PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF CANVA BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PENDIDIK DI SEKOLAH DASAR
Keywords:
learning media, interactive canva, educator skillsAbstract
This research aims to: (1) find out the interactive learning media canva based on android based to improve the skills of educators in Elementary Schools (2) find out the level of media feasibility through validation by material experts, media, and (3) find out the level of effectiveness of learning media. This study uses the ADDIE model which includes analysis, design, development, implementation, and evaluation. The results of expert validation show the feasibility of the media with a percentage of 86% (media experts), and 98% (material experts). The results of practicality 87% by teacher response questionnaires, The results of effectiveness show a significant increase in pre-test (54.95) and post-test (87.72) values, with an N-gain value of 0.7081 which shows a high increase, thus the learning media developed is effective for use in learning ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui media pembelajaran interaktif canva berbasis android berbasisuntuk meningkatkan keterampilan pendidik di Sekolah Dasar (2)mengetahui tingkat kelayakan media melalui validasi oleh ahli materi, media, serta (3) mengetahui tingkat efektivitas media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang meliputi analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil validasi ahli menunjukkan kelayakan media dengan persentase 86% (ahli media), dan 98% (ahli materi). Hasil kepraktisan 87% oleh angket respon guru, Hasil keefektifan menunjukkan peningkatansignifikan pada nilai pre-test (54.95) dan post-test (87.72), dengan nilai N-gain 0,7081 yang menunjukkan peningkatan tinggi, dengan demikian media pembelajaran yang dikembangkan efektif digunakan dalam pembelajaran.Downloads
References
Ambarwati, A., Arafat, Y., &
Aryaningrum, K. (2022). Analisis
Pembelajaran Ppkn
Menggunakan Media Audio
Visual Kelas Iii Sd Yayasan Brk.
Jurnal Holistika, 6(1), 8.
Https://Doi.Org/10.24853/Holistik
a.6.1.8-13
Cahya, T. R. T. W., Prasasti, P. A. T.,
& Kusumawati, N. (2022).
Pengembangan Bahan Ajar E-
Book Berbasis Stem Dalam
Peningkatan Kemampuan
Literasi Sains Di Sekolah Dasar.Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu
Pendidikan, 5(9), 3469–3474.
Https://Doi.Org/10.54371/Jiip.V5i
9.870
Daulae, T. H., Islam, U., Syekh, N.,
Hasan, A., & Addary, A. (2024).
Urgensi Media Pembelajaran
Keteladanan Dalam
Meningkatkan Aktivitas Belajar
Lebih Baik , Tetapi Juga
Mengembangkan Aspek Kognitif
, Afektif , Dan Psikomotorik
Keteladanan Dalam
Meningkatkan Aktivitas Belajar
Siswa . Melalui Penelitian Ini ,.
2(1), 182–203.
Dewi, R. S. I., Widiyanti, L. A. C.,
Kusumaningrum, S. R., Effendi,
M. I., Nurlaili, A. I., Anjarwati, R.,
Herawati, M., Annisa, A., &
Fransisca10, W. (2024).
Pelatihan Pengembangan Media
Pembelajaran Canva For
Education Dalam Modul Ajar
Berbasis Problem Based
Learning Bagi Guru Di Sdn
Bandungrejosari 2 Kecamatan
Sukun Kota Malang. Jurnal
Abdinus: Jurnal Pengabdian
Nusantara, 8(3), 843–856.
Marhamah, M., Kesumawati, N.,
Rohana, R., Lusiana, L., Fitri
Puspa Sari, E., Meilani, D., &
Emiliandri, F. (2024). Pelatihan
Perancangan Pembelajaran
Inovatif Abad 21 Guru Sma
Negeri 16 Palembang. Jurnal
Pengabdian Kepada Masyarakat
Nusantara, 5(1), 1153–1160.
Https://Doi.Org/10.55338/Jpkmn.
