Kendala Dan Solusi Dari Implementasi Kurikulum Merdeka Di SDN Alalak Tengah 4

Authors

  • Abdul Iwani Universitas Lambung Mangkurat
  • Muhammad Irham Universitas Lambung Mangkurat
  • Muhammad Syahman Rizani Universitas Lambung Mangkurat
  • Diani Ayu Pratiwi Universitas Lambung Mangkurat
  • Aslamiah Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i2.24652

Keywords:

Kurikulum Merdeka, implementasi, sekolah dasar, tantangan pembelajaran, kolaborasi guru, kebijakan pendidikan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kendala yang dihadapi serta solusi yangditerapkan dalam proses implementasi Kurikulum Merdeka di SDN Alalak Tengah 4.Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknikpengumpulan data melalui wawancara kepada kepala sekolah dan guru kelas VI. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa kendala utama meliputi kurangnya pemahaman guruterhadap konsep pembelajaran berdiferensiasi, keterbatasan sarana dan prasaranapenunjang projek profil Pelajar Pancasila, serta waktu yang terbatas untuk perencanaandan refleksi pembelajaran. Selain itu, minimnya pelatihan berkelanjutan juga menjadihambatan dalam penerapan kurikulum ini secara optimal. Sebagai solusi, sekolahberinisiatif melakukan pelatihan internal, kolaborasi antar guru melalui komunitasbelajar, serta memanfaatkan media sederhana dalam menjalankan pembelajaran yangkontekstual. Temuan ini merekomendasikan perlunya dukungan kebijakan yangmemperkuat pelatihan implementasi Kurikulum Merdeka di tingkat sekolah dasar secaramerata dan berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus Triansyah, F., & Ridwan, M. (2023). MANAJEMEN PENDIDIKAN (Konsep dan

Aplikasi). https://www.researchgate.net/publication/375757399

Alpadhila, G., Husniyah, H., Perdana, M. S. Y., Khalizah, N., Shafitri, P. R., Madina, R.,

Suriansyah, A., & Pratiwi, D. A. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar

di Sekolah Penggerak SDIT Al Firdaus Banjarmasin. MARAS: Jurnal Penelitian

Multidisiplin, 2(3), 1280–1291. https://doi.org/10.60126/maras.v2i3.361

Amalia, L. A. F. (2023). Analisis Perubahan Kurikulum di Indonesia & Pengembangan

Pendekatan Understanding By Design.

Anam, R. S., Sapta, A., Handayani, M., Masbukhin, F. A. A., Pirdayuni, P., &

Rohmawati, A. (2024). OPTIMALISASI PENGGUNAAN APLIKASI DIGITAL

DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR PADA KOTA

SERANG. Jurnal Pemberdayaan Sosial dan Teknologi Masyarakat, 4(2), 164.

https://doi.org/10.54314/jpstm.v4i2.2253

Arjuni, M., & Aristiati, F. (2024). IEMJ: Islamic Education Managemen Journal

Kendala-Kendala Implementasi Kurikulum Merdeka di Satuan Pendidikan.

Arjuni, M., Aristiati, F., Al-Ma’arif, I., Kanan, W., & Com, A. M. (2024). IEMJ: Islamic

Education Managemen Journal Kendala-Kendala Implementasi Kurikulum

Merdeka di Satuan Pendidikan.

Firdaus, R., & Permana, J. (2024). Kelebihan dan Kekurangan Implementasi Kebijakan

Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(3), 1885–1897.

https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i3.7570

Fullan, M. (2007). The New Meaning of Educational Change. Teachers College Press.

https://books.google.co.id/books?id=dvc84eFzKkkC

Hernanda, I., Sofiah, D., Muslikah, D., & Psikologi, F. (2022). Kesejahteraan psikologis

pada tenaga pengajar: Menguji peranan rasa syukur dan keseimbangan kehidupan-

kerja. INNER: Journal of Psychological Research.

Kemendikbudristek. (2022). Perubahan atas Keputusan Menteri Pendidikan,

Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan

Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran.

Kemendikbudristekdikti. (2022). Pedoman penerapan kurikulum dalam rangka

pemulihan pembelajaran. Menpendikbudristek, 1–112.

