MENINGKATKAN KEMANDIRIAN SISWA MENGGUNAKAN MODEL LEGO DAN PERMAINAN MISSION X DI SDN PEMURUS DALAM 6
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.23079Keywords:
Independence, LEGO Model, Mission x.Abstract
Permasalahan penelitian ini adalah kemandirian belajar siswa masih kurang karena belum adanya perhatian terhadap mandiri dalam belajar. Penyebabnya adalah pembelajaran yang bersifat satu arah, proses pembelajaran masih banyak didominasi oleh guru (teacher center). Alternatif pemecahan masalah pada penelitian ini menggunakan model LEGO (Problem Based Learning, Group Investigation, dan Teams Games Tournament) dan Permainan Mission x. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemandirian siswa. Penelitian ini menggunakan dua macam pendekatan yaitu kuantitatif dan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Setting penelitian disini adalah siswa kelas IV SDN Pemurus Dalam 6, yang berjumlah 32 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemandirian siswa pada pertemuan 1 mencapai 39% dengan kriteria kriteria cukup mandiri dan meningkat pada pertemuan 4 mencapai 94% dengan kriteria sangat mandiri. Berdasarkan hasil temuan ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model LEGO dan Permainan Mission x dapat meningkatkan kemandirian siswa. Disarankan model ini dapat dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan berpikir kritis, kemandirian dan hasil belajar siswa.Downloads
References
Agusta, A. R., Suriansyah, A., Noorhapizah, & Pratiwi, D. A. (2020). Kesiapan Guru Dalam Melaksanakan Pembelajaran Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis Dan Berpikir Kreatif Menggunakan Metode Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi COVID-19 Ditinjau Dari Pengetahuan Dan Kemampuan Guru Dalam Mengemas Perangkat Pembelajaran. Web-Seminar Nasional Pendidikan (Sumber Elektronis) “Akreditasi Sebagai Sarana Penguatan Mutu Pendidikan Nasional,”3(April), 49–58.Https://Repo-Dosen.Ulm.Ac.Id/Bitstream/Handle/123456789/24835/Prosiding Semnas 27 Juni 2020_DIANI.Pdf?Sequence=1&Isallowed=Y
Agustina, N. S. … Maulana, Y. (2022). Analisis Pedagogical Content Knowledge terhadap Buku Guru IPAS pada Muatan IPA Sekolah Dasar Kurikulum Merdeka. Jurnal Basicedu, 6(5), 9180–9187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3662
Agustina, N. S. … Maulana, Y. (2022). Analisis Pedagogical Content Knowledge terhadap Buku Guru IPAS pada Muatan IPA Sekolah Dasar Kurikulum Merdeka. Jurnal Basicedu, 6(5), 9180–9187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3662
Akbar, Z., & Tahoma, O. (2018). Dukungan Sosial dan Relisiensi Diri Pada Guru. Jurnal Penelitian Dan Pengukuran Psikologi, 7(1), 53–59.
Amelia, N. ., & Dafit, F. . (2023). Strategi Guru dalam Menanamkan Karakter Disiplin Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 142–149. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i1.59956
Angga, A. … Prihantini, P. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Garut. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3149
Badarudin, B., Muslim, A., & Sadeli, E. H. (2022). Model Problem Based Learning Berbasis Literasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kemandirian Belajar Siswa Kelas IV MI Muhammadiyah Kramat Kembaran. Khazanah Pendidikan, 16(1), 154. https://doi.org/10.30595/jkp.v16il.13359
Bungsu, T., Vilardi, M., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SMKN 1 CIHAMPELAS. Journal on Education, 1(2), 382-389. https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.78
Eliyah, S., Isnani, I., & Utami, W. B. (2018). Keefektifan Model Pembelajaran Course Review Horay Berbantuan Power Point Terhadap Kepercayaan Diri Dan Prestasi Belajar. JES-MAT (Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika), 4(2), 131. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v4i2.1455
Etika Rahmawati, L., & Indriyani Setyaningsih, V. (2021). Kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran daring mata pelajaran bahasa Indonesia (Students’ independent learning in the online learning for bahasa Indonesia subject). Kembara: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 7(2), 353–365. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/kembara
Fatirul, A. N., & Walujo, D. adi. (2022). Metode Penelitian Pengembangan Bidang Pembelajarain (Edisi Khusus Mahasiswa Pendidikan dan Pendidik). Pascal Books.
Harita, A., Laia, B., & Zagoto, S. F. L. (2022). P-ISSN: 2775-3042 E-ISSN: 2829-1077 Universitas Nias Raya termasuk masalah rendahnya kedisiplinan siswa dalam belajar. Rendahnya kedisiplinan siswa dalam belajar, tentu tidak dapat diidentifikasi secara totalitas oleh pengajar, karena kecenderungan mereka. Counseling For All (Jurnal Bimbingan Dan Konseling), 2(1), 40–52. https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/counseling/article/view/375
Hasibuan, A. M., Saragih, S., & Amry, Z. (2019). Development of Learning Devices Based on Realistic Mathematics Education to Improve Students’ Spatial Ability and Motivation. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(2), 243–252. https://doi.org/10.29333/iejme/5729
Hosnan, M. (2014). Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21: Kunci sukses implementasi kurikulum 2013. Ghalia Indonesia.
