PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF CANVA BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PENDIDIK DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Risa Safitri Pascasarjana PGRI Palembang
  • Ahmad Syarwani Pascasarjana PGRI Palembang
  • Nila Kesumawati Pascasarjana PGRI Palembang

Keywords:

learning media, interactive canva, educator skills

Abstract

 This research aims to: (1) find out the interactive learning media canva based on android based to improve the skills of educators in Elementary Schools (2) find out the level of media feasibility through validation by material experts, media, and (3) find out the level of effectiveness of learning media. This study uses the ADDIE model which includes analysis, design, development, implementation, and evaluation. The results of expert validation show the feasibility of the media with a percentage of 86% (media experts), and 98% (material experts). The results of practicality 87% by teacher response questionnaires, The results of effectiveness show a significant increase in pre-test (54.95) and post-test (87.72) values, with an N-gain value of 0.7081 which shows a high increase, thus the learning media developed is effective for use in learning ABSTRAK  Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui media pembelajaran interaktif canva berbasis android berbasisuntuk meningkatkan keterampilan pendidik di Sekolah Dasar (2)mengetahui tingkat kelayakan media melalui validasi oleh ahli materi, media, serta (3) mengetahui tingkat efektivitas media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang meliputi analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil validasi ahli menunjukkan kelayakan media dengan persentase 86% (ahli media), dan 98% (ahli materi). Hasil kepraktisan 87% oleh angket respon guru, Hasil keefektifan menunjukkan peningkatansignifikan pada nilai pre-test (54.95) dan post-test (87.72), dengan nilai N-gain 0,7081 yang menunjukkan peningkatan tinggi, dengan demikian media pembelajaran yang dikembangkan efektif digunakan dalam pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ambarwati, A., Arafat, Y., &

Aryaningrum, K. (2022). Analisis

Pembelajaran Ppkn

Menggunakan Media Audio

Visual Kelas Iii Sd Yayasan Brk.

Jurnal Holistika, 6(1), 8.

Https://Doi.Org/10.24853/Holistik

a.6.1.8-13

Cahya, T. R. T. W., Prasasti, P. A. T.,

& Kusumawati, N. (2022).

Pengembangan Bahan Ajar E-

Book Berbasis Stem Dalam

Peningkatan Kemampuan

Literasi Sains Di Sekolah Dasar.Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu

Pendidikan, 5(9), 3469–3474.

Https://Doi.Org/10.54371/Jiip.V5i

9.870

Daulae, T. H., Islam, U., Syekh, N.,

Hasan, A., & Addary, A. (2024).

Urgensi Media Pembelajaran

Keteladanan Dalam

Meningkatkan Aktivitas Belajar

Lebih Baik , Tetapi Juga

Mengembangkan Aspek Kognitif

, Afektif , Dan Psikomotorik

Keteladanan Dalam

Meningkatkan Aktivitas Belajar

Siswa . Melalui Penelitian Ini ,.

2(1), 182–203.

Dewi, R. S. I., Widiyanti, L. A. C.,

Kusumaningrum, S. R., Effendi,

M. I., Nurlaili, A. I., Anjarwati, R.,

Herawati, M., Annisa, A., &

Fransisca10, W. (2024).

Pelatihan Pengembangan Media

Pembelajaran Canva For

Education Dalam Modul Ajar

Berbasis Problem Based

Learning Bagi Guru Di Sdn

Bandungrejosari 2 Kecamatan

Sukun Kota Malang. Jurnal

Abdinus: Jurnal Pengabdian

Nusantara, 8(3), 843–856.

Marhamah, M., Kesumawati, N.,

Rohana, R., Lusiana, L., Fitri

Puspa Sari, E., Meilani, D., &

Emiliandri, F. (2024). Pelatihan

Perancangan Pembelajaran

Inovatif Abad 21 Guru Sma

Negeri 16 Palembang. Jurnal

Pengabdian Kepada Masyarakat

Nusantara, 5(1), 1153–1160.

