PENGARUH KETELADANAN GURU TERHADAP AKHLAK SISWA DI MAN 1 SEDENRENG RAPPANG, SIDRAP
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.30475Keywords:
Keteladanan Guru, Akhlak, Peserta DidikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keteladanan guru terhadap akhlak peserta didik kelas XI di MAN 1 Sidenreng Rappang, Kabupaten Sidrap, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif melalui desain ex-post facto. Sampel terdiri atas 56 peserta didik yang dipilih dari populasi sebanyak 128 peserta didik dengan teknik purposive sampling. Instrumen berupa angket disusun berdasarkan indikator kepribadian guru, kompetensi pedagogik, dan dukungan keluarga, yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepribadian guru, kompetensi guru, dan dukungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap akhlak peserta didik. Koefisien determinasi (R²) sebesar 0,381 menunjukkan bahwa ketiga variabel tersebut secara simultan menjelaskan 38,1% varians akhlak peserta didik. Penelitian ini merekomendasikan perlunya sinergi antara guru, keluarga, dan pihak sekolah dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang mendukung pembentukan akhlak peserta didik secara menyeluruh.Downloads
References
Akbar, Annisa Ashlihatul, Akhmad Syahid, and Abdul Wahab. 2023. “Efektivitas Metode Pembelajaran Quiz Team Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI Mipa 1 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMAN 4 Maros.” QANUN: Journal of Islamic Laws and Studies 2(1):32–38. doi: https://doi.org/10.58738/qanun.v2i1.251.
Amri, Muhammad, and Andi Baso Muammar Assad. 2020. “Pengaruh Keteladanan Guru Terhadap Akhlak Peserta Didik Kelas IX MTs As’Adiyah Puteri 1 Sengkang Kabupaten Wajo.” Inspiratif Pendidikan 9(1):1–12. doi: https://doi.org/10.24252/ip.v9i1.13277.
Ariani, Nurlina. 2022. Buku Ajar Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Widina Bhakti Persada bandung.
Bunyamin, A., & Akil, M. 2023. “Peran Guru Pendidikan Agama Dalam Membina Akhlak Siswa Di MAN Gowa.” Ournal of Gurutta Education 2(2):112–29. doi: https://doi.org/10.33096/jge.v2i2.1401.
Fadhilah, Naylatul, Aini Yusra Usriadi, and Gusmaneli Gusmaneli. 2025. “Peran Pendidikan Islam Sebagai Solusi Krisis Moral Generasi Z Di Era Globalisasi Digital.” Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Agama Islam 3(3):230–37. doi: https://doi.org/10.61132/jmpai.v3i3.1119.
Hafizallah, Yandi. 2020. “The Critics of Thomas Lickona’s Character Education: Islamic Psychology Perspective.” Psychosophia: Journal of Psychology, Religion, and Humanity 2(2):142–57. doi: https://doi.org/10.32923/psc.v2i2.1414.
Ilyas, Ilyas. 2022. “Strategi Peningkatan Kompetensi Profesional Guru.” Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP) 2(1):34–40. doi: https://doi.org/10.54371/jiepp.v2i1.158.
Indriyani, Riska Anisa, Wahyu Lestari, and Farid Setiawan. 2023. “Urgensi Manajemen Pendidikan Dalam Pembentukan Karakter Siswa.” Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya2023 2(1):63–70. doi: https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i2.981.
Irayanti, Irma, Sulkipani Sulkipani, and Sapriya Sapriya. 2023. “Analisis Keteladanan Guru Untuk Meningkatkan Pemahaman Nilai Moral Dan Kesetaraan Gender Pada Siswa Madrasah.” SETARA: Jurnal Studi Gender Dan Anak 5(2):58–110. doi: https://doi.org/10.32332/jsga.v5i02.7953.
Irsalulloh, Dimas Bagus, and Binti Maunah. 2023. “Peran Lembaga Pendidikan Dalam Sistem Pendidikan Indonesia.” Pendikdas: Jurnal Pendidikan Dasar 4(2):17–26. doi: https://doi.org/10.56842/pendikdas.v4i2.164.
Ismi, Nabila, and Ardian Al Hidaya. 2024. “Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Akhlakul Karimah Siswa MTs Mafatihul Huda Aek Batang Toru.” Ahsani Taqwim: Jurnal Pendidikan Dan Keguruan 1(3):341–51. doi: https://doi.org/10.63424/ahsanitaqwim.v1i3.112.
Kemendikbudristek. 2021. Kurikulum Untuk Pemulihan Pembelajaran.
Madhar, Madhar. 2024. “Pemikiran Pendidikan Imam Al-Ghazali Dan Relevansinya Dalam Sistem Pendidikan Islam Kontemporer.” TARQIYATUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Madrasah Ibtidaiyah 3(2):115–26. doi: https://doi.org/10.36769/tarqiyatuna.v3i2.813.
Mubarok, Ahmad, and Heri Rajmi. 2024. “Strategi Guru Mata Pelajaran Akidah Akhlak Dalam Membina Akhlak Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Manba’ul Ulum Kabul Praya Barat Daya Lombok Tengah.” TSIQOH: Jurnal Pendidikan Agama Islam 4(2):745–65.
Mukarommah, Nailul, and Yudi Surono. 2024. “Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Moral Peserta Didik Di Kelas VIII SMP N 10 Kotabumi Lampung Utara T.P. 2022/2023.” JPIB: Jurnal Penelitian Ibnu Rusyd 3(3):68–74.
Pulungan, Hotnida Yanti, Magdalena Magdalena, and Zulhammi Zulhammi. 2023. “Pengaruh Keteladanan Orang Tua Dan Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Sikap Sosial Siswa.” Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan 21(3):676–91. doi: https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v21i3.12903.
Rahmatika, A. I., & Majid, A. 2023. “Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembentukan Karakter Siswa SD Al-Madina Wonosobo.” Al-Mau’izhoh: Jurnal Pendidikan Agama Islam 5(2):241–46. doi: https://doi.org/10.31949/am.v5i2.7056.
Ristanti, Octiana, Atika Suri, Candra Choirrudin, and Lutfita Kurnia Dinanti. 2020. “Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional Telaah Terhadap UU No. 20 Tahun 2003.” Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam 13(2):152–59. doi: https://doi.org/10.32832/tawazun.v13i2.2826.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.