliati Zaqiah, Q. (2023). Implementasi Inovasi Pembelajaran PAI Berbasis Multiple Intelligences di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 1910–1915. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.6234

Reza Lestari, Habibi, & Syaiful Bastari. (2024). Persepsi Siswa Terhadap Mata Pelajaran Matematika (Studi Kasus Siswa Kelas VI SD Negeri 03 Gumay Ulu). JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(1), 21–28. https://doi.org/10.58222/jurip.v3i1.777

Rifky, S. (2024). Dampak Penggunaan Artificial Intelligence Bagi Pendidikan Tinggi. Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology, 2(1), 37–42. https://doi.org/10.31004/ijmst.v2i1.287

Rohmah, M. A., & Aulina, C. N. (2024). Implementasi Pembelajaran Berwawasan Kemaritiman Terhadap Kecerdasan Naturalistik Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 7(1), 1. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v7i1.2840

Sa’duh, S., Zidan Firmansyah, M., Sabri, A., & Lubis, Y. (2024). Manajemen Supervisi Pendidikan di Era Digital. Journal Innovation in Education, 2(4), 170–184. https://doi.org/10.59841/inoved.v2i4.1906

Subroto, D. E., Supriandi, Wirawan, R., & Rukmana, A. Y. (2023). Implementasi Teknologi dalam Pembelajaran di Era Digital: Tantangan dan Peluang bagi Dunia Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan West Science, 1(07), 473–480. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i07.542

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D (2nd ed.). CV Alfabeta.

Sumiati, S., Octavianus, S., & Triposa, R. (2021). Aplikasi Teori Kecerdasan Majemuk Pada Mata Pelajaran PAK Di Sekolah Inklusi. CHARISTHEO: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 102–121. https://doi.org/10.54592/jct.v1i1.10

Tari, E., & Hutapea, R. H. (2020). Peran Guru Dalam Pengembangan Peserta Didik Di era Digital. Kharisma: Jurnal Ilmiah Teologi, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.54553/kharisma.v1i1.1

Wasan, A., Khaironi, K., & Rihatno, T. (2022). Persepsi siswa sekolah menengah kejuruan tentang proses pembelajaran pendidikan jasmani melalui online learning. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 8(3), 700. https://doi.org/10.29210/020221802

Downloads

Published

2025-10-29