STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PEMBINAAN KARAKTER DI MTs DDI GALLA RAYA, PANGKEP
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31933Keywords:
Strategi Guru, Akidah Akhlak, Pembinaan KarakterAbstract
Penelitian ini mengkaji strategi guru Akidah Akhlak dalam membina karakter peserta didik kelas IX di MTs DDI Galla Raya. Pendidikan karakter, yang bertujuan menanamkan nilai-nilai agama seperti kejujuran dan tanggung jawab, merupakan aspek penting dalam pendidikan. Penelitian kualitatif ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data, dengan subjek penelitian berupa peserta didik kelas IX dan guru Akidah Akhlak. Hasil penelitian menunjukkan strategi pembinaan karakter yang diterapkan di MTs DDI Galla Raya bersifat menyeluruh, kontekstual, dan berkelanjutan. Strategi ini mencakup aspek internal dan eksternal, dirancang untuk membentuk karakter peserta didik sesuai nilai-nilai Islam. Program pembiasaan, seperti tadarus Al-Qur'an dan mujahadah dalam pembelajaran Akidah Akhlak, memainkan peran penting. Pemberian nasihat dan keteladanan guru juga berkontribusi signifikan dalam membangun kesadaran dan membentuk akhlak peserta didik. Proses pembinaan ini mengintegrasikan berbagai pendekatan untuk mencapai tujuan pendidikan karakter yang komprehensif. Sekolah secara aktif menciptakan lingkungan yang mendukung pengembangan karakter positif pada peserta didik. Keberhasilan program ini terlihat dari peningkatan kesadaran dan perilaku peserta didik yang mencerminkan nilai-nilai agama dan moral. Penelitian ini memberikan implikasi penting bagi pengembangan strategi pembinaan karakter di sekolah-sekolah lain, menekankan pentingnya pendekatan holistik dan berkelanjutan. Penelitian lebih lanjut dapat mengeksplorasi dampak jangka panjang dari strategi ini dan mengadaptasinya untuk konteks pendidikan yang berbeda.Downloads
References
Ade Fahira, M. Ilyas Tahir, and Ratika Nengsi. 2023. “Penerapan Metode Pembelajaran Think Pair Share Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas XI IPS 3 Di Man 2 Kota Makassar.” QANUN: Journal of Islamic Laws and Studies 2(1):65–73. doi: 10.58738/qanun.v2i1.300.
Aini, Siti Qurratul, and Faizin Syamwil. 2020. “Konstruksi Pendidikan Karakter Siswa Melalui Keteladanan Guru Di Sekolah.” MANAGERE: Indonesian Journal of Educational Management 2(2):149–56. doi: http://serambi.org/index.php/managere/article/view/66.
Ariani, Nurlina. 2022. Buku Ajar Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Widina Bhakti Persada bandung.
Banna, Andi. 2022. “Eksekusi Pelatihan Karakter Dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak.” Education and Learning Journal 2(1).
Gunawan, Heri. 2022. Pendidikan Karakter. Jakarta: Cv. Alfabeta.
Hanafiah, Muktar. 2024. “Perkembangan Moral Anak Dalam Perspektif Pendidikan:(Kajian Teori Lawrence Kohlberg).” Ameena Journal 2(1):75–91. doi: https://doi.org/10.63732/aij.v2i1.54.
Irawan, Feri Indra, Cucu Munawaroh, Hilman Rasyid, and Hasan Basri. 2025. “Pendidikan Dan Pembentukan Karakter Peserta Didik Perspektif Teologi Pendidikan Islam.” Journal of Education and Social Culture 1(1):40–48.
Lestari, Ayu, Dea Putri, Rizky Anugrah Pardosi, and Gusmaneli Gusmaneli. 2023. “Pengaruh Gadget Terhadap Akhlak Seorang Anak.” Journal of Creative Student Research 1(4):216–28. doi: https://doi.org/10.55606/jcsrpolitama.v1i4.2247.
Marhaini, Marhaini. 2024. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di UPTD SDN 016553 Aek Bange.” Khidmat 2(1):179–84.
Nabihasnah, Hanifah Muthia, Marsya Alhayyu, and Gusmaneli Gusmaneli. 2025. “Strategi Pembelajaran Pendidikan Islam Melalui Pendekatan Storytelling Untuk Membentuk Akhlak Mulia Anak Usia Dini.” Reflection: Islamic Education Journal 2(2):19–212. doi: https://doi.org/10.61132/reflection.v2i2.793.
Rukhayati, Siti. 2020. Strategi Guru Pai Dalam Mebina Karakter Peserta Didik SMK Al Falah Salatiga. edited by J. Siswanta. Salatiga: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M).
Sinaga, D. Y. 2023. “Strategi Guru PAI Dalam Membentuk Karakter Islami Siswa Di SMP Negeri 2 Sibolangit.” Manajia: Journal of Education and Management 1(2):95–106. doi: https://doi.org/10.58355/manajia.v1i2.14.
Susanti, Salamah Eka. 2022. “Pendidikan Karakter Dalam Membangun Kecerdasan Moral Bagi Anak Usia Dini Perspektif Thomas Lickona.” Trilogi: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, Dan Humaniora 3(1):10–17.
Yudistira, Srikandi, Maynur Andriya, and Muslim Afandi. 2025. “Peran Guru Sebagai Murabbi Dalam Perspektif Islam.” EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Dan Keagamaan 9(1):108–21. doi: http://dx.doi.org/10.47006/er.v9i1.22528.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.