IMPLEMENTASI MODEL ROTAN DAN PERMAINAN ``CEPAT TEPAT`` UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI

Authors

  • Mutiara Hikmah Universitas Lambung Mangkurat
  • Diani Ayu Pratiwi Universitas Lambung Mangkurat

Keywords:

Model Rotan, Permainan ``Cepat Tepat``, Keterampilan Komunikasi

Abstract

Penelitian ini mengidentifikasi permasalahan pada keterampilan komunikasi siswa kelas 4 SDN Teluk Dalam 1 dalam mata pelajaran IPAS. Ketidakmampuan proses pembelajaran untuk menarik minat siswa dan minimnya interaksi dua arah selama pembelajaran berkontribusi terhadap situasi ini. Satu dari sekian upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan model pembelajaran Rotan (Problem Based Learning, Teams Games Tournaments, dan Contextual Teaching and Learning) yang dipadukan dengan permainan "Cepat Tepat". Dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas, penelitian ini menyelidiki keterampilan siswa untuk berkomunikasi selama empat pertemuan dengan 21 siswa pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Pendekatan kualitatif digunakan, dengan data yang diperoleh melalui observasi keterampilan komunikasi siswa. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, hasilnya menunjukkan peningkatan dalam berbagai aspek keterampilan komunikasi. Keterampilan komunikasi pada pertemuan pertama masih pada angka 48%, meningkat menjadi 86% pada pertemuan keempat, yang menunjukkan kategori "sangat terampil". Dengan demikian, dapat dibuat simpulkan bahwasanya model Rotan adalah model pembelajaran yang berhasil untuk meningkatkan keterampilan siswa untuk berkomunikasi khususnya dalam pembelajaran muatan IPAS.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agusta, A. R., & Pratiwi, D. A. (2020). Developing Blended Learning Model MARTAPURA to Improve Soft and Social Skills. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 513.

Amri, N. A., Amri, N., Hajerah, & Usman. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA BUSY BOOK PADA ASPEK LITERASI ANAK USIA DINI. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(1), 406–411. doi:10.51494/jpdf.v4i1.838

Anggitawati, B. H., Herlina, A., Hadiyanti, D., Bruri, Y., Universitasi, K., Dharma, S., … Baru, D. (2023). Implementasi Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Sikap Percaya Diri dan Kemampuan Komunikasi Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 23(2).

Ansori, Y. Z., Suhandi Saputra, D., & Yunarti, S. (2019). MEDIA MONOPOLI MENCIPTAKAN SUASANA YANG MENYENANGKAN PADA PEMBELAJARAN IPS. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 764–770.

Anwar, M. (2017). Menciptakan Pembelajaran Efektif Melalui Hypnoteaching. Ekspose, 16(2).

Aprila, B., & Fajar, A. A. (2022). Pembelajaran Model Problem Based Learning Untuk Mengembangkan Kemandirian Belajar Dan Hubungannya Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, (Vol 12 No 1), 15–29. doi:10.23969/pjme.v12i1.5408

Evariyani, E., Kartono, K., & Suminar, T. (2023). Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Problem Based Learning dengan Teacher Feedback Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa SMP. Journal on Education, 5(2), 3120–3128. doi:10.31004/joe.v5i2.972

Fariza, A. A., Nurfadillah, A., & Syakur, A. (2023). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Wordwall Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV UPTD SDN 145 Inpres Pampangan. Education : Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 3(3), 44–56. doi:10.51903/education.v3i3.440

Fitriah, P. I., Yulianto, B., & Asmarani, R. (2020). Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa Melalui Penerapan Metode Everyone Is A Teacher Here. Journal of Education Action Research, 4(4), 546–555. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/index

Khoirurrijal, Fadriati, Sofia, Makrufi, A. D., Gandi, S., Tajeri, & Fakhrufin. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.

Laili, N., & Asari, S. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Keterampilan Komunikasi Lisan Siswa SD. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) . Retrieved from http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id

Lase, D. (2019). Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora Dan Kebudayaan, 12(2), 28–43. doi:10.36588/sundermann.v1i1.18

Luh, N., & Armidi, S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VI SD. Journal of Education Action Research, 6(2), 214–220. doi:10.23887/jear.v6i2.44635

Maretta, F. R., & Pratiwi, D. A. (2023). Implementasi Model ‘PRESTASI’ Pada Muatan IPS untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Peserta Didik. DIKSEDA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(2), 83–95.

Maulidah, & Pratiwi, D. A. (2023). Meningkatkan Kemandirian dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Sopran Muatan IPA. HUMANTECH JURNAL ILMIAH MULTI DISIPLIN INDONESIA, 2(10).

Muliana, & Nuraina. (2020). PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELASVIII SMP DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DAN ALAT PERAGA. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (JPMS), 6(2).

Nissa, S. F., & Renoningtyas, N. (2021). Penggunaan media pembelajaran wordwall untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2854–2860.

Novianti, R., & Hadi, L. (2019). DESKRIPSI KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 17 PONTIANAK PADA MATERI ZAT ADITIF. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK).

Nurhayati, S., & Putro, K. Z. (2021). BERMAIN DAN PERMAINAN ANAK USIA DINI. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1).

Pane, A. (2018). MENYIMAK SEBAGAI KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI. Jurnal Thariqah Ilmiah, 06.

Pertiwi, N. R., Sabila, H. N., & Sintawati, A. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Keterampilan Kolaboratif dan Komunikasi Sains pada Materi Sistem Ekskresi di Kelas VIII B SMP Negeri 1 Ciamis. Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi, 11(1), 47–58. doi:10.25157/JPB.V11I1.10168

Pratama, S. Y., Octarina Hidayatus Sholikhah, & Liya Atika Anggrasari. (2022). Penerapan Contextual Teaching And Learning Berbantuan Media Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Di Kelas V SDN 02 Pandean. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar . Retrieved from http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID

Putra, F. C., Arifin, A. N., & Rasyid, A. (2021). Peningkatan Keterampilan Berkomunikasi Peserta Didik Kelas 7 UPTD SMPN 1 Barru Melalui Model Problem Based Learning. PROFESI KEPENDIDIKAN, 2(1).

Rinov, M., Cahyaningrum, Y., & Junarti, J. (2023). Implementasi Wordwall sebagai upaya Peningkatan Minat Siswa pada Era Sociality 5.0. JPM: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 249. doi:10.52434/jpm.v2i3.3075

Sari, P. M., & Yarza, H. N. (2022). Pelatihan penggunaan aplikasi Quizizz dan Wordwall pada pembelajaran IPA bagi guru-guru SDIT Al-Kahfi. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 195–199.

Siswadi, S., Saragih, R. M. B., & Wardana, G. (2023). Pengunaan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. FARABI: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1), 97–104. doi:10.47662/farabi.v6i1.581

Tamur, M., Jehadus, E., Nendi, F., Mandur, K., & Murni, V. (2020). Assessing the effectiveness of the contextual teaching and learning model on students’ mathematical understanding ability: a meta-analysis study. Journal of Physics: Conference Series, 1657(1), 012067. doi:10.1088/1742-6596/1657/1/012067

Downloads

Published

2024-09-30

Most read articles by the same author(s)