Peran Kewirausahaan Sekolah dalam Mengurangi Pengangguran Lulusan di SMKS Muhammadiyah 6 Rogojampi
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.34884Keywords:
kewirausahaan sekolah, pendidikan vokasi, kemandirian, industri, pengangguran lulusan.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran program kewirausahaan di SMKS Muhammadiyah 6 Rogojampi dalam menurunkan tingkat pengangguran lulusan serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaannya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program kewirausahaan memiliki kontribusi penting dalam membentuk karakter siswa yang mandiri, kreatif, inovatif, dan memiliki daya saing tinggi. Program ini tidak hanya menjadi pelengkap kurikulum, tetapi telah terintegrasi dalam proses pembelajaran yang menanamkan pola pikir kewirausahaan (entrepreneurial mindset). Melalui kegiatan praktik seperti pengelolaan unit usaha sekolah, siswa memperoleh pengalaman langsung yang relevan dengan kebutuhan dunia kerja dan industri. Keberhasilan program dipengaruhi oleh kepemimpinan kepala sekolah yang visioner, kemampuan guru yang inovatif, sarana praktik yang memadai, kemitraan dengan dunia usaha dan industri, serta budaya sekolah yang menanamkan nilai religius dan kedisiplinan. Meskipun demikian, pelaksanaannya masih menghadapi sejumlah tantangan seperti keterbatasan modal, perbedaan motivasi siswa, keterbatasan waktu praktik, dan belum optimalnya pendampingan bagi alumni. Oleh karena itu, diperlukan peningkatan kerja sama antara sekolah, dunia industri, dan komunitas bisnis lokal untuk menjaga keberlanjutan program. Dengan pengelolaan yang terencana dan dukungan berkelanjutan, program kewirausahaan di sekolah ini berpotensi menjadi contoh sukses pendidikan vokasi dalam mencetak generasi wirausahawan muda dan menekan pengangguran lulusan SMK.
Downloads
References
Abrar, A., Saputra, D., a, N. N., & Yani, R. (2023). Pembekalan Bagi Siswa Untuk Menghadapi Kuliah Dan Dunia Kerja Pada Siswa Smkn 1 Rengat Kabupaten Indragiri Hulu. Rural Development For Economic Resilience (RUDENCE), 2(3). https://doi.org/10.53698/rudence.v2i3.52
Andayani, F. (2021). Meningkatkan Kinerja Guru Produk Kreatif Dan Kewirausahaan Melalui Program Sekolah Pencetak Wirausaha. MANAJERIAL : Jurnal Inovasi Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 1(2), 175–181. https://doi.org/10.51878/manajerial.v1i2.647
Andriani Yasin, N., & Jumria, J. (2024). Pendidikan Kewirausahan Dan Kreativitas Terhadap Keberhasilan Usaha. Jurnal Edueco, 6(2), 275–285. https://doi.org/10.36277/edueco.v6i2.180
Hamduuna, M., Lyesmaya, D., & Nurasiah, I. (2023). Perubahan Budaya Sekolah Penggerak Ditinjau Dari 2 Standar Nasional Pendidikan di SDN Kabupaten Sukabumi. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 1653–1659. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5608
Hanafiah, H., Yogaswara, S. P., Wardani, D., & Rukhaida, I. (2024). Daur Ulang Alat dan Bahan Pembelajaran dalam Manajemen Kewirausahaan di SMK Bina Negara. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(3), 2463–2468. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.3858
Hermawan, A., Mufiedah, M., Madina, V., Santika, Z. M., Kasim, M. F., & Siagian, T. H. (2023). Kesenjangan Kondisi Pengangguran Lulusan SMK/MAK di Indonesia: Analisis Antargender dan Variabel-Variabel yang Memengaruhinya. Jurnal Ketenagakerjaan, 18(3), 262–277. https://doi.org/10.47198/jnaker.v18i3.246
Mu Minah, T., & Soelaiman, L. (2024). Peran Pendidikan Kewirausahaan Dalam Membangun Jiwa Wirausaha Generasi Z Melalui Efikasi Diri Dan Pola Pikir Entrepreneurial. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 8(1), 63–74. https://doi.org/10.24912/jmieb.v8i1.28703
Ratnawati, R., Haliman, Y., & Sebastian, S. (2023). Analisis Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Pengetahuan Kewirausahaan terhadap Niat Berwirausaha yang Dimediasi oleh Pola Pikir Kewirausahaan. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan), 7(1). https://doi.org/10.29408/jpek.v7i1.12362
Sugiarto, A., & Kustiah Ramadania, R. (2024). Manajemen Lahan Bantaran Sungai Deli Untuk Pembangunan Kota Yang Berkelanjutan Berdasar Peraturan Daerah (RTRW/RDTR) (Studi Kasus : Bantaran Sungai Deli, Kecamatan Medan Maimun). Jesya, 7(1), 618–626. https://doi.org/10.36778/jesya.v7i1.1378
Sulistyaniningsih, E., Susilawati, S., Heryani, R. D., Tukiran, M., & Surata, S. (2023). Implementasi Kompetensi Kewirausahaan Kepala Sekolah Dalam Menciptakan Budaya Wirausaha. Research and Development Journal of Education, 9(2), 1082. https://doi.org/10.30998/rdje.v9i2.15211
Susanto, D., Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Dalam Penelitian Ilmiah. Jurnal QOSIM Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 1(1), 53–61. https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.60
Tentama, F., Sudarsono, B., & Ghozali, F. A. (2024). Implementasi Pelatihan Sikap Kerja, Pengetahuan Kerja dan Keterampilan Kerja Siswa SMK Menuju Dunia Kerja. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 2108–2114. https://doi.org/10.31949/jb.v5i3.9516
Triono, S. P. H., Kristanti, F. T., & Salim, D. F. (2023). Pelatihan Kewirausahaan untuk Mendukung Kapasitas Kewirausahaan bagi SMK YPPS Sumedang. Inovasi Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 63–72. https://doi.org/10.54082/ijpm.120
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