Https://Doi.Org/10.55338/Jpkmn.

V5i1.2829

Mila Alvionita, & Dea Wanda

Milarahma Putri. (2024). Urgensi

Knowledge Management Dalam

Pengembangan Profesionalisme

Guru. Tadbiruna, 4(1), 34–45.

Https://Doi.Org/10.51192/Jurnal

manajemenpendidikanislam.V4i1

.922

Nurhayati, N., Arafat, Y., & Fitriani, Y.

(2020). Penggunaan Media Power

Point Dalam Pembelajaran

Matematika Dan Pengaruhnya

Terhadap Prestasi Belajar Siswa.

Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 13(1),

75–87.

Https://Doi.Org/10.33557/Jedukasi.

V13i1.1036

Ritonga, A. P., Andini, N. P., & Iklmah, L.

(2022). Pengembangan Bahan

Ajaran Media. Jurnal Multidisiplin

Dehasen (Mude), 1(3), 343–348.

Https://Doi.Org/10.37676/Mude.V1i3

.2612

Rorong, F. E., Tulenan, V., & Rumbayan,

M. (2023). Aplikasi Pembelajaran

Interaktif Buku Tematik Subtema

Manusia Dan Lingkungan. Jurnal

Teknik Informatika, 18(03),

129–142.

Rosali, E. S., Sadiah, A., Darmawan, D.,

& Ningsih, M. P. (2023). Pelatihan

Pembelajaran Inovatif Dalam

Implementasi Penelitian Tindakan

Kelas Bagi Guru Di Lingkungan

Dinas Pendidikan Kabupaten Garut.

Swarna: Jurnal Pengabdian Kepada

Masyarakat, 2(1), 32–37.

Https://Doi.Org/10.55681/Swarna.V

2i1.242

Safira, R. F., Nahdi, D. S., Dasar, G.

S., Majalengka, U., Barat, J.,

Artikel, R., Journal, E.,

Professional, F., Storyline, A.,

Reality, A., Creator, S. A., &

Alam, I. P. (2024). Keragaman

Perangkat Lunak Multimedia

Interaktif. 5(2), 68–77.

Setiawan, M. A. S. A. (2024).

Pengembangan Media

Pembelajaran Berbasis Aplikasi

Android Menggunakan Ispring

Dan Apk Builder Pada Mata

Pelajaran Ipas Kelas V Sd

Kurikulum Merdeka. Journal On

Education, 6(3), 15948–15956.

Simbolon, R. W., Siallagan, S., Munte, E.

D., & Barus, B. (2022). Desain

Poster Menarik Memanfaatkan

Canva. Bernas: Jurnal Pengabdian

Kepada Masyarakat, 3(3), 449.

Https://Doi.Org/10.31949/Jb.V3i3.29

04

Sinta, D., Pertiwi, K., Wardhani, I. S., &

Madura, U. T. (2024). Karakteristik

Media Pembelajarn Interaktif. 2(11).

Siregar, A. L. (2024). Peran Media

Pembelajaran Dalam Meningkatkan

Kualitas Pendidikan Agama Islam:

Tinjauan Terhadap Jenis,

Karakteristik, Dan Prosedur

Pemilihan Media. Jurnal Kajian

Agama, Sosial Dan Budaya, 1(1),

14–25.

Surur, M., Sugianto, R., Jannah, S., &

Udzri, K. R. (2024). Pelatihan

Pembuatan Media Pembelajaran

Inovatif Berbasis Canva Untuk

Meningkatkan Kemampuan Literasi

Digital. Dedication: Jurnal

Pengabdian Masyarakat, 8(1),

85–98.

Toma, A. A., & Reinita, R. (2023).

Pengembangan Media

Pembelajaran Canva Berbasis

Model Problem Based Learning Di

Kelas Iv Sekolah Dasar. Sekolah

Dasar: Kajian Teori Dan Praktik

Pendidikan, 32(2), 162.

Https://Doi.Org/10.17977/Um009v3

2i22023p162-177

Downloads

Published

2025-07-08