Kendala Dan Solusi Dari Implementasi Kurikulum Merdeka Di SDN Alalak Tengah 4
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i2.24652Keywords:
Kurikulum Merdeka, implementasi, sekolah dasar, tantangan pembelajaran, kolaborasi guru, kebijakan pendidikan.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kendala yang dihadapi serta solusi yangditerapkan dalam proses implementasi Kurikulum Merdeka di SDN Alalak Tengah 4.Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknikpengumpulan data melalui wawancara kepada kepala sekolah dan guru kelas VI. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa kendala utama meliputi kurangnya pemahaman guruterhadap konsep pembelajaran berdiferensiasi, keterbatasan sarana dan prasaranapenunjang projek profil Pelajar Pancasila, serta waktu yang terbatas untuk perencanaandan refleksi pembelajaran. Selain itu, minimnya pelatihan berkelanjutan juga menjadihambatan dalam penerapan kurikulum ini secara optimal. Sebagai solusi, sekolahberinisiatif melakukan pelatihan internal, kolaborasi antar guru melalui komunitasbelajar, serta memanfaatkan media sederhana dalam menjalankan pembelajaran yangkontekstual. Temuan ini merekomendasikan perlunya dukungan kebijakan yangmemperkuat pelatihan implementasi Kurikulum Merdeka di tingkat sekolah dasar secaramerata dan berkelanjutan.Downloads
References
Agus Triansyah, F., & Ridwan, M. (2023). MANAJEMEN PENDIDIKAN (Konsep dan
Aplikasi). https://www.researchgate.net/publication/375757399
Alpadhila, G., Husniyah, H., Perdana, M. S. Y., Khalizah, N., Shafitri, P. R., Madina, R.,
Suriansyah, A., & Pratiwi, D. A. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar
di Sekolah Penggerak SDIT Al Firdaus Banjarmasin. MARAS: Jurnal Penelitian
Multidisiplin, 2(3), 1280–1291. https://doi.org/10.60126/maras.v2i3.361
Amalia, L. A. F. (2023). Analisis Perubahan Kurikulum di Indonesia & Pengembangan
Pendekatan Understanding By Design.
Anam, R. S., Sapta, A., Handayani, M., Masbukhin, F. A. A., Pirdayuni, P., &
Rohmawati, A. (2024). OPTIMALISASI PENGGUNAAN APLIKASI DIGITAL
DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR PADA KOTA
SERANG. Jurnal Pemberdayaan Sosial dan Teknologi Masyarakat, 4(2), 164.
https://doi.org/10.54314/jpstm.v4i2.2253
Arjuni, M., & Aristiati, F. (2024). IEMJ: Islamic Education Managemen Journal
Kendala-Kendala Implementasi Kurikulum Merdeka di Satuan Pendidikan.
Arjuni, M., Aristiati, F., Al-Ma’arif, I., Kanan, W., & Com, A. M. (2024). IEMJ: Islamic
Education Managemen Journal Kendala-Kendala Implementasi Kurikulum
Merdeka di Satuan Pendidikan.
Firdaus, R., & Permana, J. (2024). Kelebihan dan Kekurangan Implementasi Kebijakan
Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(3), 1885–1897.
https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i3.7570
Fullan, M. (2007). The New Meaning of Educational Change. Teachers College Press.
https://books.google.co.id/books?id=dvc84eFzKkkC
Hernanda, I., Sofiah, D., Muslikah, D., & Psikologi, F. (2022). Kesejahteraan psikologis
pada tenaga pengajar: Menguji peranan rasa syukur dan keseimbangan kehidupan-
kerja. INNER: Journal of Psychological Research.
Kemendikbudristek. (2022). Perubahan atas Keputusan Menteri Pendidikan,
Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan
Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran.
Kemendikbudristekdikti. (2022). Pedoman penerapan kurikulum dalam rangka
pemulihan pembelajaran. Menpendikbudristek, 1–112.