Kidjab, M. R., Ismail, S., & Abdullah, A. W. (2019). Deskripsi Kemandirian Belajar Dalam Pembelajaran Matematika Smp. Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains Dan Teknologi, 7(1), 25–31. https://doi.org/10.34312/euler.v7i1.10330
Kurnia Bungsu, T. … Barat, J. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Di Smkn 1 Cihampelas. Journal on Education, 1(2), 382–389.
Maisarah … Mulyani. (2023). Analisis Kebutuhan Media Digital Pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 2(1), 48–59. https://doi.org/10.56855/jpsd.v2i1.314
Maulidah, M., & Pratiwi, D. A. (2023). MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL SOPRAN MUATAN IPA. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(10), 2182–2188. Retrieved from http://www.journal.ikopin.ac.id/index.php/humantech/article/view/3550
Maysyaroh, U., Kristanto, Y. D., & Partini, P. (2022). Upaya meningkatkan kemandirian belajar siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI). JIPMat, 7(2), 70-82.
Mulyadi, M., & Syahid, A. (2020a). Faktor Pembentuk dari Kemandirian Belajar Siswa. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 5(02), 197–214. https://doi.org/10.46963/alliqo.v5i02.246
Noorhapizah, N., Pratiwi, D. A., & Putri, T. A. S. (2023). Pelatihan pengembangan bahan ajar berbasis muatan lokal dalam implementasi kurikulum merdeka. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 63-72.
Noorhapizah, Prihandoko, Y., Pratiwi, D. A., & Saputra , M. D. (2024). Effectiveness of the ‘BANGKIT’ Program to Support the Implementation of Merdeka Curriculum in Primary Schools in a Wetland Environment. Journal of Education Method and Learning Strategy, 2(1), 8-16.
Novianska, M., Romdanih, & Nur Hasanah. (2021). Kemandirian Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Matematika Dengan Metode Contextual Teaching and Learning (CTL) Secara Daring. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III, III(1), 385–397.
Nurani, R. Z., & Nugraha, F. (2022). Analisis Karakter Tanggung Jawab Siswa Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 217–228.
Pangestu, Realita A., and Sutirna Sutirna. "Analisis Kepercayaan Diri Siswa terhadap Pembelajaran Matematika." Maju, vol. 8, no. 1, 2021.
Pratiwi, D. A (2018) Pembelajaran kooperatif group investigation berbantuan media audio visual untuk meningkatkan hasil belajar dan kemandirian / Diani Ayu Pratiwi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Pratiwi, D. A., & Sofiawati, N. (2018). Problem Solving Learning, Think Pair and Share (TPS) based on Audio Visual Media Improving Oral Activities. Atlantis Press: Ist International Conference on Creativity, Innovation, Technology in Education (IC-CITE 2018), 274, 54-59. https://doi.org/10.2991/iccite-18.2018.13
Pratiwi, D. A., Lawe, Y. U., Munir, M., Wahab, A., Prananda, G., Safiah, I., ... & Rame, T. (2021). Perencanaan Pembelajaran SD/MI. Yayasan penerbit Muhammad Zaini.
Rudini, M., & Agustina, A. (2021). Analisis Motivasi Siswa dalam Mengerjakan Tugas Rumah Di SMA Al-Mannan Tolitoli. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 770–780. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.496
Sidiq, M. A., & Prasetyo, T. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving dan Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 361–370. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.358
Sugiani. (2022). GROUP INVESTIGATION MODEL PEMBELAJARAN MASA KINI (M. Hidayat & Miskadi (eds.)). Penerbit P4I.
Susanti, O., & Putra, E. D. (2021). Analisis Kemandirian Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Rantau Sialang. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 457–472. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.1014
Susilowati, A. (2018). Pengaruh PBL terhadap kemandirian belajar siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 2(1), 72-77.
Syahputra, D. (2017). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Bimbingan Belajar Terhadap Kemampuan Memahami Jurnal Penyesuaian pada Siswa SMA Melati Perbaungan. At-Tawassuth, 2(2), 368–388.
Tugiyanto, A., Trisiana, A., & Supeni, S. (2023). Meningkatkan Prestasi Belajar Ppkn Kompetensi Dasar Hak Dan Kewajiban Terhadap Lingkungan Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Siswa Kelas Iv Sdit Mutiara Hati Ngargoyoso Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Global Citizen, 12(1), 11–16. https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/glbctz/article/view/8829
Wandini, R. R., & Sinaga, M. R. (2019). Permainan Ular Tangga Dan Kartu Pintar Pada Materi Bangun Datar. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 8(1). https://doi.org/10.30821/axiom.v8i1.5444
Warsidah, W. … Mulya Ashari, A. (2022). Implementasi Pembelajaran Berbasis Kurikulum Merdeka pada Peserta Didik Kelas 4 Sekolah Dasar Negeri No 16 Pontianak Utara. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 233. https://doi.org/10.29240/jpd.v6i2.5519
Wijanarko, T., & Taofik. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas V. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.6541
Yudi Candra Hermawan, Wikanti Iffah Juliani, H. W. (2021). Konsep Kurikulum Pendidikan Islam. TAUJIH: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 1–16. https://doi.org/10.53649/taujih.v3i1.88
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.