V5i1.2829
Mila Alvionita, & Dea Wanda
Milarahma Putri. (2024). Urgensi
Knowledge Management Dalam
Pengembangan Profesionalisme
Guru. Tadbiruna, 4(1), 34–45.
Https://Doi.Org/10.51192/Jurnal
manajemenpendidikanislam.V4i1
.922
Nurhayati, N., Arafat, Y., & Fitriani, Y.
(2020). Penggunaan Media Power
Point Dalam Pembelajaran
Matematika Dan Pengaruhnya
Terhadap Prestasi Belajar Siswa.
Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 13(1),
75–87.
Https://Doi.Org/10.33557/Jedukasi.
V13i1.1036
Ritonga, A. P., Andini, N. P., & Iklmah, L.
(2022). Pengembangan Bahan
Ajaran Media. Jurnal Multidisiplin
Dehasen (Mude), 1(3), 343–348.
Https://Doi.Org/10.37676/Mude.V1i3
.2612
Rorong, F. E., Tulenan, V., & Rumbayan,
M. (2023). Aplikasi Pembelajaran
Interaktif Buku Tematik Subtema
Manusia Dan Lingkungan. Jurnal
Teknik Informatika, 18(03),
129–142.
Rosali, E. S., Sadiah, A., Darmawan, D.,
& Ningsih, M. P. (2023). Pelatihan
Pembelajaran Inovatif Dalam
Implementasi Penelitian Tindakan
Kelas Bagi Guru Di Lingkungan
Dinas Pendidikan Kabupaten Garut.
Swarna: Jurnal Pengabdian Kepada
Masyarakat, 2(1), 32–37.
Https://Doi.Org/10.55681/Swarna.V
2i1.242
Safira, R. F., Nahdi, D. S., Dasar, G.
S., Majalengka, U., Barat, J.,
Artikel, R., Journal, E.,
Professional, F., Storyline, A.,
Reality, A., Creator, S. A., &
Alam, I. P. (2024). Keragaman
Perangkat Lunak Multimedia
Interaktif. 5(2), 68–77.
Setiawan, M. A. S. A. (2024).
Pengembangan Media
Pembelajaran Berbasis Aplikasi
Android Menggunakan Ispring
Dan Apk Builder Pada Mata
Pelajaran Ipas Kelas V Sd
Kurikulum Merdeka. Journal On
Education, 6(3), 15948–15956.
Simbolon, R. W., Siallagan, S., Munte, E.
D., & Barus, B. (2022). Desain
Poster Menarik Memanfaatkan
Canva. Bernas: Jurnal Pengabdian
Kepada Masyarakat, 3(3), 449.
Https://Doi.Org/10.31949/Jb.V3i3.29
04
Sinta, D., Pertiwi, K., Wardhani, I. S., &
Madura, U. T. (2024). Karakteristik
Media Pembelajarn Interaktif. 2(11).
Siregar, A. L. (2024). Peran Media
Pembelajaran Dalam Meningkatkan
Kualitas Pendidikan Agama Islam:
Tinjauan Terhadap Jenis,
Karakteristik, Dan Prosedur
Pemilihan Media. Jurnal Kajian
Agama, Sosial Dan Budaya, 1(1),
14–25.
Surur, M., Sugianto, R., Jannah, S., &
Udzri, K. R. (2024). Pelatihan
Pembuatan Media Pembelajaran
Inovatif Berbasis Canva Untuk
Meningkatkan Kemampuan Literasi
Digital. Dedication: Jurnal
Pengabdian Masyarakat, 8(1),
85–98.
Toma, A. A., & Reinita, R. (2023).
Pengembangan Media
Pembelajaran Canva Berbasis
Model Problem Based Learning Di
Kelas Iv Sekolah Dasar. Sekolah
Dasar: Kajian Teori Dan Praktik
Pendidikan, 32(2), 162.
Https://Doi.Org/10.17977/Um009v3
2i22023p162-177
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.