Majidah, N., Maulana, A., Nooraida, D., Yanti, R., Mulyani, S., Rusda, A., Yuniar, T.,

Pratiwi, D. A., & Aslamiah, A. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Terhadap

Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa di SDN Alalak Tengah 2. MARAS: Jurnal

Penelitian Multidisiplin, 2(3), 1226–1235. https://doi.org/10.60126/maras.v2i3.353

Marliah, Ridhati, N. H., Rahmah, S., Fauziah, D., Munir, M. M., Aslamiah, A., & Pratiwi,

D. A. (2024). Tranformasi Kurikulum 2013 Menuju Kurikulum Merdeka Di SDN

Pasar Lama 6 Banjarmasin. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(3), 1158–

1165. https://doi.org/10.60126/maras.v2i3.345

Nisa, H., Ulya, M. A., Setiadi, M. C., Tahir, M., Amaliah, N., Norhayati, N., Aminah, S.,

Suriansyah, A., & Pratiwi, D. A. (2024). Implementasi Kesiapan Pendidik dalam

Penerapan Kurikulum Merdeka di SDN Sungai Miai 4. MARAS: Jurnal Penelitian

Multidisiplin, 2(3), 1268–1279. https://doi.org/10.60126/maras.v2i3.358

Prastyowati, M., Oktarina, N., & Rokhman, F. (2023). KEPEMIMPINAN

TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI

KURIKULUM MERDEKA.

Rahmadani, A. P., Ramadhanie, A., & Pratama, C. E. (2024). Hambatan Implementasi

Kurikulum Merdeka di SDN Alalak. 1175–1187.

Rahmadani, A. P., Ramadhanie, A., Pratama, C. E., Maulida, R., Nur, S. H., Aslamiah,

A., & Pratiwi, D. A. (2024). Hambatan Implementasi Kurikulum Merdeka di SDN

Alalak Tengah 4. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(3), 1175–1187.

https://doi.org/10.60126/maras.v2i3.347

Ramadhani, O., Sartika, Y., Aulia, S., Mawaly, N. K., Marsanda, A., Damayanti, P. D.,

Suriansyah, A., & Pratiwi, D. A. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka di SDN

Pasar Lama 1. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(3), 1256–1267.

https://doi.org/10.60126/maras.v2i3.357

Rosyada, Amrina. S. Putri. C. (2024). Kurikulum Merdeka: Dampak Peningkatan Beban

Administrasi Guru terhadap Efektivitas Pembelajaran.

Safitri, D., Dewi, R., Jati, D. K., Rahmah, S., Dewi, R. N. K., Putri, D. A., Budianti, S.

A., Pratiwi, D. A., & Aslamiah, A. (2024). Dinamika Implementasi Kurikulum

Merdeka di SD Negeri Karang Mekar 9. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin,

2(3), 1202–1216. https://doi.org/10.60126/maras.v2i3.351

Sagala, S. (2009). Kemampuan profesional guru dan tenaga kependidikan:

pemberdayaan guru, tenaga kependidikan, dan masyarakat dalam manajemen

sekolah. Alfabeta. https://books.google.co.id/books?id=AEsOAQAAMAAJ

Saskia, Y., Putria, N. D., Bulkis, P., Putri, W. A., Firdaus, M., Pratiwi, D. A., & Aslamiah,

A. (2024). Implementasi Pembelajaran Berbasis Kurikulum Merdeka di Kelas 1

SDN Pangeran 1 Banjarmasin. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(3), 1313–

1324. https://doi.org/10.60126/maras.v2i3.370

Sasmita, eli. D. (2022). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kendala Guru Dalam

Menerapkan Kurikulum Merdeka (Studi Kasus: Sdn 21 Koto Tuo, Kec. Baso) (Vol.

4).

Siregar, Y. B. (2022). Penerapan Outcome-Based Education dan Permasalahannya.

Startyaningsih, T., Sumarno, S., & Dwijayanti, I. (2024). Analisis Hambatan dan Solusi

dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di SDN Jomblang 03. Tematik: Jurnal

Penelitian Pendidikan Dasar, 3(1), 48–55. https://doi.org/10.57251/tem.v3i1.1401

Suyanto & Asep Jihad. (2013). MENJADI GURU PROFESIONAL: Strategi

Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global. PENERBIT

ERLANGGA. https://books.google.co.id/books?id=nMEVBQAAQBAJ

Wahidaty, H. (2021). Manajemen Waktu: Dari Teori Menuju Kesadaran Diri Peserta

Didik. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(4), 1880–1889.

https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.1015

Downloads

Published

2025-08-10

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2