PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH MAROS

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR

Authors

  • Satriani Satriani Universitas Muslim Indonesia
  • Rosmiati Universitas Muslim Indonesia
  • Syarifa Raehana Universitas Muslim Indonesia
  • Mustamin Universitas Muslim Indonesia
  • Abdul Wahab Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31869

Keywords:

Model Pembelajaran, Mastery Learning, Hasil Belajar

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk melihat “Penerapan Model Pembelajaran Mastery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VIII SMP Muhamadiyyah Maros”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendekskripsikan Penerapan Model Pembelajaran Mastery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VIII SMP Muhamadiyyah Maros. Jenis penelitian yang di gunakan merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik Kelas VIII SMP Muhamadiyyah Maros dengan jumlah peserta didik sebanyak 30 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang di gunakan pada penelitian ini adalah menggunakan rumus perhitungan presentase dan nilai rata-rata (Mean) dalam menganalisis ketuntasan hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian Penerapan Model Pembelajaran Mastery Learning dengan menggunakan siklus I dan siklus II dapat di simpulkan bahwa peningkatan hasil belajar peserta didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VIII SMP Muhamadiyyah Maros tiap siklusnya mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari minat belajar peserta didik yang di peroleh pada siklus I dan siklus II. Pada siklus I peserta didik mencapai ketuntasan sebanyak 20 peserta didik dengan prolehan nilai rata rata yaitu 74,6 berada pada kategori “baik” dengan presentasi 66%. Sedangkan pada Siklus II peserta didik yang tuntas meningkat menjadi 26 peserta didik dengan perolehan nilai rata-rata 86 berada pada kategori “cukup” dengan presentasi 86,66%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah Sani, R. (2016). Penelitian Tindakan Kelas Pengembangan Profesi Guru, Cet. I. Tsmart Printing.

Bunyamin, A. (2023). Penerapan Metode Pembelajaran Quiz Team Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Anak Didik Pada Mata Pelajaran PAI Kelas XI Keperawatan SMK Baznas Sul-Sel. QANUN: Journal of Islamic Laws and Studies, 2(1), 1424.

Edi, F. R. S. (2016). teori wawancara Psikodignostik. LeutikaPrio.

Fiantika, F. R. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Global Eksekutif Teknologi.

Kunandar. (2013). Penilaian Auntetik, (Penilain Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu Pendidikan Praktis Disertai Contoh. Raja Grafindo Persada.

Lisapaly, A. dan D. C. E. (2022). efektivitas Penerapan Pembelajaran Daring di Tengah Badai Covid-19. Media Sains Indonesia.

Majid, A. (2014). Strategi Pembelajaran. PT. Remaja Rosdakarya.

Muhyi, M. (2018). Metodologi Penelitian. Adi Buana University Press.

Mulyono, I. S. W. (2018). Strategi Pembelajaran Di Abad Digital. Gawe Buku.

Murfiah, U. (2017). Pembelajaran Terpadu. PT Refika Aditama.

Rukmaningsih. (2022). Metode Penelitian Pendidikan Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Maheswari.

Sinar. (2018). Metode Active Learning-Upaya Menigkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Deepublish.

Sulviana, Syarifa Raehana, and M. S. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Budaya Siri’dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Mujaddid: Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Islam, 1(1), 1–7.

Supriyadi. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Kecerdasan Emosional Siswa terhadap Hasil Belajar. PT. NASYA EXPANDING MANAGEMENT.

Sutiah. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Nizamia Learning Center.

Wahab, A. S. dan A. (2023). Efektivitas Metode Pembelajaran Quiz Time Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIPA 1 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 4 Maros. Journal Of Islamic Laws and Studies.

Wahyuningsih, E. S. (2020). Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. CV.BUDI UTAMA.

Yamin, M. (2008). Paradigma Pendidikan Konstruktivistik. Gaung Persada Press.

Zein, M. (2014). Mastery Learning: Factor-Factor yang Mempengaruhinya. Aswaja Pressindo.

Zulmi, R. dan R. N. (2023). Penerapan Metode Resitasi pada Mata Pelajaran Fiqih untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Education and Learning Journal Universitas Muslim Indonesia, 4(2).

Downloads

Published

2025-08-14

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>