Majidah, N., Maulana, A., Nooraida, D., Yanti, R., Mulyani, S., Rusda, A., Yuniar, T.,
Pratiwi, D. A., & Aslamiah, A. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Terhadap
Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa di SDN Alalak Tengah 2. MARAS: Jurnal
Penelitian Multidisiplin, 2(3), 1226–1235. https://doi.org/10.60126/maras.v2i3.353
Marliah, Ridhati, N. H., Rahmah, S., Fauziah, D., Munir, M. M., Aslamiah, A., & Pratiwi,
D. A. (2024). Tranformasi Kurikulum 2013 Menuju Kurikulum Merdeka Di SDN
Pasar Lama 6 Banjarmasin. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(3), 1158–
1165. https://doi.org/10.60126/maras.v2i3.345
Nisa, H., Ulya, M. A., Setiadi, M. C., Tahir, M., Amaliah, N., Norhayati, N., Aminah, S.,
Suriansyah, A., & Pratiwi, D. A. (2024). Implementasi Kesiapan Pendidik dalam
Penerapan Kurikulum Merdeka di SDN Sungai Miai 4. MARAS: Jurnal Penelitian
Multidisiplin, 2(3), 1268–1279. https://doi.org/10.60126/maras.v2i3.358
Prastyowati, M., Oktarina, N., & Rokhman, F. (2023). KEPEMIMPINAN
TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI
KURIKULUM MERDEKA.
Rahmadani, A. P., Ramadhanie, A., & Pratama, C. E. (2024). Hambatan Implementasi
Kurikulum Merdeka di SDN Alalak. 1175–1187.
Rahmadani, A. P., Ramadhanie, A., Pratama, C. E., Maulida, R., Nur, S. H., Aslamiah,
A., & Pratiwi, D. A. (2024). Hambatan Implementasi Kurikulum Merdeka di SDN
Alalak Tengah 4. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(3), 1175–1187.
https://doi.org/10.60126/maras.v2i3.347
Ramadhani, O., Sartika, Y., Aulia, S., Mawaly, N. K., Marsanda, A., Damayanti, P. D.,
Suriansyah, A., & Pratiwi, D. A. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka di SDN
Pasar Lama 1. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(3), 1256–1267.
https://doi.org/10.60126/maras.v2i3.357
Rosyada, Amrina. S. Putri. C. (2024). Kurikulum Merdeka: Dampak Peningkatan Beban
Administrasi Guru terhadap Efektivitas Pembelajaran.
Safitri, D., Dewi, R., Jati, D. K., Rahmah, S., Dewi, R. N. K., Putri, D. A., Budianti, S.
A., Pratiwi, D. A., & Aslamiah, A. (2024). Dinamika Implementasi Kurikulum
Merdeka di SD Negeri Karang Mekar 9. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin,
2(3), 1202–1216. https://doi.org/10.60126/maras.v2i3.351
Sagala, S. (2009). Kemampuan profesional guru dan tenaga kependidikan:
pemberdayaan guru, tenaga kependidikan, dan masyarakat dalam manajemen
sekolah. Alfabeta. https://books.google.co.id/books?id=AEsOAQAAMAAJ
Saskia, Y., Putria, N. D., Bulkis, P., Putri, W. A., Firdaus, M., Pratiwi, D. A., & Aslamiah,
A. (2024). Implementasi Pembelajaran Berbasis Kurikulum Merdeka di Kelas 1
SDN Pangeran 1 Banjarmasin. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(3), 1313–
1324. https://doi.org/10.60126/maras.v2i3.370
Sasmita, eli. D. (2022). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kendala Guru Dalam
Menerapkan Kurikulum Merdeka (Studi Kasus: Sdn 21 Koto Tuo, Kec. Baso) (Vol.
4).
Siregar, Y. B. (2022). Penerapan Outcome-Based Education dan Permasalahannya.
Startyaningsih, T., Sumarno, S., & Dwijayanti, I. (2024). Analisis Hambatan dan Solusi
dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di SDN Jomblang 03. Tematik: Jurnal
Penelitian Pendidikan Dasar, 3(1), 48–55. https://doi.org/10.57251/tem.v3i1.1401
Suyanto & Asep Jihad. (2013). MENJADI GURU PROFESIONAL: Strategi
Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global. PENERBIT
ERLANGGA. https://books.google.co.id/books?id=nMEVBQAAQBAJ
Wahidaty, H. (2021). Manajemen Waktu: Dari Teori Menuju Kesadaran Diri Peserta
Didik. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(4), 1880–1889.
https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.1015
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.