PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MA GUPPI RANNALOE

Authors

  • Amirullah Universitas Muslim Indonesia
  • M Hasibuddin Universitas Muslim Indonesia
  • Rosmiati Universitas Muslim Indonesia
  • Mustamin Universitas Muslim Indonesia
  • Abdul Wahab Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.36136

Keywords:

Kompetensi Profesional Guru, Motivasi Belajar, Peserta Didik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kompetensi profesional guru, gambaran motivasi belajar peserta didik, serta pengaruh kompetensi profesional guru terhadap motivasi belajar peserta didik di MA Guppi Rannaloe. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik MA Guppi Rannaloe yang berjumlah 30 orang sekaligus dijadikan sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner) dengan skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kompetensi profesional guru di MA Guppi Rannaloe berada pada kategori sedang, dengan 17% responden berada pada kategori tinggi, 66% berada pada kategori sedang, dan 17% pada kategori rendah; (2) motivasi belajar peserta didik berada pada kategori sedang, dengan 13% responden berada pada kategori tinggi, 74% kategori sedang, dan 13% kategori rendah; (3) hasil uji regresi sederhana menunjukkan nilai F hitung = 18,548 dengan signifikansi 0,001 < 0,05, sehingga terdapat pengaruh signifikan kompetensi profesional guru terhadap motivasi belajar peserta didik. Nilai korelasi diperoleh sebesar R = 0,502 dan koefisien determinasi R² = 0,252 yang berarti kompetensi profesional guru memberikan kontribusi sebesar 25,2% terhadap motivasi belajar peserta didik, sedangkan 74,8% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kompetensi profesional guru memiliki pengaruh yang signifikan namun berada pada kategori rendah terhadap motivasi belajar peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abd Rahman, B. P., S. A. Munandar, A. Fitriani, Y. Karlina, and Y. Yumriani. 2022. “Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan.” Al-Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam 2(1):1–8.

Dewi, Fani Cintia, and Tjutju Yuniarsih. 2020. “Pengaruh Lingkungan Sekolah Dan Peran Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 5(1):1–13. doi: https://doi.org/10.17509/jpm.v5i1.25846.

Hayyu, Ade Unil, Andi Bunyamin, Muhammad Syahrul, Akhmad Syahid, and Mustamin Mustamin. 2025. “Pengaruh Motivasi Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Di SMAN 2 Maros.” Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 10(3):235–50. doi: https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.30992.

Illahi, N. 2020. “Peranan Guru Profesional Dalam Peningkatan Prestasi Siswa Dan Mutu Pendidikan Di Era Milenial.” Jurnal Asy-Syukriyyah 21(1):1–20. doi: https://doi.org/10.36769/asy.v21i1.94.

Ilyas, Ilyas. 2022. “Strategi Peningkatan Kompetensi Profesional Guru.” Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP) 2(1):34–40. doi: https://doi.org/10.54371/jiepp.v2i1.158.

Kurniadi, Andi, Irina Popoi, and Melizubaida Mahmud. 2020. “Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa.” Jambura Economic Education Journal 2(1):1–11.

Maulidiyah, Anik Nur, and Safinatun Najah. 2025. “Profesionalisme Guru Terhadap Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran SKI SD/MI.” JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah) 7(2):160–78. doi: https://doi.org/10.30599/9zpvdd68.

Mukhtar, Afiah, and MD Luqman. 2020. “Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru Dan Prestasi Belajar Siswa Di Kota Makassar.” Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan 4(1):1–15.

Putri, Vera Wati, Sulastri Sulastri, Rifma Rifma, and Nelfia Adi. 2022. “Persepsi Siswa Terhadap Kompetensi Sosial Guru Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Kabupaten Padang Pariaman.” Journal of Educational Administration and Leadership 2(4):347–53. doi: https://doi.org/10.24036/jeal.v2i4.287.

Rahmiati, R., & Azis, F. 2023. “Peranan Guru Sebagai Motivator Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di SMPN 3 Kepulauan Selayar.” Innovative: Journal Of Social Science Research 3(3):6007–18. doi: https://doi.org/10.31004/innovative.v3i3.2476.

Rusydi, Ananda, and Hayati Fitri. 2020. Variabel Belajar Kompilasi Konsep. Medan: CV. Pusdikra MJ.

Syahid, Akhmad, and Syamsul Bachri. 2019. “Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Berprestasi, Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Mengajar Guru MI Mitra PGMI UMI Makassar.” Jurnal Ilmiah Islamic Resources 16(1):81–99. doi: http://dx.doi.org/10.33096/jiir.v16i1.3.

Torangan, Monalisa, Hasibuddin Hasibuddin, and Ishak Shamad. 2023. “Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Karakter Siswa Di SMA Negeri 2 Kotamobagu Sulawesi Utara.” Journal of Gurutta Education 2(1):13–146. doi: https://doi.org/10.33096/jge.v2i1.1260.

Umar, Ilyas, Abdul Wahab, and Rosmiati Rosmiati. 2024. “Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pai Kelas X Di Sman 3 Maros.” Mujaddid: Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Islam 2(1):1–12. doi: http://dx.doi.org/10.33096/mujaddid.v2i1.727.

Downloads

Published

2025-12-11

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 6 7 > >>